Agar Kursi dari Palet Lebih Tahan Lama dan Anti Rayap

0
400
kursi pallet

Keindahan kursi dari palet memang begitu unik. Apalagi ketika kayu yang digunakan memang kayu daur ulang. Justru dengan sifat kayu reclaimed tersebut, mebel Anda akan lebih dianggap lebih menarik karena tergolong produk eco friendly yang unik. Tetapi, tentu saja ada tantangan tersendiri tatkala kita ingin memproduksi mebel pallet dari kayu yang benar-benar kayu bekas. Salah satunya berkaitan dengan masalah keawetan. Tak bisa dipungkiri, bahan seperti kayu pallet perlu treatment khusus supaya lebih tahan lama.

Mengenal Kayu Pallet

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah mebel dari kayu pallet atau peti kemas. Cirinya sangat kentara. Mebel-mebel tersebut umumnya dibuat dari potongan kayu yang dipasang sedemikian rupa membentuk produk dengan kesan yang sangat unik. Ia memang tak menampilkan keanggunan ala jati atau mahogany. Tetapi, karakternya begitu kuat sehingga selalu mengundang orang untuk meliriknya.

Mebel-mebel tersebut, sebagaimana namanya, dibuat dari bahan kayu palet. Kayu pallet secara harafiah adalah kayu bekas peti kemas. Jenisnya secara umum ada dua, yakni kayu pinus dan kayu jati belanda. Keduanya secara estetika, kekuatan, dan ketahanan memang kalah dibanding kayu-kayu kelas satu seperti jati. Dan justru karena hal itulah, kayu-kayu tersebut digunakan untuk peti kemas saja. Namun pada perkembangan selanjutnya, ternyata kayu bekas peti kemas tersebut bisa diolah lebih lanjut menghasilkan beragam produk mebel peti kemas atau pallet yang sangat unik.

Kursi dari Palet yang Sangat Menawan

Salah satu varian furniture yang kerap didesain dengan bahan kayu pallet adalah kursi. Kursi-kursi pallet secara umum dipasangkan dengan mejanya. Kursi seperti ini akan tampak sangat mencolok dibanding kursi lainnya yang didesain dari bahan kayu non pallet. Pemakaian kayu pallet, sekali lagi memang bisa memberikan ciri yang sangat khas. Dan justru karena itulah kursi dari palet terlihat sangat menawan.

kursi makan kayu pallet

Anda bosan dengan kursi yang biasa? Kenapa tak mencoba kursi dari bahan ini? Jenisnya sendiri sangat beragam. Ada kursi peti kemas yang bisa digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, kursi komputer, sampai untuk mebel taman atau garden furniture. Bagi Anda yang punya usaha restaurant dan kafe, kursi dan meja dari palet juga bisa diandalkan lho. Sebab, karakter kursi ini sangat unik dan cenderung bertema vintage.

Berbagai Model Kursi dari Kayu Peti Kemas

Dibuat dari bahan yang sama, kursi dari palet bisa hadir dengan jenis yang berbeda seperti dijelaskan di atas. Selain jenisnya yang berbeda, desain dan modelnya pun bisa berlainan. Berikut ini aneka contoh model, desain, dan gaya kursi dari kayu pinus dan jati belanda bekas peti kemas tersebut.

  1. Vintage. Gaya vintage atau tua sering diaplikasikan pada kursi dari kayu ini.
  2. Beach style. Beach style sebagaimana namanya merupakan gaya yang merepresentasikan suasana pantai. Kursi biasanya dicat putih, krem, atau biru dengan tambahan ornament khas pantai.
  3. Shabby chic. Tampilan tua dengan kesan cantik adalah ciri sangat khas dari gaya shabby chic. Gaya ini cocok untuk Anda yang ingin memberikan kesan manis di sebuah ruangan.
  4. Farmhouse. Suasana peternakan juga bisa hadir dengan kursi dari palet. Tips membuatnyna sederhana. Aplikasi finishing natural sangat penting dengan tambahan aksen glaze black di sana-sini.

