Ternyata Ini 3 Perbedaan Gudang Penyimpanan dan Gudang Distribusi


Apa saja perbedaan gudang penyimpanan dan gudang distribusi? Temukan jawaban dan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Gudang, seperti dijelaskan pada artikel Pengertian dan Macam-macam Gudang merupakan sebuah ruang atau gedung di mana barang disimpan dengan suatu sistem tertentu. Di masyarakat awam, gudang memang hanyalah sebuah tempat terpencil di rumah yang tak begitu penting. Namun dalam bidang industri, peran gudang begitu krusial. Tempat ini adalah area di mana benda-benda seperti furniture IKEA hingga buah-buahan disimpan.

Apabila kondisi gudang buruk, bahan baku hingga produk yang sudah dibuat bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itulah, gudang harus selalu dirawat dan dikelola dengan baik dengan standar yang tinggi.

Perbedaan Gudang Penyimpanan dan Gudang Distribusi

Gudang bisa dibedakan menurut berbagai faktor. Misalnya, berdasarkan siapa yang memilikinya, space ini bisa dibedakan menjadi gudang milik negara, milik perusahaan swasta, dan milik perorangan. Pembagian seperti ini pun sudah dijelaskan di artikel sebelumnya.

Namun, dalam sebuah alur produksi dan distribusi, sebenarnya gudang dapat dikelompokkan dalam dua kategori saja. Yang pertama adalah gudang penyimpanan dan yang kedua ialah gudang distribusi. Apa perbedaan keduanya? Di bawah ini akan kami jelaskan poin-poinnya.

Perbedaan Gudang Penyimpanan dan Gudang Distribusi dari Jangka Waktu Simpan

Berdasarkan jangka penyimpanannya, gudang penyimpanan digunakan untuk menahan barang dalam jangka waktu sedang hingga panjang. Sedangkan gudang distribusi digunakan untuk menyimpan barang dalam waktu yang cepat.

Contoh, gudang penyimpanan yang dipakai untuk menyimpan buah. Bebarap buah, sebagaimana yang kita tahu hanya bisa dipanen secara musiman. Alhasil buah harus disimpan dalam dulu untuk kemudian dijual secara kontinyu agar harganya tidak anjlok dan supply di pasar selalu terjaga.

alterntif text

Adapun, contoh gudang distribusi adalah gudang transshipment. Gudang seperti ini benar-benar hanya dipakai untuk tempat memindahkan benda dari satu kontainer ke kontainer yang lain untuk segera didistribusikan lebih lanjut.

Perbedaan Gudang Penyimpanan dan Gudang Distribusi dari  Sistem Manajemen

Sistem manajemen gudang untuk tujuan penyimpanan jelas berbeda dengan bangunan yang sama untuk tujuan distribusi. Pada gudang penyimpanan, aktivitas pencatatan, misalnya, tidak perlu harus sering-sering dilakukan. Namun pada gudang distribusi, pencatatan barang dan sejenisnya merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan.

Perbedaan aktivitas ini pun membuat sistem yang lain harus dilakukan dengan tepat. Misalnya saja sistem pengamanan, kepegawaian, dan lain sejenisnya.

Perbedaan Gudang Penyimpanan dan Gudang Distribusi dari Aspek Perawatan

Gudang yang baik adalah yang tidak menyebabkan kerusakan pada benda yang disimpan di sana. Sumber kerusakan yang harus diwaspadai sendiri sangat beragam, mulai dari kelembaban, fluktuasi suhu, hingga hama rayap.

Namun tiap jenis gudang membutuhkan perawatan yang berbed tergantung kondisinya. Gudang penyimpanan, khususnya untuk penyimpanan tahan lama harus benar-benar dijaga dari kelembaban yang tinggi sampai kemunculan hama.

Gudang distribusi tidak perlu dibuat dengan standar setinggi gudang penyimpanan. Sebab mau tak mau kondisinya memang “lebih ramai” dengan aktivitas distribusi. Lagipula, benda yang disimpan pun tidak akan lama di warehouse. Meski demikian, perawatan standar seperti pembersihan hingga antisipasi semut dan juga teter tetap harus dilakukan.

Agar Gudang Bebas Semut hingga Rayap, Gunakan BioCide Insecticide

Terlepas dari perbedaan gudang penyimpanan dan gudang distribusi di atas, semua warehouse pada akhirnya perlu dikelola dengan baik. Salah satunya agar tempat tersebut tidak menjadi saran hama dan merusak benda-benda yang disimpan.

Coba bayangkan, apa jadinya bila salah satu sisi gudang ternyata jadi sarang semut dan rayap?! Apa jadinya bila kedua hama itu menggerogoti produk makanan dan buah-buahan yang disimpan?
Tentu sangat merugikan bukan? Baik sebagai pemilik gudang atau sebagai penyewa gudang, keberadaan hama haruslah diantisipasi sejak dini. Oleh karena itu, kami menyarankan produk BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah antiserangga dengan bahan aktif cypermethrin. Sebagai anti hama untuk bangunan, insektisida ini bisa mencegah dan mengatasi semut, teter, rayap, dan hama lainnya yang sulit diatasi dengan insektisida biasa.
Aplikasinya bisa dilakukan dengan:

  1. Pengendalian hama pra konstruksi, misalnya dengan diaplikasikan di bagian bawah bangunan. Jadi hama seperti semut atau rayap tidak akan membuat sarang di bawah lantai gedung.
  2. Pengendalian hama pasca konstruksi, misalnya dalam sistem pengendalian hama pipa injeksi dan untuk mengatasi hama-hama yang terlihat

Produk ini menawarkan aneka kelebihan untuk semua warehouse terlepas dari perbedaan gudang penyimpanan dan gudang distribusi. Cara kerja produk ini sangat efektif, mudah digunakan, tidak menyebabkan karat, hingga lebih aman digunakan. Selain itu, harga produk ini pun termasuk terjangkau bila melihat kualitas yang ditawarkan serta konsentrasi formula yang sangat tinggi.

Menarik bukan berbagai kelebihan BioCide Insecticide sebagai antihama untuk mencegah munculnya rayap hingga teter? Bila Anda tertarik dengan produk ini, silahkan hubungi CS kami untuk informasi lebih jauh. Anda juga bisa melakukan pemesanan secara daring dengan cara:

  1. Mengirimkan data-data pemesanan yang dibutuhkan seperti nama perusahaan Anda dan alamat pengiriman
  2. Diskusi lebih lanjut dengan CS kami
  3. Menerima invoice dari CS lalu melakukan pembayaran yang disepakati
  4. Melakukan konfirmasi
  5. Menunggu produk sampai di tempat Anda

biocide

BioCide Insecticide juga bisa dibeli secara langsung lho. Caranya ialah dengan membeli ke agan dan Bio Service Point yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Opsi pembelian lain yang tersedia adalah pembelian secara online di marketplace. Bila Anda ingin membeli satuan saja, silahkan pesan ke marketplace langganan Anda. Kami memiliki akun official di berbagai marketplace. Namun tentu saja Anda juga bisa membeli di toko non official asalkan memang produknya asli dari kami.

Simpulan tentang Perbedaan Gudang Penyimpanan dan Gudang Distribusi

Dari penjelasan di atas, ada beberapa hal yang bisa disimpulkan, antara lain:

  1. Gudang adalah suatu tempat atau gedung yang digunakan untuk menyimpan barang baik dalam jangka waktu lama ataupun pendek. Barang yang disimpan sangatlah beragam mulai dari buah hingga aneka jenis furniture.
  2. Selain sebagai tempat simpan, gudang juga merupakan tempat untuk melakukan penyortiran hingga pengemasan produk.
  3. Berdasarkan jenisnya, secara umum kita bisa membagi gudang menjadi 2, yaitu gudang untuk menyimpan barang dan gudang distribusi.
  4. Perbedaan gudang penyimpanan dan gudang distribusi terletak pada masa simpan produknya, manajemen pengelolaannya, hingga perawatannya.
  5. Selebihnya, kedua gudang tersebut menawarkan fungsi yang sama pentingnya. Selain itu, keduanya juga perlu dijaga kondisinya supaya tidak jadi sarang hama dengan menggunakan BioCide Insecticide.

Kurang lebih, demikianlah informasi yang bisa antiserangga.com bagikan mengenai beda antara gudang penyimpanan dan distribusi. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa untuk terus update berbagai artikel menarik yang lain di sini.

Ternyata Ini 3 Perbedaan Gudang Penyimpanan dan Gudang Distribusi

Leave a Reply