Mengenal Anti Semut, Manfaat, dan Produk Paling Tepat Digunakan

0
226
hama semut (2)

Apa itu anti semut? Bagaimana obat ini digunakan dan bagaimana efeknya pada kesehatan? Di artikel ini, antiserangga akan mengupas mengenai produk antisida atau antisemut.

Pengertian

Terdapat sangat banyak produk insektisida atau antiserangga di pasaran. Hal ini disebabkan karena banyak kelompok hama yang merupakan golongan serangga. Salah satu insektisida yang terkenal dan banyak dibutuhkan orang adalah antisida atau anti semut.

Pengertian produk ini sederhana saja. Antisida adalah produk yang sengaja didesain sedemikian rupa untuk:

  1. Membasmi hama semut baik itu semut merah, semut api, semut hitam, dan lain sebagainya
  2. Mencegah produk diserang semut terutama dalam treatment pengawetan (dibahas di bagian bawah artikel ini)

Siapa yang Membutuhkannya?

Sebagaimana disebut di atas, berbagai pihak bisa sangat membutuhkan bahan ini. Mereka yang sering membelinya antara lain:

  1. Pelaku usaha di bidang restauran, hotel, kafe, hingga resort.
  2. Pihak pengelola berbagai gedung, termasuk gedung akademik seperti sekolah dan juga universitas serta arsip negara
  3. Pengelola gudang mulai dari gudang makanan sampai pakaian
  4. Pengelola stadion seperti stadion bulu tangkis, basket, dan futsal.
  5. Kebutuhan rumah tangga khususnya bagi mereka yang rumahnya terserang hama semut

Singkat kata, hampir semua pihak bisa mencari produk ini. Mereka bisa saja ibu rumah tangga, pengelola gudang, hingga pegawai pemerintah yang bertugas menjaga gedung arsip. Kebutuhan akan produk ini lebih dipengaruhi oleh serangan hama semut. Biasanya ada daerah-daerah tertentu di mana semut bisa benar-benar menjadi hama serius. Misalnya saja di bangunan bekas rawa, bangunan dekat dengan pembuangan sampah, dan sejenisnya.

https://www.antiserangga.com/wp-admin/post-new.php

Harga Anti Semut

Produk antisida dibanderol dengan harga yang sangat beragam. Dari survey yang kami lakukan, umumnya produk ini dijual mulai harga mulai dari belasan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Yang memengaruhi antara lain kemasan produk, merk, sampai efektivitas dan guna produk terkait.

Contoh Produk

BIOCIDE INSECTICIDE

Di pasaran, terdapat sangat produk insektisida yang bisa digunakan sebagai anti semut. Namun dari berbagai produk tersebut, insektisida yang kami sarankan adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide sesungguhnya bukan ekslusif produk antisida atau pembasmi semut. Lebih dari itu, produk ini juga bisa dipakai sebagai anti rayap hingga anti totor. Penggunaannya pun sangat multifungsi dan bisa Anda pakai untuk kebutuhan yang berlainan. Bagi Anda yang bergerak di industri mebel dan konstruksi, BioCide Insecticide juga bisa selalu Anda andalkan. Apalagi produk ini sangat hemat dan secara umum lebih aman dan hemat. Sebab produk ini menggunakan pelarut air yang tentunya dari segi safety lebih unggul dibanding insektisida solvent based.

Yang tak kalah menarik, produk ini menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Keunggulan antisida berbahan cypermethrin sendiri banyak. Salah satunya adalah sifatnya yang efektif membasmi semut, namun secara umum lebih aman untuk lingkungan. Cypermethrin tergolong bahan yang mudah didegradasi atau diuraikan ketika sudah digunakan dan terserap ke tanah.

Selain itu, produk dengan bahan dasar cypermethrin ini juga lebih aman dan murah dalam aplikasinya. Ditambah dengan penggunaan air sebagaimana disebut di atas. Biasanya, banyak produk antisida yang memanfaatkan pelarut solvent atau minyak. Penggunaan pelarut solvent selain kurang aman, juga cenderung boros karena Anda harus membeli solvent tersebut sendiri.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Penggunaan produk ini bisa dilakukan dengan beragam cara tergantung produknya. Sebagai contoh, untuk produk antisida yang wujudnya serbuk, tentu Anda harus mengaplikasikan dengan menaburkannyaa. Namun bila wujudnya cairan, Anda bisa menyemprot hingga menuangkannya. Saran kami, lihatlah rekomendasi metode yang ditulis di kemasan produk tersebut. Jangan menggunakan metode penggunaan anti semut yang tidak direkomendasikan, sebab justru bisa membahayakan diri Anda sendiri.

Untuk Industri Pengolahan Kayu

Tahukah Anda bahwa produk antisida juga bisa digunakan sebagai produk pengawet. Ya, antisida spektrum luas seperti BioCide yang juga bisa dipakai untuk membasmi rayap dan totor, pun dapat dipakai untuk obat pengawet kayu. Sebagai obat pengawet kayu, cara aplikasinya bisa dilakukan dengan:

  1. Pengkuasan, yakni menguaskan larutan BioCide Insecticide pada kayu yang akan diawetkan
  2. Pencelupan, yakni mencelupkan kayu ke dalam larutan BioCide Insecticide
  3. Perendaman, yakni merendamkan kayu ke dalam larutan BioCide Insecticide
  4. Metode vakum tekan, yang dilakukan dengan bantuan alat khusus di mana peresapan insektisida dilakukan dalam tekanan hingga suhu yang terukur

Dengan cara-cara di atas, kayu akan menjadi tahan semut. Kayu menjadi toksik bagi semut dan serangga tersebut akan menghindarinya. Kelak, ketika kayu tersebut dipakai sebagai bahan mebel atau konstruksi, maka mebel dan konstruksi tersebut akan bebas semut.

hama semut (4)

Apa Saja Efeknya untuk Kesehatan?

Produk anti semut merupakan produk kimia yang ditujukan untuk membasmi organisme tertentu. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa produk ini pasti toksik atau beracun. Konsumsi langsung atau paparan pada makanan yang kita makan jelas tak boleh dilakukan. Akan tetapi, derajat toksisitas produk ini pada manusia bisa berbeda-beda.

Sebagai contoh, bila kita lihat dari pelarutnya ada produk insektisida yang menggunakan pelarut air dan solvent (minyak atau thinner). Pada produk solvent based, sumber toksisitas tak hanya zat aktif pada produk itu saja. Sumber toksisitas juga bisa berasal dari uap solvent sebagai pelarut produk tersebut. Degan kata lain, pada umumnya produk water based bisa dianggap lebih aman untuk manusia dibanding solvent based. Namun toksisitas pada semutnya sendiri bisa jadi lebih unggul produk water based dibanding solvent based (tergantung zat aktifnya apa).

Yang jelas saat membeli produk ini, pertimbangkanlah masalah keamanan produk pada manusia.

Kesimpulan

Ada sangat banyak jenis insektisida. Sebab, hama serangga di lapangan berjumlah amat banyak. Salah satu produk insektisida yang dicari berbagai kalangan mulai dari kalangan rumah tangga, industri konstruksi, sampai mebel adalah anti semut. Sebagaimana namanya produk ini didesain secara khusus untuk membasmi dan meningkatkan resistensi produk pada semut. Pada industri pengolahan kayu, misalnya, produk antisida bisa diresapkan ke dalam kayu sehingga kayu tersebut menjadi beracun dan tidak akan dimakan oleh semut.

Harga produk ini sendiri beragam, pun demikian dengan efektivitas kerjanya. Toksisitas produk ini pada manusia juga harus kita pertimbangkan saat akan membeli produk tersebut. Dari berbagai produk antisida di pasaran sendiri, produk yang kami sarankan adalah BioCide Insecticide. Insektisida tersebut tak hanya bisa bekerja sebagai antisemut semata. Produk ini juga bisa digunakan sebagai termisida, anti kumbang bubuk atau totor, anti bugs atau kutu kayu, dan lain sebagainya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

SHARE

Leave a Reply