Masih banyak lagi gaya lainnya yang bisa diterapkan. Yang jelas, meskipun sama-sama merupakan kursi dari palet, tetapi tampilan dan keindahannya belum tentu sama.

kursi dari palet

Ada Tantangan Tersendiri

Melihat berbagai contoh model kursi dari palet di atas memang sangat menarik. Meski bahan dan karakter umumnya sama, tapi kursi tetap bisa hadir dengan tampilan yang khas dan berbeda satu sama lain. Tak heran bahwa kursi dari bahan ini disukai oleh beberapa kalangan masyarakat. Fakta ini, bagaimanapun juga bisa dimanfaatkan pelaku usaha mebel untuk mendapatkan keuntungan besar.

Namun demikian, dalam menggunakan palet untuk menghasilkan aneka perabot, memang ada tantangan tersendiri. Tantangan tersebut tak sekedar berasal dari estetika palet yang tak sebaik jati atau mahoni. Lebih dari itu, persoalannya terletak pada masalah keawetan dan paparan hama pada kayu tersebut. Apalagi bila kayu yang digunakan benar-benar kayu bekas peti kemas. Sudah pasti, kayu tersebut punya potensi telah digunakan hama seperti teter untuk bersarang. Padahal serangan hama bisa berakibat fatal di mana mebel menjadi cepat rusak bahkan kadang sebelum berhasil dijual.

Akan tetapi, saat ini Anda sudah tak perlu khawatir lagi. Masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan sederhana. Suatu teknik khusus yakni treatment pengawetan bisa diterapkan saat alur produksi kursi dari palet. Treatment pengawetan menggunakan prinsip yang sangat sederhana. Pada treatment ini, kayu diresapi dengan obat pengawet. Jadi, kayu tak akan lagi disukai serangga di masa depan. Sedangkan serangga yang sudah berada dalam kayu tersebut juga akan mati karena ada resapan obat pengawet yang bersifat anti hama. Metode yang bisa diterapkan sangat beragam. Misalnya dengan merendam kayu palet dalam air dan obat pengawet, sampai mengkuaskan larutan pengawet pada kayu peti kemas tersebut.

Atasi dengan BioCide Insecticide

Persoalan di atas sebagaimana disebut di atas memang bisa diatasi secara sederhana dengan treatment pengawetan. Namun, yang harus diingat adalah bahwa keberhasilan treatment pengawetan kursi dari palet tidak selalu sama. Ada beberapa faktor yang berpengaruh. Salah satunya adalah faktor obat pengawet yang digunakan.

Khusus untuk pengawetan kayu pallet dari serangan serangga, insektisida atau obat pengawet anti serangga yang kami rekomendasikan adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan insektisida syaraf serangga yang bisa bekerja dengan cepat membasmi berbagai jenis hama serangga mulai dari rayap, kutu, kumbang bubuk, dan masih banyak lagi. Selain efektif, insektisida ini juga lebih aman digunakan, lebih mudah digunakan, lebih terjangkau, dan juga lebih hemat. Singkat kata, penggunaannya cocok untuk kebutuhan usaha yang memang harus memperhatikan kualitas sekaligus biaya produksi.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, penggunaan kayu pallet atau peti kemas memang bisa membuat mebel menjadi lebih menarik. Satu dari sekian banyak mebel yang dapat hadir dengan tampilan cantik kayu peti kemas adalah kursi dari palet. Ada beragam model yang juga bisa diterapkan agar kursi-kursi tersebut lebih menawan. Jenisnya juga beragam, ada kursi indoor dan ada pula kursi untuk garden atau taman. Meskipun demikian, kursi seperti ini butuh suatu treatment khusus. Pasalnya, salah satu kekurangan kayu pallet terutama yang benar-benar berasal dari bahan peti kemas adalah kayu yang sudah digunakan dan berpotensi telah tercemar berbagai jenis hama. Treatment khusus berupa treatment pengawetan kayu perlu diusahakan. Agar treatment sukses, tidak bisa tidak digunakan anti serangga yang bagus seperti BioCide Insecticide.

SHARE

Leave a Reply