Simak 7 Tips untuk Sukseskan Usaha Gudang Online Ini

Apakah Anda ingin membangun bisnis gudang online? Bila iya, simak berikut ini tujuh tips pentingnya.

Apa itu Bisnis Gudang Online?

Frekuensi seseorang melakukan transaksi di dunia maya semakin meningkat dari hari ke hari. Banyak anak muda yang kemudian terjun dalam bisnis ini, untuk mendapatkan pundi-pundi berlimpah.

Ada yang menjadi reseller, penjual makanan, hingga penjual aneka kerajinan tangan. Padahal, dalam transaksi online, usaha yang dilakukan bukan hanya terkait perdagangan. Masih banyak usaha lainnya yang bisa dieksplor dan digeluti. Contohnya saja usaha gudang daring (atau online).

Sebagaimana namanya, gudang seperti ini adalah gudang yang disediakan untuk produk-produk yang dijual secara daring. Gudang, dengan kata lain, berwujud nyata (bukan virtual), hanya saja biasanya disewakan untuk para pelaku usaha yang transaksinya di dunia maya.

Seperti yang kita tahu, banyak pelaku usaha yang masih baru tidak memiliki sarana dan prasarana lengkap untuk menunjang usahanya. Sehingga mereka membutuhkan jasa dari pihak lain, termasuk untuk masalah ruang penyimpanan.

Pada umumnya jasa gudang daring menawarkan tempat yang ideal untuk menyimpan produk Anda. Selain itu, mereka juga menawarkan jasa yang lain seperti pengemeasan hingga pengiriman ke kurir.

Bagi Anda yang memiliki rumah yang besar atau tak terpakai, bisnis seperti ini bisa jadi ladang prospektif mendapatkan keuntungan lho. Dan untuk menyukseskan usaha Anda, kami memiliki 7 tips menarik di bawah ini

7 Tips Membangun Usaha Gudang Online yang Sukses

1. Wajib Gunakan Penyerap kelembaban

usaha gudang online

Gudang bukan sekadar ruangan besar di mana Anda menyimpan berbagai barang. Idealnya ruangan besar ini pun memiliki kondisi yang ideal yang bisa mempertahankan kualitas barang simpanan.

Salah satu kondisi ideal yang seharusnya diwujudkan adalah kelembaban yang rendah. Derajat kelembaban atau humiditas mengacu pada banyaknya air dalam udara. Semakin tinggi humiditas, maka semakin rentan produk membusuk dan berjamur.

Karenanya, perlu sekali digunakan produk penyerap kelembaban ruangan. Produk seperti ini akan menyerap air di udara sehingga kondisi gudang tidak lembab.

2. Tawarkan Berbagai Layanan lainnya

Seperti dijelaskan di atas, layanan yang diberikan pihak pengelola gudang biasanya bukan hanya tempat penyimpanan saja. Anda pun bila menggeluti bidang usaha ini dapat memberikan layanan pengemasan hingga pengiriman ke kurir.

Semakin lengkap dan baik layanan Anda, maka customer akan semakin betah. Usaha Anda pun akan lebih sukses ke depannya.

3. Belajar dari Berbagai Referensi

Supaya bisa menjalankan usaha gudang online yang baik, selalu perbanyaklah referensi Anda. Anda bisa memanfaatkan buku-buku yang memuat tips usaha yang baik, hingga menonton video percontohannya di Youtube. Tak perlu khawatir soal referensi, sebab sumbernya memang sangat banyak.

Serap sebanyak-banyaknya ilmu. Dengan cara ini, meski Anda pemula sekalipun, Anda bisa menunjukkan performa usaha yang jauh lebih baik.

4. Jangan Takut Mencoba

Tak banyak orang yang melakukan bisnis gudang online. Di lingkungan Anda, barangkali Anda satu-satunya orang yang berpikir melakukan ini.

Kondisi tersebut, sering membuat orang-orang takut mencoba. Mereka tak berani mengambil resiko untuk usaha yang masih sangat baru dalam pandangan mereka. Padahal, meski usaha seperti ini masih jarang, prospeknya cukup baik.

5. Tawarkan Jasa Usaha Gudang Online Anda dengan Giat

Jangan cuma diam saja. Yuk jemput bola supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Tawarkanlah jasa Anda ke media sosial, rekan-rekan, dan para pedagang online shop. Bila perlu, hubungi mereka secara privat satu per satu. Namun ingat, lakukan dengan elegan dan sopan supaya tidak menimbulkan kesan memaksa.

Dari banyak orang yang Anda hubungi, pasti ada yang butuh jasa Anda. Intinya, targetkanlah marketing Anda ke mereka yang tepat, yaitu ke mereka yang memang bekerja mencari nafkah di dunia maya.

6. Tanggung Jawab

Salah satu kunci penting kesuksesan adalah sikap tanggung jawab. Sikap tanggung jawab adalah sikap menerima konsekuensi atas apapun yang dilakukan. Sikap ini menunjukkan kedewasaan sekaligus karakter leadership yang baik.

Bila Anda ingin sukses menjalankan usaha gudang online pun, sikap seperti ini harusnya Anda punyai. Wujudkan sikap tersebut dengan bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi atas kesalahan Anda. Minta maaflah dan berikan kompensasi apabila Anda melakukan kesalahan.

7. Sedia Antihama

Tips yang tak kalah penting untuk membangun usaha gudang online adalah penyediaan antihama, khususnya insektisida. Sebab seperti yang kita tahu, hama-hama serangga dapat merusak dengan tingkat yang sangat tinggi. Misalnya saja rayap. Anda tak mau kan produk simpanan Anda dimakan rayap? Anda juga tak mau bukan kondisi gudang lembab dan kotor gara-gara diserang rayap?

Karenanya, sediakanlah insektisida. Jadi bila ada hama yang terindikasi menyerang, kita bisa langsung melakukan pembasmian.

Untuk jenis insektisidanya sendiri, Anda bisa mengandalkan BioCide Insecticide. Berformulasi dasar cypermethrin, BioCide memiliki cara kerja yang sangat baik dan efisien. Produk ini pun tinggal diaplikasikan saja ke area sarang hama setelah sebelumnya diencerkan dengan air. Dan voila, masalah hama tersebut sedikit banyak akan tertangani.

Kami Menyediakan BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

Kami menyediakan BioCide Insecticide yang memiliki manfaat sebagai antiserangga. Seperti dijelaskan di atas, untuk memastikan gudang tidak diserang hama rayap, dibutuhkan insektisida yang tepat. Insektisida, dalam hal ini, sebaiknya khusus untuk membasmi dan mencegah hama rayap, teter (kumbang bubuk), hingga rayap.

Nah, bagi Anda yang tertarik membeli BioCide Insecticide, silahkan hubungi Customer Service kami. Pesanan Anda akan diproses dengan cepat dan transparan. Selain itu, Anda juga mendapatkan layanan konsultasi gratis dari kami selama penggunaan BioCide.

Pembelian secara langsung juga dapat dilakukan lho. Caranya mudah saja, Anda tinggal ke Bio Service Point atau ke agen-agen Bio Industries.

Penutup

Dari penjelasan di atas, ada beberapa poin yang bisa kita simpulkan sebagai berikut:

  1. Salah satu usaha yang bisa dilakukan di era serba internet seperti sekarang ini adalah usaha gudang online atau daring.
  2. Gudang daring bukanlah gudang virtual. Bangunan dan pengurusnya nyata. Istilah online hanya digunakan karena gudang ini disediakan oleh pemiliknya untuk mereka yang punya usaha online.
  3. Biasanya para pengguna jasa gudang tersebut adalah UKM dan perorangan yang memang belum memiliki sarana untuk menunjang kebutuhan usahanya secara penuh.
  4. Di era serba internet sendiri, jelas usaha gudang online tergolong menjanjikan. Namun agar usaha yang dilakukan maksimal, tentu idealnya diterapkan strategi yang tepat mulai dari marketing sampai control hama gudang.
  5. Untuk kebutuhan control hama di gudang sendiri, Anda bisa menggunakan produk kami, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide dapat digunakan untuk membasmi berbagai jenis hama serangga dari rayap sampai teter.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Leave a Comment