Beragam Fungsi Kayu di Bidang Olahraga

Apa saja fungsi kayu di bidang olahraga? Dan apa yang bisa kita lakukan supaya kualitas kayu meningkat untuk mendukung beragam fungsi tersebut?

Kayu merupakan material yang memilki banyak kegunaan dalam kehidupan manusia. Begitu pentingnya kayu, terdapat cabang ilmu wood science atau ilmu kayu di mana manusia mempelajari berbagai sifat kayu mulai dari sifat kimia, mekanik, sampai fisis.

Kayu sendiri bila dilihat dari strukturnya adalah material berpori kaya selulosa yang berasal dari tumbuhan-tumbuhan tertentu. Tidak semua tumbuhan menghasilkan material ini. Hanya sebagian tumbuhan saja yang menghasilkan kayu, utamanya dari golongan pohon-pohonan dan bambu. Dari berbagai kayu yang dihasilkan pun, tak semuanya bisa digunakan. Misalnya dalam bidang konstruksi, di mana total kayu yang bisa dipakai hanya mencapai 10% dari aneka jenis kayu yang ditemukan.

Nah, di antara berbagai fungsi kayu ini, bidang olahraga rupanya menjadi salah satu bidang di mana material kayu sangat diminati. Bagaimana sebetulnya pemanfaatan kayu di bidang olahraga?

Fungsi Kayu di Bidang Olahraga

Ditilik dari sejarahnya, sebetulnya sudah sejak lama manusia memanfaatkan kayu di bidang olahraga. Sampai saat ini pun, kayu masih terus digunakan, setidaknya dalam dua aspek besar di industri olahraga, yakni:

Untuk Pembuatan Gedung Olahraga

Gedung olahraga sebagaimana gedung kebanyakan, acap kali memanfaatkan kayu dalam penyediaan elemennya. Kayu dipakai untuk rangka atap sampai untuk tiang bangunan. Namun sebetulnya, fungsi kayu lebih dari sekadar penyediaan material sebagaimana pada gedung yang lain. Ada beberapa kebutuhan, di mana kayu sangat dibutuhkan secara khusus. Misalnya dalam pembangunan gedung indoor basket. Lantai lapangan bola basket yang ideal adalah lantai yang dari kayu berkualitas tinggi. Begitu pula pada beberapa olahraga yang lain di mana keberadaan kayu hampir tidak tergantikan.

Pembuatan Alat-alat Olahraga

Fungsi kayu di bidang olahraga lainnya juga terwujud dari pembuatan alat-alat olahraga yang memanfaatkan kayu. Ya, beberapa cabor (cabang olahraga) memang membutuhkan perlengkapan khusus yang terbuat dari kayu. Misalnya saja dalam olahraga baseball, sepak takraw, cricket, dan masih banyak lagi yang lainnya.

alterntif text

Mulai Ditinggalkan?

Meski fungsi kayu di bidang olahraga masih mudah ditemukan di sana-sini, namun tak bisa dipungkiri bahwa terjadi penurunan penggunaan kayu di bidang ini. Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya material non kayu yang tersedia. Pada zaman dulu kala, manusia hanya mengenal kayu sebagai bahan kokoh padat untuk membuat berbagai benda. Kini, kita memiliki opsi menggunakan plastik dan logam.

Beberapa cabor pun sudah mulai menggunakan material non kayu dalam sediaan alat-alatnya, misalnya:

  1. Panahan. Zaman dulu, keseluruhan alat panah terbuat dari kayu, sedangkan saat ini, alat panah sering memanfaatkan material non kayu seperti logam.
  2. Ski
  3. Ice Hockey
fungsi kayu di bidang olahraga

Selain logam dan plastik, kadang kala fungsi kayu digantikan oleh material sintetis yang lain seperti fiberglass. Pergantian penggunaan bahan itupun kadang juga merambah pada pembuatan elemen gedung olahraga. Beberapa cabor saat ini tidak membutuhkan lantai kayu dan lebih memilih penggunaan lantai non kayu atau campuran kayu dan bahan sintetis seperti termoplastik.

Apakah ini artinya kayu mulai ditinggalkan di bidang olahraga? Dalam beberapa hal, iya. Tapi untuk mengatakan bahwa kayu sudah 100% digantikan oleh bahan lain, jelas jawabannya tidak. Kayu masih akan tetap diperlukan karena pada kenyataannya, material ini pun memiliki banyak keunggulan dibanding material non kayu.

