Ini Dia Manfaat Pengawetan Kayu Mindi

Sebagaimana telah dibahas pada artikel sebelumnya, pengawetan kayu mindi bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi semacam “kewajiban”. Manfaat pengawetan material ini pun tidak lagi berisi mengenai hal-hal positif tambahan yang tak bisa didapat tanpa proses pengawetan. Manfaat treatment preservation pada kayu ini terkait langsung dengan bisa tidaknya kayu mindi diolah menjadi berbagai produk bermanfaat.

Sebab pada alur produksi mebel atau furniture, terdapat kondisi-kondisi yang beresiko merusak mindi. Misalnya saja pada saat pasca penebangan, penyimpanan kayu, pengiriman kayu, hingga berbagai proses lainnya hingga produk dari mindi tersebut sampai di tangan konsumen.

Rincinya, berikut ini manfaat pengawetan kayu mindi pada berbagai tahapan tersebut.

4 Manfaat Pengawetan Kayu Mindi

Pasca Penebangan

kumbang bubukKayu yang baru saja ditebang adalah media yang sangat ideal untuk pertumbuhan jamur. Beberapa jenis serangga juga dapat menginfeksi kayu terutama serangga jenis pengebor yang akan meletakkan telurnya di dalam substrat kayu.

Dengan treatment pengawetan, infeksi jamur maupun serangga dapat dicegah. Metode yang diterapkan sendiri tidak perlu yang begitu rumit karena akan terlalu sulit melakukan treatment pada kayu yang masih berbentuk gelondongan.

Saat Kayu Disimpan

Meski telah diawetkan pada saat kayu berbentuk log, treatment pengawetan sebaiknya dilakukan lagi setelah kayu digergaji untuk selanjutnya disimpan. Sebab, bahan pengawet yang digunakan saat pengawetan pada kayu gelondongan hanya meresap ke bagian pinggir kayu. Sedangkan bagian dalam kayu belum tersentuh sama sekali. Bila tidak diawetkan, dan kayu langsung disimpan setelah digergaji, ancaman kerusakan jelas sangat besar. Kayu perlu ditreatment dan dikeringkan dengan baik. Untuk meminimalisir resiko kayu rusak saat penyimpanan, sebaiknya lokasi yang digunakan juga higienis dan tidak lembab.

Saat Kayu Dikirim

Lokasi pengolahan kayu dan tempat kayu ditebang biasanya memiliki jarak cukup jauh. Sehingga kayu-kayu tersebut harus dikirim. Selama masa pengiriman ini, kayu rentan ditumbuhi berbagai jenis hama. Dengan treatment pengawetan kayu mindi, resiko kerusakan kayu akan tertekan hingga seminimal mungkin.

Saat Penyimpanan dan Pengiriman Mebel Kayu dari Mindi

Treatment pengawetan saat kayu difinish bisa dilakukan dengan menerapkan bahan finishing yang baik dan penggunaan antijamur pada bahan tersebut. Dengan cara ini, lapisan cat tak akan lagi rentan terserang jamur pada kondisi ruangan lembab, baik ketika produk kayu mindi disimpan atau dikirim dalam kontainer.

Leave a Comment