FAQ Batok Kelapa sebagai Material Mebel hingga Kerajinan

Di kesempatan ini, antiserangga.com akan membagikan informasi yang bisa Anda andalkan sekiranya hendak menggunakan batok kelapa sebagai material kerajinan.

Apa itu Batok Kelapa?

Salah satu jenis tanaman yang umum ditemukan di daerah tropis adalah kelapa. Tanaman dengan nama ilmiah Cocos nucifera ini memiliki sangat banyak manfaat, termasuk pada cangkang buahnya.

Batok kelapa yang notabene adalah cangkang buah tersebut adalah bagian dari buah yang bersifat sangat keras. Ketebalan batok bervariasi dari 3 mm hingga 5 mm. Fungsi cangkang ini ialah sebagai pelindung bagian dalam buah yang lunak dan berair. Cangkang juga memungkinkan udara terjebak di dalamnya sehingga membuat buah kelapa bisa mengambang ketika jatuh di sungai atau laut.

Karena bersifat sangat keras, cangkang sering digunakan untuk mangkok dan tempat minum pada zaman dahulu. Pemanfaatan ini pun masih bisa ditemukan pada para penjual jamu tradisional yang menyajingkan minuman jualannya dengan batok.

Kenapa Tempurung Kelapa Potensial sebagai Bahan Kerajinan?

Santan kelapa adalah komoditas pangan yang banyak sekali digunakan. Buah kelapa pun seringkali dibudidayakan untuk diambil daging buahnya.

Selain daging kelapa, limbah tempurung kelapa umum dicari para pengrajin. Ya, dengan sifat keras dan bentuk membulat, cangkang buah ini bisa diolah lebih lanjut. Pengamplasan yang dilakukan pun akan dengan cepat memerlihatkan estetika batok yang tampak mengkilap dan indah.

Dalam pemilihan cangkang untuk kebutuhan pembuatan kerajinan sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Ukuran. Ukuran batok bisa dibagi menjadi 3, yakni yang kecil, sedang, dan besar. Untuk usaha profesional, tentu idealnya mencari ukuran batok yang seragam
  2. Warna. Warna tempurung kelapa bisa dibagi menjadi 3, yakni yang terang (kekuningan), medium (coklat), dan gelap (hitam). Seringkali usialah yang memengaruhi warna batok. Batok yang muda memiliki warna lebih muda dibanding yang tua.

Apa Saja Contoh Produk Kerajinan Batok Kelapa?

Ada sangat banyak produk craft yang bisa dihasilkan dari tempurung kelapa. Secara umum kita bisa membaginya menjadi:

  1. Produk fashion: misalnya dompet, kalung, dan aksesori pakaian. Batok kelapa bisa dihadirkan utuh atau dipotong untuk kebutuhan ini.
  2. Dekorasi rumah: misalnya saja vas bunga, kelopak bunga, wadah lilin, hiasan gantung batok kelapa, hingga kap lampu.
  3. Kitchen ware: misalnya saja mangkuk, gelas, hingga centong.

Ragam jenis craft ini menunjukkan bahwa tempurung kelapa memang bahan yang potensial untuk digunakan. Apalagi bila pengolahannya dilakukan dengan tepat dan baik.

Apakah Usaha Kerajinan Tempurung Kelapa Potensial?

Ya. Seperti diterangkan di atas, batok kelapa adalah material yang sangat potensial digunakan dalam industri kerajinan. Pasar untuk produk craft kelapa pun sangat besar, terdiri dari kalangan atas hingga kalangan bawah.

Bahkan, tak hanya di Indonesia, market craft tempurung kelapa juga terbuka hingga ke luar negeri. Sebagai pelaku usaha Indonesia pun Anda akan mendapati beberapa manfaat, antara lain:

  1. Anda memiliki supply yang banyak, yang mungkin tak dimiliki oleh pelaku usaha dari negara lain
  2. Anda memiliki berbagai inspirasi model kerajinan lokak yang bisa diadaptsikan sehingga memberikan kesan khas yang berbeda
  3. Nama Indonesia sebagai produsen craft sudah cukup baik, sehingga Anda dapat memanfaatkan reputasi positif tersebut

Apa itu Laminasi Batok Kelapa?

