Membuat Kandang Ayam Berkualitas untuk Peternakan? Begini Caranya

Membuat kandang ayam untuk kebutuhan perorangan memang tidak sulit. Tapi bagaimana dengan kandang ayam yang ditujukan untuk kebutuhan peternakan?

Industri peternakan Indonesia seringkali mengalami tantangan. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah mahalnya harga pakan dan bahan terkait, hingga impor yang dilakukan tengkulak-tengkulak. Hal inilah yang menyusahkan pelaku usaha lokal. Padahal, industri ini bisa membantu menyerap tenaga kerja Indonesia yang jumlahnya besra.

Namun demikian, di tengah kesulitan yang dihadapi, industri ini terus mengalami progress. Banyak yang mendapatkan keuntungan, tentu saja. Misalnya saja para pembuat furniture yang kerap mendapatkan pesanan khusus untuk menghasilkan kandang ayam.

Selain kandang ayam, ada pula peti kemas yang dibutuhkan untuk meletakkan telur-telur. Selain itu, kadang para peternak juga membutuhkan kandang ayam yang lebih kecil untuk mengangkut hewan ternaknya.

Peluang ini jelas bisa diandalkan pelaku usaha woodworking. Misalnya, daripada Anda membidik pasar mebel dalam negeri yang sudah jenuh, kenapa Anda tidak membidik pasar ini saja? Toh, jumlah peternakan pun pasti tidak sedikit. Di satu kota saja, pasti terdapat banyak peternakan.

Bagaimana dengan bahannya? Membuat kandang ayam untuk peternakan bisa dilakukan dengan bahan bambu ataupun kayu. Kadang, juga dipadukan dengan bahan yang lain seperti bahan logam. Anda tinggal berkomunikasi saja dengan pemesan yang membutuhkan kandang tersebut.

Tips Membuat Kandang Ayam untuk Peternakan bagi Pemula

Bagi yang benar-benar pemula dalam pembuatan kandang ini, tentu bukan hal yang aneh bila Anda masih bingung. Berikut ini kami bagikan beberapa tips yang bisa bermanfaat:

  1. Pertama, berkomunikasilah dengan pihak peternakan. Anda harus mendapatkan data yang mendetail mengenai jumlah ayam yang perlu kandang tersebt sampai spesifikasi lainnya seprti wadah pakannya.
  2. Untuk kualitas kayu atau bambunya, prinsipnya sederhana, yakni “ada harga ada kualitas”. Kembali, Anda perlu menawarkan ke pihak peternakan. Sebab hal ini berkaitan dengan keawetan kandang tersebut.
  3. Aplikasi cat dan lainnya. Aplikasi cat dan lainnya pun perlu dibicarakan. Jenis catnya pun harus diperhatikan baik-baik. Cat solvent misalnya akan membuat kandang berbau pedas menyengat sampai berhari-hari. Bila peternak tak ingin mengalami masalah ini, mereka harus menunggu kandangnya untuk waktu yang agak lama, atau meminta Anda menggunakan cat water based atau cat berbasis air.

Bagaimana dengan desain kandangnya? Sekali lagi, harus disesuaikan dengan pihak peternakan. Bentuk dan ukuran kandang wajib menyesuaikan dengan ruangan di mana kandang itu akan diletakkan. Meski demikian, desain yang paling umum digunakan adalah desain kotak memanjang.

Membuat Kandang Ayam

Apakah Penggunaan Kayu dan Bambu Boleh?

Harus diakui bahwa ada peternak yang mnyenangi bahan logam seperti kawat untuk membuat kandang mereka. Namun demikian, sebetulnya kayu dan bambu lebih baik dari segi harga ataupun dari segi efeknya pada lingkungan. Jadi, boleh-boleh saja membuat kandang ayam untuk peternakan dari bambu atau kayu. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan lain seperti logam.

Apakah Perlu Kandang Ayam untuk Peternakan Perlu Dicat?

Seperti disebut di atas, masalah pengecatan pun harus dikomunasikan dengan pihak peternak. Cat yang aman untuk hewan dan manusia adalah cat water based. Penggunaan cat sendiri bisa meningkatkan usia pakai kandang ayam tersebut.

alterntif text

Selain cat water based, tersedia juga cat solvent based. Harga cat solvent sedikit lebih murah dibanding cat berbasis air. Hanya saja, cat solvent based cenderung menyebabkan bau menyengat. Bau ini bisa meracuni ayam sehingga hewan-hewan ternak tersebut tidak bisa bertelur atau berkembang sebagaimana mestinya.

Membuat Kandang Ayam untuk Peternakan yang Awet

Nah, salah satu aspek yang tak kalah penting diperhatikan saat membuat kandang ayam berskala usaha adalah masalah keawetannya. Hampir semua peternak pasti ingin kandang ayam murah dengan bahan yang terjangkau. Padahal bila yang digunakan adalah kayu dan bamboo yang murah, otomatis keawetan kedua bahan itu pun rendah.

Untungnya, Anda bisa menerapkan treatment pengawetan. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat pengawet berupa antihama ke dalam kayu dan bambu. Treatment ini akan membuat kayu dan bambu tidak dimakan rayap, teter, dan berbagai serangga perusak yang lainnya. Nah, agar hasil pengawetan benar-benar melindungi, pilih produk pengawet yang bagus, yakni BioCide Insecticide.

Keunggulan BioCide Insecticide Dibanding yang Lain

BioCide Insecticide memiliki banyak keunggulan sebagai insektisida yang kami tawarkan. Insektisida ini menggunakan bahan aktif cypermethrin. Bahan tersebut bisa memberikan perlindungan yang sangat efektif dan juga menyeluruh. Penggunaan pelarut airnya di sisi lain membuat BioCide Insecticide lebih aman digunakan, baik bagi karyawan atau bagi kelestarian lingkungan.

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide juga bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. Penggunaannya pun lebih hemat. Kedua aspek ini akan membuat BioCide Insecticide menjadi insektisida ideal yang tidak menyebabkan budget produksi bengkak. Anda pun bisa membuat kandang ayam untuk peternakan sehemat mungkin dengan kualitas yang sebaik mungkin. Sangat menggiurkan, bukan?

Beli Sekarang!

Ayo! Tunggu apa lagi? BioCide Insecticide sudah terbukti memiliki berbagai keunggulan yang menggiurkan. Insektisida ini akan membantu nda membuat kandang ayam untuk peternakan yang lebih awet dan tahan lama.

Dapatkan dan gunakan sekarang juga insektisida BioCide Insecticide. Insektisida ini bisa Anda beli secara online ataupun secara langsung. Pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami via CS. Kontak Bio Service Point akan diarahkan ke email, WA, atau telepon dengan Customer Service kami.

Adapun, pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Untuk saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain di Bio Service Point, Anda juga bisa membeli produk kami di agen-agen yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Kiranya, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda ya. Pada akhirnya, bisa kita simpulkan bahwa industri peternakan adalah industri yang memiliki prospek yang baik. Bagaimana tidak? Jumlah penduduk Indonesia sangat banyak, dan kebutuhan hewan ternaknya pun tidak sedikit. Hanya sayang, para peternak sering harus mengalami berbagai kondisi tidak mengenakkan.

Bagi pelaku usaha di bidang woodworking sendiri, sejatinya industry peternakan bisa mendatangkan keuntungan sendiri. Kebutuhan mereka akan kandang, peti kemas untuk meletakkan telur, dan lain sebagainya bisa disupply oleh industri perkayuan. Jadi, bila Anda ingin mengembangkan usaha mebel yang stagnan, barangkali Anda bisa membidik pasar ini. Hanya saja, Anda tentu harus bisa membuat produk yang tepat. Salah satu caranya dengan memastikan beragam produk tersebut awet, terutama saat membuat kandang ayam untuk peternakan. Gunakan BioCide Insecticide supaya kandang tidak rusak dimakan jamur dan rayap.

Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk Anda. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya di antiserangga.com.

Membuat Kandang Ayam Berkualitas untuk Peternakan? Begini Caranya
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!