Hama Gegat Yang Wajib Diwaspadai

Pernahkah Anda mendengar mengenai hama gegat? Kalau belum yuk simak di sini! Hama ini sebetulnya jamak ditemukan. Akan tetapi banyak yang tidak tahu namanya dan efeknya yang merugikan.

Terletak di daerah beriklim tropis membuat Indonesia kaya akan berbagai organisme. Akan tetapi, di sisi lain, letak Indonesia ini membuat negara kita juga rentan diserang hama. Proses pelapukan dan dekomposisi terjadi lebih cepat pada material organik. Selain karena kelembaban dan suhu yang tinggi, hal tersebut juga disebabkan karena banyaknya organisme yang bersifat hama. Salah satunya adalah gegat.

Ha? Gegat? Sebagian besar dari Anda pasti bingung dengan nama hama ini. Rayap, teter, hingga kutu sudah biasa didengar. Tapi gegat? Eits, jangan salah. Meski namanya jarang diketahui orang rupanya hama ini banyak ditemukan di mana-mana. Bahkan dalam beberapa kasus, hama ini bisa menyebabkan kerugian yang angkanya sama sekali tidak sedikit lho.

Apa itu Hama Gegat?

Gegat memiliki bentuk yang lumayan unik. Bentuknya agak memanjang beberapa cm, dengan ujung lebih runcing dibanding yang lain. Terdapat pula ruas-ruas pada tubuhnya. Di salah satu ujung kepalanya juga terdapat semacam antena.

Kebanyakan di antara kita berjumpa dengan hama ini saat membongkar almari baju dan kain yang sudah sangat lama. Namun, kita tak tahu dengan pasti dengan hama ini. Kebanyakan hanya mengusir hama gegat seolah itu bukan sebuah masalah besar.

Padahal, sesungguhnya hama ini bisa memberikan kerugian yang tak main-main. Hama ini menyebabkan kerusakan pada berbagai material organik lunak. Misalnya saja kertas, kain, lukisan atau foto, hingga plester.

Hama ini biasanya merusak dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga seringkali dihiraukan. Reaksi orang terhadap hama ini dan rayap begitu berbeda. Bila orang-orang langsung panic melihat rayap, jarang yang panik dengan kehadiran hama ini. Padahal senyatanya hama ini pun bisa menyebabkan kerusakan yang sama sekali tidak sedikit.

Di rumah-rumah sendiri, hama ini biasanya ditemukan di area-area tertentu. Misalnya saja di:

  1. Di area dapur, baik itu di dekat tempat cuci piring ataupun di belakang almari
  2. Di kamar mandi
  3. Di belakang wallpaper
  4. Di gudang
  5. Di tempat penyimpanan, misalnya di almari baik almari kain ataupun almari buku
  6. Di rak-rak yang jarang dibuka
  7. Di balik ranjang yang jarang dibersihkan atau lama tak terpakai

Merugikan Industri Kerajinan Serat Alam

Serangan hama gegat di rumah-rumah bisa sangat merugikan. Kehadiran hama ini juga menjadi indikasi bahwa kondisi rumah sama sekali tidak ideal. Bisa jadi, selain hama ini terdapat pula berbagai hama yang lainnya.

waspada Hama Gegat

Sekarang, bayangkan bagaimana hama ini menyebabkan kerugian di sektor industri! Ya, gegat juga bisa mengancam sektor usaha lho. Terutama usaha yang menggunakan bahan organik atau kaya selulosa seperti usaha kerajinan berbasis kain dan natural fiber atau serat alam.

Selama ini, bersama dengan industri mebel, sektor kerajinan juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Produk-produk kerajinan pun banyak diekspor ke manca negara. Tentu menjadi sebuah kerugian besar bagi kita semua apabila hama gegat menyerang sektor ini.

