Tips Agar Kayu Tahan Rayap: dari Menjebak Rayap hingga Penggunaan Insektisida

Ada banyak cara dan tips agar kayu tahan rayap. Beberapa cara yang kami paparkan di bawah ini juga mudah diikuti sebagai pengguna akhir produk kayu. Sedangkan bagi produsen mebel, handicraft, dan berbagai produk kayu lainnya, tips agar kayu tahan rayap juga akan kami terangkan di bagian akhir.

7 Tips Agar Kayu Tahan Rayap

Aplikasikan tips di bawah ini agar furniture atau produk dari kayu lainnya tidak mudah rusak diserang rayap:tips agar kayu tahan rayap

    1. Minimalisir kelembaban udara dalam ruangan maupun kelembaban susbtrat produk.
    2. Pastikan sistem ventilasi bekerja dengan baik.
    3. Jauhkan furniture dari paparan faktor apapun yang bisa menyebabkan kelembaban.
    4. Bersihkan produk kayu dan area di sekitarnya dari debu dan sampah rumah tangga (sampah makanan, kertas, dst) yang berpotensi menarik kemunculan rayap.
    5. Lakukan pengecekan secara berkala.
    6. Perbaiki lubang dan permukaan terbuka pada produk kayu dengan dempul atau lem.
    7. Lakukan finishing ulang apabila lapisan cat sudah rusak.
      Sebaiknya, gunakan alas pada berbagai produk kayu.

Menjebak Rayap

cara menjebak rayapAda cara unik yang juga bisa kita lakukan untuk mencegah kehadiran rayap pada furniture atau produk kayu yang kita sukai. Cara ini bisa dilakukan terutama bila kita mencurigai tanda kehadiran rayap atau lingkungan di sekitar memang memiliki potensi serangan rayap tinggi. Caranya ialah dengan menjebak organisme tersebut.

Kita bisa menyediakan produk kayu yang disukai rayap dan meletakkanya di area yang berjauhan dari lokasi furniture yang ingin diselamatkan. Ketika rayap tampak sudah menyerang kayu tersebut, segera lakukan pembasmian misalnya dengan cara pembakaran. Lakukan ini beberapa kali agar semua rayap di sekitar area rumah terpancing dan pada akhirnya tidak menyerang produk kayu yang kita miliki.

Tips Agar Kayu Tahan Rayap bagi Produsen Mebel

Jangan dikira kerugian akibat serangan rayap hanya dirasakan oleh masyarakat konsumen produk kayu. Produsen mebel atau handicraft atau apapun yang memanfaatkan bahan ini justru berpotensi jauh lebih besar menderita kerugian luar biasa akibat serangan rayap.

Bagi produsen mebel dan sejenisnya, cara membuat kayu tahan rayap di antaranya dengan menyediakan ruangan bersih dan kering serta melakukan perawatan secara berkala. Selain itu, penggunaan obat anti rayap untuk kayu sangat kami sarankan.

Obat anti rayap tersebut bisa diresapkan ke dalam kayu yang akan digunakan sebagai bahan baku mebel dan kerajinan sehingga produk yang dihasilkan tidak mudah terserang rayap. Pilihlah obat antirayap yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan ini.

alterntif text

Produk yang kami sarankan untuk Anda adalah Insecticide 100 EC. Terdapat beberapa alasan mengapa kami merekomendasikan Insecticide 100 EC. Pertama, bahan aktifnya cypermethrin mampu mencegah serangan rayap dengan baik. Akan tetapi, cypermethrin juga efektif untuk mencegah berbagai hama kayu lainnya seperti kumbang bubuk atau teter. Dengan demikian, aplikasi obat ini bukan hanya efektif mencegah serangan rayap tapi juga memberikan perlindungan optimal dari berbagai potensi serangan serangga hama.

Selain itu, Insecticide 100 EC juga mudah diaplikasikan dan bisa digunakan dalam satu treatment pengawetan antijamur bersama dengan fungisida Microcide 100 EC. Sehingga ongkos produksi yang harus Anda keluarkan tetap bisa dikontrol dengan budget rendah.

Tips Agar Kayu Tahan Rayap: dari Menjebak Rayap hingga Penggunaan Insektisida

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply