Begini Cara Memperbaiki Kusen Kayu yang Dimakan Rayap

Salah satu bagian rumah yang paling sering disasar rayap adalah kusen. Lantas bila itu sudah terjadi, bagaimana cara memperbaiki kusen kayu yang dimakan rayap?

Kusen atau frame merupakan elemen bangunan yang menjadi penyambung antara dinding dengan pintu serta jendela. Kusen juga menjadi pendukung fungsi pintu dan jendela. Namun sayangnya, bagian ini pun tidak rentan pada kerusakan. Salah satunya kerusakan yang diakibatkan serangga seperti rayap.

Rayap dapat memakan kayu dan mengubahnya menjadi serbuk atau kotoran tidak berguna. Struktur kayu yang kokoh pun akan berubah menjadi lunak. Lama-lama kusen tak bisa digunakan lagi.
Namun untungnya, kebanyakan kerusakan kusen terjadi di bagian bawah, di area di mana kita bisa memperbaikinya dengan mudah.

Caranya? Langsung simak saja di bawah ini.

 

5 Langkah Cara Memperbaiki Kusen Kayu yang Dimakan Rayap

Alat dan Bahan

Sediakan alat dan bahan di bawah ini sebelum mengikuti tutorial di bawah.

  1. Dempul untuk mengisi area yang berlubang. Namun bila kekeroposan sudah parah, siapkan kayu pengganti.
  2. BioCide Insecticide untuk membasmi spora rayap dan meningkatkan ketahanan kayu pada rayap.
  3. Lem kayu yang bagus. Produk yang kami sarankan adalah Crossbond X3.
  4. Kuas
  5. Lap basah
  6. Air dan sikat untuk membersihkan
  7. Amplas
  8. Primer dan cat untuk pengecatan ulang
  9. Kape atau alat pemotong kayu (pilih salah satu)

Langkah-langkah Cara Memperbaiki Kusen Kayu yang Dimakan Rayap

Bersihkan lalu Keringkan

Jauhkan benda-benda di sekitar kusen. Setelah itu, ambil seember air dan juga lap. Bersihkanlah area kusen yang dimakan rayap tersebut. Apalagi bila lumut dan jamur juga tumbuh di sekitarnya.

alterntif text

Apabila ada sarang di dalam kusen, gunakan sikat untuk mengeluarkan semua serangga dan telur yang bersarang. Setelah itu, bersihkan lagi dengan baik. Barulah setelah itu lakukan pengeringan. Usahakan kusen tidak kotor kembali dengan debu dan kotoran.

Potong Bagian yang Tidak Berguna

Periksa kondisi kerusakan kusen dengan lebih teliti setelah dilakukan pembersihan. Langkah cara memperbaiki kusen kayu ini penting sekali dilakukan.

Ketika mengikuti langkah ini, Anda mungkin akan melihat adanya lubang atau area yang keropos. Namun kadang-kadang masih ada kayu-kayu lunak yang “setengah rusak.” Maksudnya, kayu tersebut belum sepenuhnya rusak namun juga tidak sepenuhnya baik. Saran kami, potong saja potongan kayu seperti itu.

Area lain yang perlu dipotong adalah potongan kayu yang kecil memanjang menjadi seperti duri. Kayu-kayu seperti itu akan mempersulit kerja Anda selanjutnya.

Jadi, rapikanlah area kayu tersebut. Kemudian lakukan pengamplasan supaya halus dan bersihkan kembali.

Gunakan BioCide Insecticide

Kini Anda mendapatkan area potongan kusen yang bersih dan kering. Langkah selanjutnya adalah memastikan tidak ada telur rayap atau semut yang masih bersarang. Jadi, oleskanlah BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida yang memang dikhususkan digunakan untuk kayu. Produk ini akan membantu Anda membersihkan semua telur ataupun serangga yang mungkin masih bersembunyi. Selain itu, BioCide Insecticide juga bisa dipakai untuk mencegah serangga di kemudian hari.

Ya dengan resapan obat ini, ke depannya kusen akan tahan terhadap rayap. Semut pun pasti tidak mau membuat sarang di area tersebut.

