Kenali 2 Jenis Rayap Paling Merusak dari Asia ini yuk!

Apa ya jenis rayap paling merusak yang harus diwaspadai?

Asia merupakan benua yang sangat besar. Berbeda dengan Eropa yang lebih homogen, Asia adalah rumah bagi berbagai bangsa dan budaya. Tak hanya itu, bahkan keragaman hayati di Asia pun sangat tinggi. Ada hewan-hewan endemik di iklim tertentu sampai hewan yang bahkan hanya terdapat di satu dua pulau saja.

Beberapa hewan di Asia bahkan memiliki predikat sebagai hewan yang sangat unik. Ini pun berlaku saat kita membicarakan kelompok serangga. Serangga alias insekta adalah hewan tak bertulang belakang (invertebrata) yang memiliki rangka luar. Ada sangat banyak jenis hewan serangga. Beberapa di antaranya bersifat hama alias merugikan manusia. Contohnya? Rayap adalah contoh serangga yang sering menjadi hama bagi manusia. Dan, tahukah Anda bahwa di benua Asia terdapat dua jenis rayap yang paling merusak dibanding aneka jenis rayap yang lain? Kedua rayap itu adalah rayap subterranean Asia dan rayap subterranean Formosa.

Dua Jenis Rayap Paling Merusak

Rayap Asia alias Philiphine Milk Termite

Rayap asia alias subterranean asian termite adalah rayap yang berasal dari Asia Tenggara. Tak jarang, rayap ini juga dinamai sebagai philiphine mill termite atau rayap susu filipina.

Rayap Asia saat ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan menimbulkan kerusakan yang signifikan. Hal ini disebabkan karena sifat rayap yang lebih aktif dan jumlah koloni yang cenderung besar. Rayap ini akan dengan cepat memakan bahan kaya selulosa mulai dari kertas sampai kayu. Dalam aktivitasnya mencari makanan, satu dari beberapa jenis rayap paling merusak ini tak segan menghancurkan material non selulosa. Misalnya saja plastik dan kain sintetis. Bukan pemandangan baru ketika asia subterranean termite ini menyebabkan kerusakan pada benda elektronik, wadah plastik, dan berbagai benda lainnya.

Berikut ini klasifikasi ilmiah rayap Subterranean Asia

  1. Kingdom: Animalia
  2. Filum: Arthropoda
  3. Kelas: Insecta
  4. Ordo: Blattodea
  5. Famili: Rhinotermitidae
  6. Genus: Coptotermes
  7. Spesies: C. gestroi

Rayap Formosa

Jenis rayap paling merusak berikutnya adalah rayap formosa. Tahukah Anda apa itu formosa?

Formosa adalah nama lain dari Taiwan. Rayap formosa dengan demikian adalah rayap taiwan. Jenis rayap ini memiliki sifat hampir sama dengan rayap asia. Destruksinya pun mirip, mulai dari serangan pada segala bahan kaya selulosa sampai bahan sintetis. Hanya saja, rayap ini hidup di daerah subtropis (Taiwan) dan karenanya lebih nyaman dengan iklim dengan suhu dingin dibandingkan dengan rayap Asia.

Klaifikasi ilmiah rayap Formosa

jenis rayap paling merusak
  1. Kingdom: Animalia
  2. Filum: Arthropoda
  3. Kelas: Insecta
  4. Ordo: Blattodea
  5. Famili: Rhinotermitidae
  6. Genus: Coptotermes
  7. Spesies: C. formosanus

Sebagaimana keterangan klasifikasi di atas, baik rayap Asia maupun formosa tergolong dalam kelompok genu Coptotermes. Hanya saja, yang satu adalah Coptotermes gestroi, sedangkan yang lain adalah Coptotermes formosanus. Kedua rayap ini dengan demikian memiliki kekerabatan yang dekat.

Bisa Menyebabkan Anakan yang Lebih Ganas

Kedua rayap asal Asia tersebut kini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Di Amerika pun, rayap ini sudah ditemukan di mana-mana. Bagi warga Amerika, kedua rayap ini jelas menimbulkan konsen tersendiri. Sebab, total kerugian akibat rayap ini bila dihitung bisa mencapai 40 milyar dollar Amerika Serikat.