Untuk mendukung pembuatan kerajinan tempurung kelapa, teknik laminasi juga bisa diterapkan. Teknik laminasi dilakukan dengan cara memotong batok terlebih dahulu. Setelah itu, serpih batok disatukan bersama hingga membentuk ragam pola yang menarik.

Misalnya, Anda bisa memotong 2 batok membentuk kotak kecil. Satu batok adalah tempurung kelapa muda dengan warna terang, sedangkan yang lain sudah tua dengan warna gelap.

Setelah dipotong-potong, kotak-kotak itu kemudian direkatkan secara selang-seling antara yang muda dan tua. Alhasil, warna produk menjadi lebih menarik.

Cara lain bisa dilakukan dengan memotong tempurung menjadi Rajang atau kecil memanjang. Setelah itu, potongan itu direkatkan satu sama lain secara acak namun rapat. Hasilnya pun akan sangat menarik dengan pola yang terlihat indah.

Masih banyak pola lain yang bisa diaplikasikan. Yang terpenting adalah tahu bagaimana cara memotong yang benar dan pola perekatannya.

Apa Saja Hama yang Harus Diantisipasi?

Dalam pembuatan kerajinan batok kelapa, keberadaan hama harus diantisipasi. Beberapa hama yang perlu diwaspadai tersebut antara lain:

1. Hama kumbang bubuk. Hama ini bisa menyebabkan fenomena bubukan pada batok.
2. Kutu. Kutu akan bersarang pada tempurung kelapa, membentuk lubang-lubang kecil yang jelek
3. Rayap, rayap akan memakan substrat tempurung
4. Semut. Semut, meski tidak begitu merusak, namun bila dibiarkan terlalu lama bisa merusak tempurung kelapa juga
5. Berbagai jenis hama lainnya termasuk jamur, lumut, serta bakteri pembusuk

Cara Mengantisipasi Hama dengan BioCide Insecticide

Salah satu hama yang rentan merusak batok kelapa adalah teter atau kumbang bubuk seperti dijelaskan di atas. Dan untuk keperluan pencegahan hama itu, kami merekomendasikan Anda produk BioCide Insecticide.

biocide

BioCide Insecticida adalah obat anti serangga yang biasa digunakan dalam pembuatan furniture. Cara aplikasinya sangat sederhana, Anda bisa:

  1. Merendam batok ke cairan BioCide Insecticide yang sudah dilarutkan dengan air
  2. Mengolesi batok dengan cairan BioCide yang sudah diencerkan

BioCide akan meresap pada substrat batok dan memberikan perlindungan yang sangat baik. Teter akan menghindarinya, dan hama yang sudah merasuk ke dalam pun akan terbasmi. Begitu pula hama serupa yang sama destruktifnya, seperti kutu, rayap, hingga semut.

Nah, jika Anda tertarik dengan produk obat serangga untuk batok kelapa ini, silahkan hubungi kami lebih lanjut. Kami menyediakan BioCide Insecticide yang bisa Anda beli secara online. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung, yakni di Bio Service Point dan agen-agen Bio Industries.

Simpulan

  1. Batok kelapa adalah cangkang buah kelapa yang berfungsi memberikan perlindungan pada embrio sekaligus membantu memerangkap udara dalam buah, sehingga buah bisa mengambang.
  2. Cangkang ini memiliki massa padat yang bila diamplas bisa memperlihatkan permukaan yang licin, mengkilap, dan juga indah.
  3. Secara umum, tempurung kelapa sangat potensial digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan. Beberapa kerajinan yang bisa dihasilkan antara lain tas, kalung, kap lampu, hingga kitchenware.
  4. Potensi usaha ini pun sangat prospektif. Tak hanya market Indonesia, Anda juga bisa menjualnya ke market internasional.
  5. Agar produk batok lebih menarik, kita juga bisa menerapkan teknik laminasi.
  6. Selain itu, pencegahan hama teter juga harus diupayakan untuk menekan kerugian.
  7. Dan untuk kebutuhan pencegahan hama teter, Anda bisa mengandalkan insektisida kami, BioCide Insecticide.

Semoga informasi tentang batok kelapa dan potensinya di industri craft ini bermanfaat untuk Anda ya.

Leave a Comment