Gegat bisa saja merusak pada produk yang:

  1. Serat alam yang belum diolah atau belum jadi.
  2. Serat alam yang sudah diolah namun disimpan di gudang
  3. Serat alam yang sedang dalam proses pengiriman seperti pengiriman lewat kontainer

Pencegahan Hama Gegat

Hama gegat jelas perlu dicegah. Dan secara sederhana kita bisa mencegahnya dengan meniadakan faktor yang membuat hama ini betah. Misalnya dengan:

  1. Menjaga kelembaban ruangan agar rendah. Sebab, hama ini suka daerah dengan kelembaban tinggi di kisaran 75% hingga 95%. Pengurangan kelembaban bisa dilakukan dengan menjaga aliran udara, menggunakan AC, hingga kipas angina.
  2. Menghindari kerusakan bangunan yang bisa menjadi celah bagi gegat untuk masuk ke dalam
  3. Melakukan perawatan terhadap tempat penyimpanan dan daerah-daerah lainnya. Perawatan termasuk dengan membersihkan area tersebut.

Perlu Pengawet

Selain itu, untuk sektor usaha, pencegahan hama gegat juga perlu dilakukan dengan mengawetkan. Utamanya, hal ini berlaku pada usaha kerajinan berbasis serat alam.

Hama Gegat

Pengawetan pada serat alam bisa dilakukan dengan merendam atau mencelupkan bahan tersebut pada larutan bahan pengawet. Cara ini akan membuat gegat tidak memakan dan menyerang material itu, sehingga kerugian bisa dihindari. Tapi ingat, gunakan bahan pengawet yang kualitasnya baik. Khusus untuk mencegah hama gegat, gunakanlah produk insektisida kami BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida yang sejak awal didesain untuk kebutuhan usaha mebel dan kerajinan. BioCide juga lebih unggul dibanding berbagai insektisida lain yang ada di pasaran.

Kelebihan BioCide Insecticide

  1. Insektisida ini memiliki spektrum organisme yang luas. Dengan demikian, produk ini bisa digunakan untuk melindungi berbagai jenis hama sekaligus mulai dari hama rayap, teter, kutu, dan lain sebagainya. Gegat pun bisa diatasi dengan insektisida ini.
  2. Harga yang terjangkau sehingga budget penggunaan tidak membengkak.
  3. Penggunaan yang lebih mudah dengan metode yang beragam. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.
  4. Tidak menyebabkan karat pada media.
  5. Bisa diterapkan pada berbagai media mulai dari kayu, bambu, serat alam, dan elemen bangunan.
  6. Mampu bertahan lebih lama.
  7. Tidak menyebabkan bahan yang diawetkan menjadi sulit untuk dicat.

Ayo Beli BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

Yuk, beli BioCide Insecticide sekarang juga. Tahukah Anda bahwa sekarang BioCide Insecticide bisa dibeli dengan cara yang sangat mudah? Anda tinggal menggunakan gadget Anda untuk mendapatkan insektisida ini. Lakukanlah pembelian secara online. Hubungi dulu Customer Service kami via kontak yang dicantumkan di website ini. CS kami pun akan memandu Anda untuk melakukan pemesanan dengan ramah sekaligus profesional.

Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan secara langsung. Ya, bagi Anda yang ingin membeli secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point. Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain bisa membeli BioCide, berbagai produk lainnya pun bisa Anda dapatkan lho. Semuanya sama berkualitasnya untuk mendukung usaha Anda!

Nah, kiranya itulah yang bisa kami sampaikan di kesempatan kali ini. Apa yang bisa kita simpulkan dari penjelasan panjang di atas?

Pertama, kita mengetahui bahwa serangan hama bisa begitu merugikan. Hama sendiri terdiri dari sangat banyak jenis. Salah satunya adalah gegat. Gegat bisa merusak kertas dan kain. Selain itu, hama ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada serat alam atau natural fiber. Serangan pada serat alam ini bisa mengancam usaha kerajinan yang memanfaatkan bahan tersebut. Karena itulah, antisipasi perlu dilakukan. Salah satunya dengan menerapkan BioCide Insecticide.

Semoga informasi ini bermanfaa untuk Anda ya. Ikuti terus berbagai artikel menarik yang lain seperti mengenai gegat ini di antiserangga.com.

Leave a Comment