Yang makin mengkhawatirkan adalah potensi kawin campur antara rayap Asia dan Formosa. Bila itu terjadi, anakannya akan lebih destruktif. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dari livescience menemukan bahwa hybrid kedua jenis rayap paling merusak tersebut bisa membentuk koloni yang lebih besar! Bayangkan saja bagaimana kerusakan yang diakibatkan oleh organisme tersebut nantinya. Pasti angka kerugiannya berkali lipat lebih besar.

Penyebab kawin campur sendiri diduga karena masalah pemanasan global. Perubahan suhu membuat masa kawin kedua rayap berada di masa yang sama, setelah sebelumnya memiliki masa yang berlainan.

jenis rayap paling merusak

Antisipasi dengan BioCide Insecticide!

Sifat destruktif kedua jenis rayap di atas (apalagi anakannya) rasanya tak perlu diragukan lagi. Baik rayap asia ataupun formosa merupakan jenis rayap paling merusak yang harus diwaspadai. Antisipasi harus dilakukan terutama untuk Anda yang:

  1. Tinggal di area dengan frekuensi serangan rayap yang sangat tinggi, baik untuk kebutuhan rumah tangga, gedung bangunan pemerintahan, sampai untuk kebutuhan usaha
  2. Pelaku usaha mebel dan kerajinan kaya selulosa, utamanya yang menggunakan kayu-kayu dengan tingkat ketahanan pada rayap yang rendah
  3. Pengembang dan mereka yang bekerja di bidang konstruksi bangunan

Untuk mengatasi ini, gunakanlah insektisida BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah antiserangga dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. BioCide memiliki banyak sekali fungsi yang tak terbatas pada antisipasi penanganan rayap.

BioCide Insecticide bisa digunakan dengan cara dijadikan larutan perendaman berbasis air. Kayu, rotan, dan material sejenis yang akan dijadikan mebel dan bangunan nantinya bisa direndam pada larutan tersebut. Atau bisa juga, larutan dikuaskan pada material tersebut. Metod eini akan membuat kayu sampai rotan memiliki resistensi sangat baik pada rayap.

Sebagai contoh, untuk membuat mebel yang murah, Anda menggunakan kayu yang ketahanan terhadap rayapnya rendah. Sebab hanya jenis kayu tersebut yang sesuai dengan budget belanja Anda. Bila Anda tak menggunakan BioCide, mebel yang Anda buat bisa mudah rusak terkena rayap. Apalagi bila yang menyerang adalah jenis rayap paling merusak seperti rayap formosa dan Asia. Namun bila Anda menggunakan BioCide, ketahanan kayu tersebut terhadap rayap bisa meningkat lebih pesat setara dengan kayu-kayu unggulan seperti jati.

Ayo, Beli BioCide Sekarang juga

Ayo, gunakan insektsida BioCide Insecticie. Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan harian, untuk perlindungan pada restoran sampai hotel, pun untuk industri furniture dan kerajinan.

BioCide saat ini bisa dipesan dengan cara yang sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi kami di Bio Service Point. Silahkan menuju Bio Service Point kami bagi Anda yang berdomisili di Yogya, Jepara, dan juga Cirebon. Di luar itu, hubungi CS kami untuk mendapatkan alamat agen kami yang paling dekat dengan rumah Anda.

Pembelian secara online juga bisa dilakukan. Anda bisa membeli online di antiserangga.com secara langsung atau di toko online seperti Bukalapak dan Tokopedia. Silahkan pilih cara pembelian yang paling Anda suka. Di manapun Anda membeli, kami pasti akan melayani Anda dengan sangat ramah dan juga profesional.

Nah, sekiranya itu yang bisa kami sampaikan mengenai dua jenis rayap paling merusak di dunia ini. Baik rayap formosa maupun Asia tak hanya bisa merusak kayu namun juga bahan non selulosa seperti plastik. Waspadailah kedua jenis rayap tersebut menggunakan insektisida terbaik kami, BioCide Insecticide.

Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment