Mengenal 20 Jenis Mata Bor: Dari Countersink hingga Saw Bit (Bagian II)


jenis mata bor

Pada artikel bagian satu, pembahasan mengenai jenis mata bor fokus kepada beberapa jenis saja. Pada artikel bagian kedua ini masih membahas mengenai macam-macam mata bor yang belum dibahas pada artikel di bagian satu.

20 Jenis Mata Bor Bagian II

13. Countersink Bit

Mata bor countersink memiliki bentuk mengerucut dan tajam di bagian ujungnya. Permukaannya tidak polos tapi bertekstur spiral.

Tipe ini cocok digunakan untuk memasukkan skrup. Dan sampai saat ini, countersink bisa dibedakan setidaknya menjadi dua varian untuk spesifikasi yang berbeda.

  • Keunggulan: mudah diatur, terdiri dari 2 varian, bisa digunakan untuk memasang skrup dengan baik
  • Kekurangan: harganya tidak murah, hanya memiliki satu kegunaan saja. Ketika digunakan untuk yang lain cenderung tidak optimal.

14. Self-Centering

Jenis mata bor berikutnya umum disebut self centering dalam Bahasa Inggris. Tipe ini sering digunakan pada kayu dan material sejenis.

  • Kelebihan: ketepatannya baik, bisa diposisikan di bagian tengah lubang, bisa diganti
  • Kekurangan: hanya bisa digunakan untuk satu kebutuhan saja

15. Mata Bor Keramik dan Gelas

Sebagaimana namanya, jenis mata bor ini didesain untuk mengebor bahan proselen, keramik, dan juga gelas (kecuali tipe gelas yang sangat keras).

alterntif text

Mata bor berbentuk heksagonal dan akan menghasilkan lubang yang tingkat presisinya sangat baik. Kecepatan alat ini sendiri termasuk rendah. Kadang memerlukan pendingin seperti kerosene dan air agar mata bor bisa bekerja dengan lebih baik.

Tidak disarankan menggunakan mode palu saat Anda memakai alat ini. Sebab Anda hanya akan merusak material yang sedang dikerjakan.

  • Kelebihan: tingkat presisi yang sangat baik, ujung heksagonal atau diamond, cocok untuk keramik dan gelas, juga bisa digunakan untuk material sejenis seperti granit dan batu alam yang lain
  • Kekurangan: membutuhkan bahan pendingin, sulit digunakan dengan mode palu, hanya optimal dalam kecepatan rendah, tidak bisa digunakan pada gelas yang
    keras.

16. Diamond Tile Bit

Sumber: indiamart.com

Jenis mata bor ini sangat cocok digunakan untuk permukaan yang keras seperti porselen. Anda bisa menggunakannya dengan memutarnya pada derajat 45 untuk kemudian diborkan secara lurus.

Agar bekerja secara optimal seperti tipe sebelumnya, sebaiknya atur agar perputarannya tidak begitu cepat. Selain itu, gunakan juga pendingin seperti air. Jadi material tetap akan dingin dan tidak mengalami abrasi (pengikisan).

  • Kelebihan: cocok untuk keramik dan perselen, ujung dicoating dengan bahan berkualitas
  • Kekurangan: sulit digunakan apalagi bagi para pengrajin pemula, hanya optimal digunakan pada pengaturan kecepatan rendah

17. Mata Bor Special Direct System (SDS)

Jenis mata bor ini sangat ideal digunakan untuk melubangi material yang keras seperti semen dan batu. Kekuatannya tak perlu Anda ragukan lagi dan juga bisa digunakan dengan mode pemaluan.

SDS sendiri berasal dari istilah dalam Bahasa Jerman, yakni Steck, Dreh, Sitzi. Ketiga istilah itu bila diterjemahkan ke Bahasa Inggris menjadi Special, Direct, System. Sehingga alat ini dinamai SDS yang notabene adalah singkatan dari istilah-istilah itu.

Saat ini, terdapat dua jenis SDS bit. Yang pertama SDS Plus dan yang kedua SDS-Max. Keduanya memiliki spesifikasi sendiri-sendiri.

  • Kelebihan: sangat kuat, tahan lama, cocok untuk pengeboran material yang keras
  • Kekurangan: hanya cocok dalam mode palu (hammer mode), hanya optimal digunakan untuk satu fungsi saja

Baca Juga: Mengenal 20 Jenis Mata Bor: Kelebihan dan Kekurangannya

18. Step Drill

Step drill adalah jenis mata bor yang sisinya memiliki bentuk unik. Orang awam akan mengatakan bahwa tipe ini memiliki wujud seperti pohon natal. Namun, terlepas dari bentuknya yang tak biasa, step drill memiliki fungsi yang sangat baik.

Dengan alat ini, Anda bisa membuat lubang berbagai ukuran. Anda juga bisa menggunakannya pada material tipis tanpa takut merusaknya.

Step drill mmiliki kandungan Titanium nitrid pada bagian coatingnya. Hal ini membuatnya tak mudah panas.

  • Kelebihan: bisa digunakan untuk menghasilkan lubang yang bebeda-beda, tercoating dengan Titanium, sangat cocok untuk material yang tipis, bisa membantu memperlebar lubang yang sudah ada.
  • Kekurangan: tidak bisa digunakan untuk keperluan umum, sangat spesifik, agak sulit dicari karena alat ini digunakan para spesialis woodworker.

19. Plug Cutting

Mata bor plug cutter adalah salah satu jenis mata bor yang unik lainnya. Tipe ini sangat ideal bila Anda ingin menyembunyikan skrup agar permukan mebel terlihat mulus.

Tak mengherankan, jenis ini menjadi mata bor yang begitu disukai pembuat mebel khususnya untuk kabinet dan furniture grade tinggi. Selain itu, para pengrajin kayu pun amat menyukai tipe mata bor ini.

Namun, dalam penggunaannya, harus ditetapkan titik tengah yang jelas. Salah posisi bisa membuat hasil kerja Anda justru akan merusak kayu.

  • Kelebihan: diamond coated, sangat ideal digunakan dalam pembuatan kabinet
  • Kekurangan: hanya memiliki satu fungsi spesifik saja, penggunaannya sama sekali tidak mudah, memerlukan titik tengah yang jelas

20. Saw Bit

jenis mata bor saw bit

Mata bor saw bit memiliki ujung serupa mata bor HSS yang biasa. Namun, ada beberapa perubahan di sana-sini termasuk di bagian pinggirnya. Ketika mata bor mengenai material, gerinda abrasifnya akan dengan cepat mengikis material tersebut.

Untuk menggunakan alat ini, penting juga diingat sekiranya Anda ingin melakukan pengeboran di area pinggir. Sebab alat ini agak sulit dikontrol sehingga malah bisa merusak material.

  • Kelebihan: selain mengebor, juga bisa digunakan untuk memotong. Jenis ini pun kuat dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan
  • Kekurangan: sulit diatur, kadang menghasilkan lubang yang tingkat presisinya rendah

Gunakan Jenis Mata Bor Sesuai Kebutuhan

Perlu digaribawahi bahwa tidak ada mata bor yang paling bagus di antara yang lain. Tiap kebutuhan Anda membutuhkan spesifikasi alat yang berbeda.

Oleh karena itu, daripada mencari alat yang terbaik, carilah alat yang paling sesuai dengan Anda. Prinsip ini pun berlaku ketika Anda bermaksud membeli bahan pengawet kayu.

Bila Anda membutuhkan pengawet antiserangga kayu, Anda bisa menggunakan anti serangga kayu seperti BioCide Insecticide yang diformulasikan khusus untuk mencegah serangga menyerang kayu Anda.

Untuk mendapatkan produk BioCide Insecticide, Anda dapat menghubungi kontak yang ada di website ini. Atau Anda dapat mengunjungi marketplace kami.

Mengenal 20 Jenis Mata Bor: Dari Countersink hingga Saw Bit (Bagian II)

Leave a Reply