Lebih Dekat dengan Kayu Mindi: Kurang Kuat Tapi Menawan

Di antara berbagai jenis kayu komersil di Indonesia, nama kayu mindi jelas tak bisa diabaikan. Seperti apakah kayu ini dan bagaimana cara meningkatkan kualitasnya?

Mindi atau Melia azerdarach adalah salah satu pohon yang banyak ditemukan di Indonesia, India, dan sekitarnya. Salah satu ciri pohon ini yang paling menonjol adalah adanya bark atau kulit kayu seiring dengan pertambahan usia pohon. Pohon yang dalam Bahasa Inggris sering disebut sebagai chinaberry ini memiliki klasifikasi sebagai berikut.

Klasifikasi M. azerdarach

  • Kingdom: Plantae
  • Klad: Tracheophytes
  • Klad: Angiosperms
  • Family: Meliaceae
  • Genus: Melia
  • Species: M. Azedarach

Secara sekilas, tampilan kayu ini menyerupai Burmese teak (jati Myanmar). Bahkan orang awam sangat mungkin mengira bahwa mindi adalah kayu jati dari Burma.

kayu mindi 2Sebagai bahan baku pembuatan furniture, kayu mindi memiliki penggemar tersendiri. Kayu ini dikenal dengan pola seratnya yang tajam dan indah, serta pori-porinya yang menonjol. Umumnya, kayu yang berasal dari spesies Melia azedarach tersebut difinish dengan finishing antik, semi antik, French, hingga country. Meski tipe finishing tersebut kurang disukai pengguna mebel Indonesia, tapi untuk pasar ekspor, justru tipe tersebut sangat dicari.

Keunggulan mindi lainnya sebagai bahan baku pembuatan furniture adalah harganya yang relatif lebih murah. Jenis kayu ini jauh lebih terjangkau dibanding jati maupun mahoni. Akan tetapi dengan aplikasi finishing yang bagus, mebel dari mindi dapat dijual dengan keuntungan berlipat-lipat. Sebab, pasaran targetnya sangat spesifik untuk kebutuhan ekspor.

Kelemahan Kayu Mindi

Akan tetapi sebagaimana berbagai kayu pada umumnya, mindi pun memiliki banyak kekurangan. Secara umum, bisa dikatakan bahwa kelemahan mindi terletak pada kekuatannya. Kayu ini kurang kuat secara struktural dan kurang kuat menahan berbagai serangan organisme.

Mindi sama sekali tak direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan seperti bahan baku tiang rumah maupun gazebo. Substrat kayu tersebut hanya berada pada kelas II-III sehingga memang tidak cukup kokoh untuk mendukung fungsi struktural. Bahkan proses pengeringan mindi harus dilakukan sangat hati-hati. Pasalnya, kayu ini juga mudah retak, pecah, dan melengkung pada suhu tinggi. Lama waktu pengeringan, suhu yang disetel, hingga proses perubahan suhu harus diperhatikan baik-baik untuk menghindari kerugian.

Di luar itu, mindi juga rentan terhadap berbagai jenis hama khususnya serangga. Kayu ini tidak memiliki resistensi yang baik pada kumbang bubuk, kutu, rayap, dan berbagai jenis hama lainnya. Akibatnya, selain tidak direkomendasikan untuk keperluan struktural, kayu ini juga kurang direkomendasikan untuk kebutuhan outdoor kecuali sudah ditreatment. Untuk penggunaan tanpa treatment, mindi lebih disarankan digunakan sebagai bahan dasar furniture indoor.

Potensi Besar Kayu Mindi

Mindi telah lama digunakan manusia untuk menyukupi kebutuhannya. Bagi para pelaku usaha di industri woodworking, kayu ini menyimpan potensi besar untuk dimanfaatkan. Berikut ini 3 contoh guna Mindi.

1. Digunakan untuk membuat berbagai jenis mebel seperti kursi, meja, almari, ranjang, buffet, sampai untuk membuat bangku. Bahkan seperti disebut di atas, mebel dari kayu ini laku di pasaran ekpor karena memiliki keunikan yang disukai masyarakat luar negeri
2. Digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan. Dulu, biji kayu ini sering dipakai untuk bahan ornamen sebelum akhirnya digantikan oleh plastik.
3. Digunakan untuk membuat berbagai elemen bangunan seperti misalnya untuk pintu dan dinding kayu

Pentingnya Treatment Pengawetan Kayu Mindi

Karena sifatnya yang tidak memiliki resistensi baik terhadap hama, penggunaan obat pengawet pada kayu mindi sudah menjadi semacam kewajiban untuk menghindari kerugian. Obat pengawet yang diberikan pun harus lengkap, baik dari golongan insektisida maupun fungisida. Dengan treatment pengawetan yang baik, kekurangan kayu mindi dapat diatasi sehingga keunggulannya dari aspek estetika bisa dimaksimalkan.

Obat pengawet antiserangga yang kami sarankan untuk kayu ini adalah BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide untuk Kayu Mindi

BioCide Insecticide adalah insektisida dalam golongan pyrethroid. Insektisida ini menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC yang bekerja sebagai racun kontak bagi serangga. Antiserangga ini bisa Anda andalkan untuk meningkatkan ketahanan kayu mindi terhadap:

1. Serangan rayap
2. Serangan kumbang bubuk (totor atau teter)
3. Serangan semut, kutu, dan serangga lainnya yang memakan kayu atau bersarang di dalam kayu

BioCide Insecticide bekerja sebagai racun neurotoksin kontak dan akan membuat serangga terbasmi dengan efektif. Produk ini bisa diandalkan bagi usaha furniture ekspor, usaha furniture nasional, usaha kerajinan, sampai usaha konstruksi bangunan.

BioCide Insecticide memiliki berbagai keunggulan dibanding insektisida lainnya di pasaran. Produk ini memiliki cara kerja yang sangat efektif dan efisien. Pelarutannya menggunakan air juga membuatnya jauh lebih mudah digunakan dan murah (sebab Anda tak perlu membeli larutan solvent). BioCide juga tahan lama dan lebih terjangkau. Yang tak kalah menarik, produk ini juga lebih aman digunakan lho. Cypermethrin bersifat moderate toxin bagi kulit manusia. Dengan demikian, penggunaannya lebih aman daripada insektisida yang tinggi toksisitasnya pada manusia. Namun tentu kami tetap mewajibkan penggunaan alat keamanan. Bagi lingkungan sendiri, cypermethrin juga lebih mudah diuraikan di alam. Jadi pemakaiannya lebih eco friendly dibanding insektisida yang menghasilkan residu lanjutan yang sangat berbahaya bagi ekosistem.

Bagaimana Cara Menggunakan BioCide untuk Mengawetkan Kayu Mindi?

Metode pengawetan mindi menggunakan BioCide Insecticide bisa dilakukan dengan sangat mudah. BioCide fleksibel digunakan pada berbagai metode preservasi kayu. Berikut ini contoh beberapa cara mengawetkan kayu dengan BioCide.

1. Perendaman, di mana kayu direndam dalam BioCide yang sudah dilarutkan ke dalam air.
2. Pencelupan, di mana kayu dicelupkan dalam larutan BioCide Insecticide
3. Pengkuasan, cara dengan mengkuaskan larutan BioCide Insecticide pada permukaan mindi
4. Vakum tekan, pada metode ini digunakan alat vakum tekan yang bisa diatur tekanannya sehingga peresapan BioCide Insecticide terjadi lebih baik
5. Spray atau semprot. Metode ini harus dilakukan ekstra hati-hati dan tidak boleh sembarangan

Penggunaan BioCide Insecticide sebagai pengawet kayu mindi juga bisa dikombinasikan dengan antijamur BioCide Wood Fungicide. Bersama BioCide Insecticide, BioCide Wood Fungicide akan melindungi kayu dari hama jamur blue stain.

3 Cara Mudah Membeli BioCide Insecticide

Bagi Anda yang tertarik dan ingin sekarang juga membeli BioCide Insecticide, Anda bisa memilih satu dari ketiga opsi di bawah ini.

Membeli BioCide secara Langsung
Berikut ini alamat Bio Service Point di mana Anda bisa melakukan pembelian BioCide Insecticide.

1. Bio Service Point Jogja. Jl. Sidikan No.94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta 55162. Hubungi kami di phone/Fax : +62274388301. Email: [email protected]
2. Bio Service Point Jepara. Jl. Raya Kudus KM.9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417. Hubungi kami di phone: +62.291.598992. Email: [email protected]
3. Bio Service Point Cirebon. Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154. Hubungi kami di phone: +62 231 320759. Email: [email protected]

Anda juga bisa melakukan pembelian di agen kami. Agen-agen kami telah tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti di Surakarta dan Surabaya. Informasi selengkapnya, silahkan hubungi Customer Service kami.

Membeli di Antiserangga.com

Anda bisa memesan di antiserangga.com lewat Customer Service kami. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Bio Service Point apabila lokasi Anda memang jauh. Prosedur pembeliannya pun sangat mudah dengan proses yang transparan dan tidak bertele-tele. Pertama, kirimkan data pengiriman pada kami. Data ini mencakup nama Anda sebagai pemesan, alamat kirim, dan jumlah BioCide yang dipesan. Data ini diperlukan untuk memberikan estimasi biaya yang perlu dibayar serta bagaimana proses pengirimannya. Setelah itu, lanjutkan diskusi lebih jauh dengan CS kami mengenai kurir pengiriman yang diminta, dan lama proses pengiriman yang diinginkan. Sebisa mungkin, kami akan mengakomodasi kebutuhan Anda. Berikutnya, Anda tinggal melakukan pembayaran dan mengirim buktinya pada kami. CS kami akan segera memroses pemesanan tersebut dan turut memantau sampai barang benar-benar sampai di alamat yang Anda kehendaki.

Membeli di Toko Daring (Toko Online)

Selain membeli di antiserangga.com, Anda juga bisa membeli di berbagai toko daring / online. Kami memiliki official store di berbagai toko daring. Pun, agen-agen kami banyak yang menyediakan produk tersebut di Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Silahkan membeli lewat opsi ini apabila Anda merasa lebih nyaman belanja di marketplace.

Nah, itulah 3 opsi pembelian untuk bisa menikmati berbagai keunggulan BioCide Insecticide. Sangat memudahkan, bukan? Makanya, jangan ragu untuk segera membeli antiserangga ini.

Simpulan

Mindi merupakan salah satu kayu komoditas Indonesia yang potensial diolah. Kayu ini memiliki beberapa karakteristik khusus yang membuatnya unik dan lain daripada yang lain. Mindi juga disukai pasar ekspor karena tampilannya yang menarik.

Untuk mengolah kayu ini, hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja mengenal kekurangan dan juga kelebihannya. Maksimalkan keunggulan mindi, dan antisipasi kekurangannya. Untuk mengantisipasi kekurangan kayu ini, salah satu hal yang perlu diperbaiki adalah keawetannya. Mindi masih rentan rusak akibat serangga karena berada dalam kelas awet II-III.

Untuk mengatasi kekurangan mindi ini, bisa dilakukan treatment pengawetan. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan obat pengawet pada kayu agar kayu jadi tahan lama. Agar hasil treatment berkualitas, gunakan insektisida BioCide Insecticide. BioCide Insecticide unggul dalam berbagai aspek mulai dari hasilnya, harga, sampai jenis organisme yang bisa ditarget.

Semoga bermanfaat ya. Nikmati terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Leave a Comment