Namun, pastikanlah menggunakan pengaman ketika menerapkan BioCide. Sebab, meski BioCide lebih aman dibanding kebanyakan produk insektisida, namun obat ini tetaplah mengandung bahan kimia khusus pembasmi serangga. Jadi, gunakanlah dengan hati-hati.

Gunakan Dempul atau Kayu Pengganti

Langkah cara memperbaiki kusen kayu yang berikutnya adalah mengganti area yang rusak. Ada dua alternative yang bisa Anda pilih. Pertama menggunakan dempul, dan kedua menggunakan kayu pengganti.

  1. Gunakan dempul bila lubang kayu tak begitu besar.
  2. Gunakan kayu bila area yang rusak sudah begitu besar sehingga tak mungkin ditambal dengan dempul.

Dempul bekerja sebagai tambalan. Wujudnya seperti tanah liat atau pasta yang dapat mengisi lubang. Supaya kualitasnya bagus, gunakan dempul Bio Industries. Anda tinggal memasukkan saja dempul ke lubang kayu dan meratakannya menggunakan kape atau pisau putty.

Adapun, penggunakan kayu lebih sulit dibanding dempul. Sebab Anda harus mengukur potongan kayu baru sebesar luas area yang harus digantikan. Barulah setelah Anda berhasil memotongnya, Anda bisa mengelemnya dengan lem Crossbond X3. Setelah itu, kuaskan BioCide lagi di permukaan kayu yang baru dan tunggu hingga BioCide meresap serta permukaan kayu kering.

Cat Lagi

Anda hampir selesai mengikuti langkah-langkah cara memperbaiki kusen kayu yang dimakan rayap! Kini Anda tinggal melakukan pengecatan saja supaya kusen terlihat bagus dan seragam dari satu area ke area yang lain.

Agar hasil catnya baik, gunakan primer terlebih dahulu. Baru setelah itu, aplikasikan cat kayu dan clear coat (opsional). Usahakan untuk memastikan warna catnya sama dengan area kusen yang lain. Atau bila Anda ragu, lakukan saja pengecatan ulang ke seluruh area kusen.

Nah, kurang lebih begitulah cara memperbaiki kusen kayu yang dimakan rayap? Bagaimana? Sama sekali tidak sulit, bukan?

Kontak dan Pemesanan

Kami menyediakan produk antiserangga BioCide Insecticide. Anda bisa melakukan pembelian dengan cara mengontak Customer Service kami di nomor yang disediakan, atau via email. Pemesanan secara online akan dipandu oleh CS kami dengan cepat, ramah, dan profesional.

Namun sebelum membeli, tentu Anda bebas bertanya tentang produk ini terlebih dahulu. Layanan konsultasi juga selalu terbuka bagi pelanggan kami. Kami akan memberikan berbagai tips untuk menerapkan BioCide Insecticie secara optimal.

Mau membeli secara langsung saja? Tentu bisa. Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point dan juga agen-agen kami. Namun untuk sekarang, Bio Service Point yanga terdapat di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Bila Anda jauh dari ketiga lokasi tersebut, silahkan hubungi CS kami untuk informasi agen yang dekat dengan kota Anda, atau melakukan pemesanan secara daring.

Penutup

  1. Kusen adalah rangka atau frame yang memiliki dua manfaat sekaligus. Pertama menyambungkan tembok dengan pintu dan jendela. Kedua menunjang fungsi pintu dan juga jendela.
  2. Namun, kusen rentan sekali mengalami kerusakan. Karena beberapa hal, area kusen terutama bagian bawah sering sekali ditemukan dalam kondisi yang tidak begitu baik. Salah satunya karena dijadikan sarang semut hingga dimakan oleh koloni rayap.
  3. Bila dibiarkan terus-menerus, bagian bawah kusen tersebut akan keropos. Dan hal ini tentu akan mengganggu fungsi pintu atau jendela.
  4. Untungnya, memperbaiki pintu kayu tidak begitu sulit dilakukan. Anda bisa mengikuti tutorial di atas untuk memperbaikinya sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain.
  5. Yang pasti, untuk membuat kusen jadi tahan rayap, gunakanlah BioCide Insecticide.

Semoga informasi mengenai cara memperbaiki kusen kayu yang dimakan rayap ini bermanfaat ya!

 

 

Begini Cara Memperbaiki Kusen Kayu yang Dimakan Rayap

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply