3 Tips Menggunakan Mesin Bor untuk Woodworking

Mesin bor seperti dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, adalah alat yang dipakai untuk membuat lubang. Secara spesifik, lubang yang dimaksud bisa merupakan lubang untuk hiasan ataupun lubang untuk memasang skrup.

Dalam pembuatan furnitur dan untuk bekerja dalam bidang konstruksi, pengetahuan mengenai alat ini seharusnya dikuasai. Para pekerja, terutama pasti menggunakannya untuk berbagai aktivitas. Misalnya saja untuk membuat kabinet atau untuk memasang rangka atap.

Alat ini juga diperlukan dalam industri craft (kerajinan). Pada industri tersebut, mesin bor digunakan untuk menyambungkan komponen atau memasang natural fiber sebagai tali ataupun hiasan.

Tips Menggunakan Mesin Bor

1. Kenali Jenisnya

mesin bor

Mesin bor bisa dibedakan menurut banyak tipe. Ada yang punya struktur kompleks hingga yang lebih sederhana seperti hand drilling.

Selain itu, mesin ini juga bisa dibedakan menurut penggunaannya. Silahkan baca artikel kami tentang Mesin Bor dan Jenis-jenisnya untuk informasi lebih lanjut. Di artikel tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai tipe mesin bor untuk keperluan yang berlainan.

Sebagai contoh, Anda hendak melakukan pengeboran produk craft. Anda tentu tak membutuhkan alat yang mahal dengan spesifikasi tinggi. Jadi, daripada mengeluarkan uang untuk membeli alat canggih yang tak berguna, lebih baik beli tipe yang sederhana dan lebih terjangkau dan  sesuai fungsi yang Anda butuhkan.

2. Kenali Tipe Mata Bornya

tips menggunakan bor
Sumber: homestratosphere.com

Selain memilih jenis mesin bor secara umum, pengetahuan akan jenis mata bor juga sangat perlu diketahui. Pasalnya, fungsi utama mesin ditopang di bagian bit atau mata bor.

Baca Juga: Jenis-jenis Mata Bor

Pada dasarnya, mata bor bisa dibedakan menurut bahan coating-nya, bahan pembuatnya, ukurannya, hingga bentuknya.

Contoh, bila Anda tak suka dengan mesin yang mudah panas, belilah mata bor dengan pelapis Titanium nitride. Coating titanium nitride terbukti bisa mencegah abrasi yang diakibatkan mesin yang mudah panas.

Ukuran dan tipe lubang yang ingin dibuat hendaknya juga dipertimbangkan. Misalnya, Anda ingin memasang skrup yang tidak tampak dari luar. Anda bisa mempertimbangkan penggunaan mata bor plug cutting. Jenis ini memiliki bentuk yang sangat unik sehingga bisa membantu menyamarkan keberadaan skrup.

3. Tips Menggunakan Bor selama Aplikasi

Dua tips di atas pada dasarnya mengajarkan pada Anda mengenai cara memilih alat yang tepat. Untuk teknis penggunaan serta perawatannya, Anda bisa silahkan simak beberapa poin di bawah ini.

  1. Gunakan center punch, tandai di mana Anda ingin mengebor. Dengan trik sederhana ini, mata bor tidak akan “menyasar” bagian lain.
  2. Tiap material memiliki karakteristik yang berbeda. Kecepatan mata bor perlu disesuaikan dengan hal itu. Semakin keras permukaan sebuah kayu, butuh kecepatan mata bor yang lebih lambat. Jangan terbalik, ya!
  3. Saat mengebor, Anda perlu memberikan tekanan tertentu. Jangan berlebihan menekan tapi juga jangan sampai tekanan lebih lemah dari yang dibutuhkan. Cari titik imbang di mana bor bisa bekerja dengan efektif atas tekanan yang Anda berikan.
  4. Usahakan untuk selalu menyimpan alat di area yang bersih dan kering. Hindarkan dari ruangan atau kotak lembab yang bisa menyebabkan mata bor berkarat.
  5. Pahami kapan Anda menggunakan palu dan kapan tidak semestinya menggunakan palu. Pasalnya, beberapa jenis mesin bor justru bisa rusak (tumpul) ketika kita menerapkan hammer mode.
  6. Bila mata bor Anda mudah panas (tipe tertentu seperti yang tidak menggunakan coating pendingin), maka sediakanlah air dingin. Dengan air dingin, abrasi atau pengikisan mata bor akibat suhu tinggi bisa dihindari.
  7. Pastikan mata bor terpasang dengan baik. Apalagi bila Anda memakai mesin dengan mata bor yang ukurannya tergolong besar.
  8. Berikan tekanan pada mesin tegak lurus searah. Anda boleh menekan ke bawah atau mengangkat ke atas. Jangan mengebor secara menyamping karena hasilnya tidak akan baik.
  9. Pastikan mata bor terletak di tengah area yang hendak dibor.
  10. Ketika Anda hendak mengebor bahan logam, sediakanlah cairan tertentu seperti air. Aplikasikan dulu sebelum bekerja.
  11. Jangan sampai mata bor berputar secara terbalik. Anda mungkin suka coba-coba namun hal ini bisa benar-benar merusak mesin Anda.
  12. Bersihkan secara rutin mata bor Anda. Hilangkan semua kotoran yang menyangkut. Pasalnya, selain dapat memicu karat, kotoran yang menyangkut bisa mengakibatkan overheating yang dapat merusak alat dalam jangka pendek.

Demikian beberapa tips menggunakan bor dengan tepat dan benar.
Sebagai woodworker, entah pemula atau profesional, kita harus memastikan bahwa kita memilih jenis yang tepat, mata bor yang cocok, hingga mengaplikasikannya dengan baik. Dengan cara ini, hasil drilling pasti akan lebih baik dan presisi.

Bila Anda woodworker pemula, hal seperti ini mungkin terkesan merepotkan dan bahkan tidak penting. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Anda akan hafal hal-hal yang mesti dilakukan dan yang harus dihindari. Anda hanya perlu terbiasa dengan

Selain penggunaan mata bor yang harus sesuai peruntukkannya, Anda juga harus menggunakan pengawet kayu yang tepat agar kayu Anda aman selama berada di area log atau sebelum dibentuk menjadi furnitur atau kerajinan kayu lainnya.

Anda bisa menggunakan Biocide Insecticide yang sangat eektif dan efisien mencegah kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, teter, dan serangga yang merusak kayu lainnya. Anda bisa memesan produk Biocide melalui kontak di website ini. Atau melalui tautan marketplace di bawah ini.

Leave a Comment