Lebih Ramah Lingkungan dan Lebih Cocok Digunakan

Satu dari sekian banyak keunggulan kayu di bidang olahraga dibanding material lain terletak pada sifat fisis dan mekanis kayu. Kayu meski keras tapi memiliki kelenturan tertentu. Selain itu, kayu juga lebih aman dan ramah lingkungan digunakan. Pemanfaatan kayu tidak akan menimbulkan masalah baru berupa bahan yang tidak bisa didaur ulang sebagaimana bila kita menggunakan plastik.

Masalah Ketidakawetan, Serahkan pada BioCide Insecticide

Fungsi kayu di bidang olahraga, dengan kata lain masih akan terus ditemukan. Namun untuk mencegah digantikannya kayu dengan material lain, memang perlu peningkatan kualitas di sana-sini. Salah satunya dari segi keawetan.

Sampai saat ini, kayu memang dikeluhkan karena tidak awet. Beberapa kayu memang terkenal sangat awet, namun harganya luar biasa mahal. Akibatnya, banyak kalangan yang tak bisa menggunakan kayu lagi. Padahal, masalah ketidakawetan ini bisa diatasi dengan treatment preservasi.

Aplikasi treatment preservasi memungkinkan kayu yang usianya pendek menjadi kayu yang usianya puluhan bahkan mungkin ratusan tahun. Treatment preservasi sendiri dilakukan dengan meresapkan obat pengawet berupa anti hama ke dalam kayu. Jadi, kayu tidak akan rusak akibat serangan rayap, bakteri, dan jamur yang memang biasanya menjadi faktor utama penyebab masa pakai kayu berkurang.

Untuk kebutuhan pengawetan ini, Anda bisa memanfaatkan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida yang bisa diresapkan ke dalam kayu dan bertahan memproteksi kayu sampai berpuluh tahun kemudian. Peresapan BioCide Insecticide akan membuat kayu dijauhi rayap, semut, kumbang teter, dan masih banyak lagi. Cara peresapan dengan BioCide Insecticide sendiri sangat mudah karena Anda bisa menguaskan larutan BioCide ke permukaan kayu atau merendamkan kayu dalam larutan BioCide Insecticide.

Keunggulan BioCide Insecticide Dibanding Insektisida lainnya

Sebagai obat pengawet yang kami sarankan untuk memaksimalkan fungsi kayu di bidang olahraga, tentu BioCide memiliki sangat banyak kelebihan dibanding produk sejenis lainnya:

  1. Dari segi hasil pengawetan, BioCide lebih tahan lama, bisa melindungi kayu dari lebih banyak serangga, dan efektif memberikan proteksi.
  2. Dari segi metode, produk ini lebih mudah digunakan dengan penetrasi ke dalam kayu yang baik.
  3. Dari segi harga, produk ini lebih murah. Penggunaannya juga jauh lebih hemat karena berkonsentrasi tinggi.
  4. Dari segi efek pasca pengawetan, produk ini lebih baik karena tidak membuat kayu jadi sulit dicat.
  5. Dari segi keamanan, obat ini lebih aman digunakan baik untuk pekerja ataupun untuk lingkungan

Cara Membeli BioCide Insecticide

Segera beli BioCide Insecticide sekarang juga. Anda bisa membeli produk ini di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online dengan menghubungi Customer Service kami. CS kami akan memandu Anda dengan ramah dan profesional.

Nah, begitulah yang bisa kami bagikan mengenai banyaknya fungsi kayu di bidang olahraga. Kayu bisa digunakan untuk pembuatan gedung olahraga maupun untuk pembuatan alat-alat olahraga. Meski pemanfaatan kayu di bidang ini mulai berkurang, namun kayu tetap masih sering diandalkan. Apalagi dibanding material lainnya, kayu menawarkan beberapa keunggulan seperti sifatnya yang lebih aman dan ramah lingkungan. Kekurangan kayu seperti ketidakawetan kayu pun bisa diatasi dengan mudah menggunakan insektisida, BioCide Insecticide.

Demikian, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda, ya.



Beragam Fungsi Kayu di Bidang Olahraga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply