Mau Pakai Jasa Packing Kayu? Perhatikan Dulu 5 Hal Penting Ini

Menggunakan jasa packing kayu bukan persoalan yang sepele. Anda perlu memastikan bahwa service yang ditawarkan amanah (terpercaya) dalam menjalankan pekerjaannya.

Mengirim barang untuk area satu kota bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dalam satu jampun, pengiriman akan sampai ke tempat tujuan. Namun, tidak demikian bila Anda bermaksud mengirimkan produk antar kota, atau bahkan antar pulau.

Namun, realita di lapangan saat ini nyatanya demikian. Jual beli online semakin marak. Bukan sesuatu yang aneh bila kita ingin menjual barang dari Riau ke Makassar atau sebaliknya. Namun demikian, kadang bukan sekadar jarak pengiriman yang menyulitkan. Untuk benda-benda tertentu seperti furniture, kerajinan, dan alat elektronik besar, masalah packing bisa menjadi kendala yang signifikan.

Coba bayangkan. Masa Anda hendak mengirimkan TV antik dari Jakarta ke Lombok menggunakan kemasan kardusnya saja? Bilapun Anda nekat dan secara menguntungkan TV itu sampai, jangan kaget bila layarnya sudah pecah dan komponen lainnya mengalami kerusakan parah. Pembeli Anda di Lombok juga pasti akan marah besar karena sudah mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk mendapatkan TV antik yang langka, tapi malah mendapatkan barang rusak.

Untuk keperluan ini untungnya, bisa digunakan packing kayu. Dan di lapangan sendiri, ada beberapa perusahaan yang khusus bekerja dalam bidang pengemasan kayu. Jasa seperti ini akan sangat mempermudah kerja Anda. Namun, kita tetap harus hati-hati lho memilih jasa yang tepat. Sebab bila Anda sembarangan, bukan tak mungkin packing yang dilakukan pun di bawah standar.
Nah, di bawah ini kami sudah jelaskan beberapa tips dalam menggunakan jasa ini.

jasa packing kayu

Perhatikan Ini Saat Menggunakan Jasa Packing Kayu

1. Palet yang Dipakai Mengandung Hama dan Berjamur

Packing kayu menggunakan kayu sebagai bahan utama. Kayu yang umumnya digunakan sendiri adalah kayu pallet atau peti kemas. Sayangnya, kayu seperti ini rentan mengalami kerusakan. Pallet memiliki ketahanan lebih rendah karena biasanya memang dipilih dari kayu non premium. Kadang kelas keawetannya bahkan berada di level IV atau V.

Idealnya, sebelum digunakan, kayu ditreatment dengan obat pengawet kayu yang bagus. Misalnya saja dengan BioCide Insecticide. Sebab bila kayu diserang hama selama proses kirim yang panjang, produk bisa mengalami krerusakan. Apalagi bila produk yang Anda kirimpun berupa bahan yang mudah diserang hama seperti makanan, tekstil, dan alat elektronik.

2. Kemasan Bocor dan Tidak Tertutup Sempurna

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan jasa packing kayu adalah pengemasan yang bocor. Masalah ini sebenarnya mudah diantisipasi. Akan tetapi, kadang pihak jasa menggunakan bahan-bahan yang kurang baik atau kurang banyak sehingga membuat kemasan bocor. Tentu kerusakan yang ditimbulkan sangat besar dalam situasi demikian.

3. Pengemasan yang Kotor Membuat Produk Rusak Sampai di Tujuan

Pengemasan yang kotor bisa menyebabkan produk juga rusak. Berpadu dengan kelembaban tinggi selama pengiriman, hal ini bisa menjadi bagi bencana bagi produk Anda. Jamurlah yang biasanya akan muncul.

Jamur muncul karena di antara debu yang menempel biasanya ada spora jamur dan zat makanan. Spora jamur itupun akan tumbuh ketika udara dalam kemasan kayu lembab.

Jasa packing yang bagus idealnya bisa mengantisipasi hal ini. Namun, ada pula jasa yang standar kerjanya buruk sehingga harus benar-benar dihindari bagi pelanggan seperti kita. Apalagi ketika jasa terkait juga sulit untuk dimintai pertanggung jawaban.

4. Proses Pengemasan Lama dan Harganya Mahal

Proses pengemasan yang lama juga bisa menjadi kendala besar lho. Proses kirim akan menjadi jauh lebih panjang. Dan, konsumen Anda bisa complain karenanya.

Bayangkan begini. Anda mendapatkan pesanan tanggal 11. Lalu Anda langsung memrosesnya hari itu juga. Di sore hari, Anda sudah memesan jasa packing terdekat. Namun ternyata mereka lambat sekali dalam bekerja. Sehingga kecepatan Anda memroses pesanan tanggal 11 itu sia-sia belaka.

Pelanggan Anda yang merasa pesanannya lama sampai bisa menuliskan complain di dunia maya. Dan jelas ini bukan sesuatu yang positif untuk usaha Anda.

Begitu juga dengan masalah harga. Jangan sampai menggunakan jasa yang terlalu mahal, kecuali Anda memang hendak merugi sendiri. Saran kami, dapatkanlah list harga jasa kemas kayu di sekitar domisili Anda. Kemudian bandingkan satu sama lain untuk mendapatkan jasa yan paling terpercaya.

Namun jangan cuma mengecek harga ya. Cek juga yang ditawarkan dari harga yang dimaksud. Kadang harga sebuah packing lebih banyak karena penggunaan bahan seperti bubble wrap dan lainnya lebih lengkap. Dus, nominal harga mahalnya sangat bisa dimengerti.

5. Jasa Packing Kayu yang Kadang Tidak Bertanggung Jawab

Jasa yang tidak bertanggung jawab benar-benar harus dihindari. Bila Anda sampai menemukan jasa seperti ini, jangan gunakan lagi service-nya di kemudian hari. Sebab, Anda bisa mengalami kerugian yang sama.

Contoh tindakan jasa yang tidak bertanggung jawab adalah tidak mau melakukan ganti rugi atas kesalahan mereka. Padahal, kualitas packing mereka jelas-jelas di bawah standar yang ditawarkan.

Opsi untuk Anda: Packing Kayu Sendiri atau Pilih Jasa Packing Kayu yang Mumpuni

Anda sebenarnya memiliki opsi lain selain menggunakan suatu perusahaan jasa pengemasan barang. Pilihan tersebut adalah melakukan packing secara mandiri. Kami menyarankan ini sekiranya:

  • Anda ingin lebih hemat
  • Anda tdiak menemukan jasa packing yang baik dan harganya masuk akal
  • Anda ingin memastikan kualitas packing sebaik mungkin
  • Anda sangat sering mengirimkan produk
  • Anda memiliki tenaga dan waktu untuk pekerjaan ini

Packing sendiri memang tidak mudah. Anda tidak bisa menggunakan palet kayu secara serampangan. Penggunaan alat packing yang lain seperti Styrofoam dan bubble wrap pun jelas tak bisa diabaikan.

Selain itu, untuk memastikan palet yang dipakai bebas hama, kita perlu menggunakan bahan pengawet antihama. Cara aplikasinya, dilakukan dengan mengoleskan bahan pengawet anti hama pada permukaan kayu. Dan untuk keperluan ini, kami menyediakan

BioCide Insecticide.

biocide jasa packing kayu

BioCide Bila Anda Memilih Packing Kayu Sendiri Saja
BioCide Insecticide adalah produk insektisida yang bisa diresapkan ke permukaan kayu. Setelah kayu diresapi dengan produk ini, kayu tidak akan dimakan rayap, dijadikan sarang semut, dan dijadikan sarang teter.

Fungsi tersebut krusial untuk menjaga produk dalam proses kirim. Sebab proses kirim yang lama bisa membuat hama menyerang kemasan kayu. Dan bila Anda membiarkan saja hal ini, hama juga bisa merusak produk di dalam kemasan. Sangat menarik, bukan?

Kontak dan Pemesanan

Hubungi kami bila Anda berminat dengan BioCide Insecticide lebih lanjut. Customer Service kami bisa menjawab berbagai rasa penasaran Anda akan produk ini.

Anda juga bisa langsung melakukan pemesanan secara daring. Pun demikian dengan pembelian secara langsung. Caranya, kunjungi saja Bio Service Point atau agen Bio Industries terdekat dengan domisili tempat tinggal Anda.

Semoga informasi mengenai jasa packing kayu ini bermanfaat untuk Anda ya. Ingat, bila Anda memutuskan untuk menerapkan pengemasan kayu sendiri, jangan lupa gunakan BioCide Insecticide supaya kemasan aman dari hama.

Leave a Comment