Melindungi Kayu Outdoor agar Tak Diserang Hama

Mari sebutkan satu per satu hama yang bisa menyerang kayu outdoor Anda. Jawabannya pasti terhitung banyak, dari mulai rayap hingga kutu bubuk dapat mengancam kualitas bangku dan meja taman. Atas kondisi ini, tentu kita perlu melindungi kayu outdoor supaya tak diserang hama-hama tersebut.

Proses perlindungan yang diterapkan hendaknya dilakukan sistematis. Dalam artian, perlindungan diaplikasikan pada beberapa tahapan pengolahan kayu dan bukan semata-mata membuat kayu tahan hama, tetapi lebih dari itu. Rincinya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

bangku-taman

Melindungi Kayu Outdoor secara Sistematis

Memilih Kayu yang Baik

Tidak semua kayu bisa digunakan untuk outdoor. Jadi sejak awal, pilihlah kayu yang tahan pada cuaca outdoor.

Mengobati Kayu

Mengobati kayu dimaksudkan agar kayu tidak diserang hama. Caranya dengan meresapkan obat tersebut ke dalam substrat kayu. Obat yang digunakan jelas harus memiliki kemampuan mencegah hama (insektisida). Produk yang kami sarankan ialah BioCide Insecticide.

Menerapkan Finishing yang Tahan Lama

Lapisan cat yang tahan lama dapat menjaga kualitas kayu. Bagaimana tidak? Dengan adanya lapisan cat, berbagai faktor yang sifatnya destruktif tak langsung mengenai kayu.

Meminimalisir Kondisi yang Dapat Merusak Kayu

Kondisi di luar ruangan sudah barang tentu tidak sebaik kondisi dalam ruangan. Namun kita tetap bisa melakukan beberapa usaha kecil agar kondisi yang tak ideal itu setidaknya menjadi lebih baik. Contohnya dengan menggunakan batu-batu taman untuk alas bangku. Sehingga, kelembaban dari tanah tak langsung mengenai bangku taman tersebut.

Melakukan Perawatan Rutin

Langkah terakhir namun tak kalah penting untuk melindungi kayu ialah dengan melakukan perawatan rutin. Proses perawatan dilakukan dengan membersihkan dan mengecek kondisi kayu. Bila terdapat kerusakan seperti mengelupasnya cat dalam jumlah besar, lakukan segera pengecatan ulang. Demikian juga tindak lanjut atas masalah lain yang sekiranya ditemukan.

Beberapa poin dari kelima langkah di atas memang tidak secara spesifik melindungi kayu outdoor dari hama. Akan tetapi secara tidak langsung tetap dapat melindungi kayu dari organisme perusaknya. Contoh penggunaan batu-batuan sebagai alas bangku taman yang bisa menurunkan paparan air pada bangku. Dengan cara ini, kayu menjadi lebih awet sehingga tak mudah dirusak serangga hama.

Leave a Comment