Ini Dia Manfaat Pohon Kelapa dari Akar, Glugu, hingga Batoknya

Apa saja manfaat pohon kelapa? Di kesempatan ini, antiserangga.com akan mengulas manfaat pohon tersebut mulai dari akar, batang, buah, dan tentu saja daunnya.

Deskripsi Pohon Kelapa

Pohon kelapa adalah salah satu jenis tanaman tropis yang banyak terdapat di Indonesia. Tumbuhan ini umumnya muncul di Asia Tenggara dan memang berasal dari area ini. Namun sekarang Cocos nucifera telah menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Afrika, Amerika Selatan, kepulauan Polynesia, hingga Asia Selatan.

Pohon kelapa memiliki ciri berupa pertumbuhannya yang menjulang tinggi. Pohon dikotil ini juga membentuk semacam buku-buku di batangnya. Daunnya hanya tumbuh di bagian paling ujung. Demikian juga dengan buah dan bunganya yang hanya muncul di ujung atas tanaman.

Pohon kelapa memiliki sangat banyak variasi. Beberapa variannya merupakan hasil dari domestifikasi yang bisa menghasilkan buah lebih cepat dan lebih banyak.

Klasifikasi Ilmiah Kelapa

1. Kingdom: Plantae
Klad: Tracheophytes
2. Klad: Angiosperms
3. Klade: Monocots
4. Klad: Commelinids
5. Order: Arecales
6. Family: Arecaceae
7. Subfamily: Arecoideae
8. Tribe: Cocoseae
9. Genus: Cocos
10. Spesies: C. nucifera

Ragam Manfaat Pohon Kelapa

Tanaman kelapa merupakan tanaman yang memiliki sangat banyak manfaat. Hampir semua bagiannya dapat digunakan manusia untuk mendapatkan keuntungan yang tak sedikit. Agar lebih jelas, silahkan simak kegunaan tiap bagian dari tanaman Cocos tersebut.

Pemanfaatan Akar

Akar kelapa secara tradisional digunakan sebagai kayu bakar. Meski, ada juga yang mencoba menggunakan akar ini untuk pengobatan tradisional. Hanya saja, sampai saat ini belum ada pembuktian dan pengujian ilmiah untuk mendukung penggunaan akar kelapa sebagai obat.

Di zaman ini sendiri, akar kelapa sebenarnya bisa diolah menjadi furniture dan craft. Ya, beberapa perusahaan furniture memang secara spesifik memanfaatkan akar, bonggol, dan bagian-bagian tak biasa lainnya. Meski dianggap aneh, namun harga mebel akar seringkali jauh lebih mahal dibanding mebel biasa.

Pemanfaatan Batang

Manfaat pohon kelapa sudah begitu bervariasi sejak zaman dulu. Batang kelapa digunakan untuk membuat furniture hingga kerajinan. Misalnya saja untuk membuat almari, meja, kursi, hingga vas bunga.

Glugu (nama lain kayu kelapa) memiliki tampilan yang sangat khas dan estetik. Kekuatannya pun cukup baik. Alhasil, tak jarang juga glugu digunakan untuk elemen konstruksi bangunan. Misalnya saja untuk pembuatan rangka, pintu rumah, lantai, hingga dinding.

Pemanfaatan Buah Kelapa

Manfaat pohon kelapa yang paling mendominasi sebenarnya ada pada buahnya. Kelapa memiliki buah yang dagingnya bukan cuma lezat, namun sangat bernutrisi. Daging tersebut berwarna putih dan kadang transparan. Di masyarakat jawa, daging buah itu biasa disebut degan. Saat masih muda, degan digunakan untuk bahan pembuatan minuman. Sedangkan saat sudah tua, degang diparut untuk kemudian dijadikan lauk atau diperas santannya.

Selain daging buah, cairan yang terkandung pun bisa dimanfaatkan. Bahkan air kelapa dikenal sebagai air bernutrisi tinggi yang bisa membantu kasus-kasus keracunan atau sakit pada sistem pencernaan.

Bagaimana dengan batok dan sabutnya? Sabut kelapa bisa digunakan untuk membuat wadah, medium tumbuh anggrek, hingga bahan bakar. Adapun batoknya saat ini begitu digemari untuk membuat kerajinan. Misalnya saja untuk membuat hiasan lampu hias dan wadah lilin.

Teknik laminasi memungkinkan pemanfaatan batok lebih lanjut. Sebab laminasi batok kelapa membuat bahan tersebut memiliki tampilan yang lebih menarik dan variatif.

Pemanfaatan Daun

Terakhir dan tak kalah penting, manfaat pohon kelapa juga bisa ditemukan pada daunnya. Masyarakat tradisional umum menggunakan daun kelapa untuk wadah makanan. Selain itu, daun kelapa muda juga bisa dihias membentuk anyaman cantik sebagai penanda di pesta pernikahan. Di Bali, masyarakatnya pun sering mempercantik jalanan dengan daun kelapa muda.

Bunga

Bunga pohon kelapa memang tak terkenal akan keindahannya. Namun demikian, bunga dari tanaman ini ternyata sangat lezat ketika diolah sebagai bahan makanan. Di Indonesia, terdapat olahan gudeg manggar yang notabene merupakan variasi makanan yang memanfaatkan bunga kelapa yang masih muda.

Maksimalkan Manfaat Pohon Kelapa dengan BioCide Insecticide

Pohon kelapa memang tumbuhan yang memiliki sangat banyak manfaat. Sayangnya, dalam pengolahannya, ancaman-ancaman kerusakan sering menghantui. Salah satunya adalah ancaman dari hama.

Beberapa jenis hama yang perlu diwaspadai adalah:

1. Hama teter. Hama teter atau kumbang bubuk akan meletakkan larva ke dalam glugu dan akarnya. Seiring berjalannya waktu, glugu akan menjadi keropos.
2. Hama rayap. Seperti totor, rayap juga akan memakan glugu. Namun hama ini jauh lebih cepat menyerang. Material yang dimakan pun bukan hanya kayu kelapa namun juga batok kelapa, daun, dan akarnya.
3. Hama kutu. Kutu seringkali ditemukan bersarang pada produk kerajinan batok kelapa, anyaman daun blarak, hingga mebel akar.
4. Hama jamur. Hama jamur bisa merusak semua bagian pohon Cocos nucifera.
5. Hama lumut dan bakteri pembusuk. Hama ini pun bisa menyerang hampir semua bagian tanaman.

Khusus untuk hama 1 hingga 3, kami punya obat yang bisa Anda gunakan lho. Obat tersebut adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide bisa diresapkan pada glugu, akar, daun, dan batok kelapa. Pasca peresapan, hama teter hingga kutu akan menjauhinya sebab ada kandungan insektisida pada substrat tersebut.

Di pasaran, tak banyak insektisida pengawet yang cocok untuk material dari pohon kelapa. Di antara produk yang tersedia pun, BioCide Insecticide adalah yang terbaik untuk mengoptimalkan manfaat pohon kelapa.

Berikut ini beberapa keunggulan BioCide Insecticide.

1. Sangat efektif membuat substrat tidak disukai hama
2. Perlindungan tahan lama
3. Tidak menyebabkan karat atau bahan jadi sulit dicat
4. Hemat dan terjangkau
5. Diformulasikan sesuai rambu-rambu standar keamanan yang berlaku
6. Mudah digunakan
7. Spektrum target yang luas

biocidebiocide

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan produk ini, silahkan hubungi CS kami. Anda bisa meminta informasi lebih jauh sekaligus melakukan pembelian. Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point.

Kesimpulan tentang Manfaat Pohon Kelapa

Beberapa hal bisa disimpulkan pada penjelasan di atas:

1. Pohon kelapa adalah tanaman dari daerah tropis yang sering ditemukan di Asia Tenggara, Asia Selatan, hingga beberapa negara di Afrika dan Amerika Selatan
2. Pohon ini memiliki ciri yang sangat khas berupa batangnya yang tinggi, buahnya yang bulat dan besar, serta daunnya yang hanya tumbuh di ujung pohon.
3. Dibanding pohon yang lain, Cocos nucifera menawarkan sangat banyak manfaat. Hampir tak ada bagian dari pohon ini yang tidak bisa dimanfaatkan.
4. Dari akar, batang, buah, hingga daunnya, kelapa bisa digunakan untuk membuat furniture, kerajinan, makanan, minuman, hingga kayu bakar.
5. Namun demikian, pengolahan tanaman ini tentu harus dilakukan dengan sistem pencegahan hama. Dan karena itulah, kami merekomendasikan BioCide Insecticide untuk Anda.

Pada akhirnya dengan BioCide Insecticide, manfaat pohon kelapa akan semakin optimal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment