Kenali Kayu Cemara yang Ternyata Bisa Dijadikan Lantai dan Mebel

Tahukah Anda bahwa cemara adalah pohon yang hanya ditemukan di Asia Tenggara, Madagaskar, dan juga Australia? Dan tahukah pula bahwa kayu cemara bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Sekilas tentang Pohon Cemara

Acapkali ketika mendengar mengenai tanaman cemara, orang langsung mengasosiasikannya dengan natal. Bahwa pohon ini adalah pohon yang identik dengan perayaan hari raya umat Kristiani tersebut. Tapi benarkah anggapan ini?

Cemara memang sekilas menyerupai pohon yang biasa digunakan untuk natal. Tanaman ini memiliki daun serupa jarum, tumbuh meruncing dan kadang menyerupai kamboja, sampai memiliki ukuran yang demikian tinggi. Tapi tahukah Anda bahwa cemara bukan tanaman asli Eropa? Malah bila kita lihat dari peta persebarannya, tanaman ini hanya bisa ditemukan di daerah tropis dan Australia. Pohon ini banyak terdapat di Indonesia, Malaysia, Madagaskar, Papua Nugini, sebagian Thailand, Australia, dan beberapa kepulauan di lautan Pasifik.

Lantas, apakah yang sering dipakai sebagai pohon hias natal itu? Beragam. Misalnya saja pinus dan Fir. Di Indonesia, pohon pinus sangat jarang ditemukan, dan lebih banyak ditemukan di Eropa. Tapi, antara Cemara dan Pinus (tusam) memang memiliki kemiripan secara sekilas. Bila tidak dicermati, orang akan benar-benar bingung membedakannya.

Bahkan apabila dicermati lebih lanjut, perbedaan antara pinus dan cemara tergolong besar. Sebab perbedaannya ada di klad yang sangat tinggi, di mana cemara adalah angiospermae, sedangkan tusam adalah gymnospermae.

Supaya lebih jelas, ayo, simak klasifikasi tanaman cemara di bawah ini.

Klasifikasi Ilmiah Cemara

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fagales
Famili: Casuarinaceae

Dalam famili Casuarinaceae terdapat sangat banyak spesies. Oleh sebab itulah nama cemara memayungi beragam jenis pohon mulai dari cemara laut sampai cemara udang.

Manfaat Pohon Cemara

mebel cemara

Cemara bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu manfaat besar dari pohon ini adalah untuk penghias taman sampai tanaman di daerah dengan kecepatan angin tinggi. Misalnya saja di sekitar daerah pantai. Beberapa bagian dari pohon ini juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan. Sedangkan di zaman dulu, kayu cemara sangat sering digunakan untuk kayu bakar. Adapun di rumah-rumah masa kini, kayu ini tak jarang dipakai sebagai material untuk flooring (lantai) dan pegangan pada berbagai jenis alat.

Potensi Besar yang Belum Dimanfaatkan

Ada sangat banyak jenis pohon cemara. Meski sama-sama cemara, namun semuanya memiliki karakteristik tersendiri. Yang jelas, tiap-tiap kayu cemara sejatinya menyimpan potensi untuk dimanfaatkan, baik sebagai kayu mebel sampai untuk pembuatan lantai kayu.

kayu cemara

Karakteristik Kayu Cemara

Sebagai kayu yang potensial dimanfaatkan untuk berbagai industri, berikut ini beberapa karakter kayu pohon cemara.

  1. Terdapat perbedaan warna antara bagian teras dan bagian gubal, di mana bagian gubal lebih cerah dibanding bagian teras.
  2. Pola serat kayu lurus
  3. Teksturnya sedang
  4. Ketahanan terhadap jamur acapkali kurang, beberapa memiliki ketahanan yang moderat sedangkan yang lain sangat lemah
  5. Finishing mudah dilakukan
  6. Pengerjaan di bagian yang densitasnya tinggi agak sulit, sehingga ada baiknya memilih yang densitas atau kepadatannyanya lebih rendah saja.
  7. Tak ada bau yang khas
  8. Memiliki ukuran pori yang cukup besar
  9. Diameter batang bisa mencapai 3 sampai 6 meter

Dengan memahami ciri dari kayu cemara ini, Anda bisa membuat produk dan mengerjakannya dengan lebih tepat. Misalnya, karena kayu ini memiliki densitas yang sangat baik, Anda bisa memanfaatkannya untuk pembuatan lantai kayu. Sedangkan terkait kekerasan atau densitasnya, Anda bisa memilih bagian yang tak terlalu padat sehingga nantinya lebih mudah diolah.

Kami di BioIndustries Siap Bantu Anda Manfaatkan Kayu Cemara

Kayu cemara jelas bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Sebagaimana disebut di atas, jenis kayu ini bisa digunakan untuk industri mebel (furniture), kerajinan, sampai untuk konstruksi. Kekuatan dan densitas kayu yang tinggi membuatnya bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kami di Bio Industries tentu mendukung pemanfaatan potensi jenis kayu ini supaya produk kayu Indonesia lebih beragam. Secara khusus kami juga menghadirkan BioCide Insecticide yang bisa membantu Anda untuk membuat produk kayu makin tahan serangga.

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Penggunaannya bisa digunakan sebagai larutan perendaman bagi kayu-kayu yang akan dimanfaatkan sebagai mebel sampai kerajinan. Setelah substansi BioCide Insecticide meresap ke dalam kayu, kayu akan menjadi lebih tahan terhadap berbagai serangan hama serangga.

Manfaat Menggunakan BioCide Insecticide

Ada sangat banyak manfaat yang bisa Anda nikmati apabila menggunakan BioCide Insecticide. Berikut ini beberapa di antaranya.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Produk kayu cemara menjadi lebih tahan terhadap serangan berbagai hama serangga sekaligus, sebab insektisida ini adalah insektisida spektrum luas dengan target sangat banyak.
  2. Mudah digunakan apalagi dengan pelarut air
  3. Lebih eco friendly sebab memakai air dan menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC yang lebih degradable
  4. Lebih hemat sebab konsentrasi tinggi (bisa dilarutkan untuk penggunaan sangat banyak) dan juga menggunakan air sehingga Anda tak perlu membeli solvent
  5. Efek yang tahan lama

Cara memesan BioCide juga sangat mudah. Begini langkah-langkah memesan BioCide untuk membuat produk kayu cemara yang berkualitas.

Ayo Beli BioCide Insecticide Sekarang juga

Pembelian bisa dilakukan secara online ataupun konvensional. Pembelian secara konvensional, bisa dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point dan agen-agen kami. Silahkan hubungi CS kami agar Anda bisa diarahkan ke agen atau Bio Service Point yang paling dekat lokasinya dengan Anda.

Sedangkan pembelian secara online bisa dilakukan dengan memesan di antiserangga.com. Anda akan dipandu oleh CS kami dengan gambaran langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Mengirimkan data pemesanan berupa nama Anda sebagai pemesan, jumlah produk yang dipesan, dan juga alamat pengiriman.
  2. CS akan menginfokan biaya total yang harus Anda bayar dan juga cara pembayarannya.
  3. Silahkan lakukan pembayaran lalu kirimkan buktinya pada kami.
  4. Tunggu CS memroses pemesanan Anda dan mengirimkan nomor resi pengiriman.
  5. Anda tinggal menunggu BioCide Insecticide sampai di alamat yang Anda inginkan.
lantai kayu cemara

Kiranya, itulah yang bisa kami sampaikan mengenai pohon cemara. Sekali lagi, pohon ini sejatinya memiliki sangat banyak manfaat. Pohon ini bukan sekadar pohon hias saja. Kayu cemara pun bisa dimanfaatkan untuk pembuatan mebel sampai dengan pembuatan produk kerajinan. Hanya saja, memang ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Di BioIndustries sendiri kami senantiasa mendukung tiap upaya untuk memajukan industri woodworking nasional. Kami melihat pemanfaatan kayu dari kelompok tumbuhan ini belum maksimal dilakukan. Untuk membantu pelaku usaha, kami telah menghadirkan BioCide Insecticide yang bisa membuat kayu jadi makin tahan lama. Makanya, ayo pesan BioCide Insecticide sekarang juga.

Semoga bermanfaat! Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com ya.

Leave a Comment