Mengenal Cypermethrin, Bahan Utama BioCide Insecticide

0
519
BIOCIDE INSECTICIDE

Apa itu cypermethrin? Bahan aktif tersebut ternyata memiliki peran yang sangat penting untuk treatment pengawetan berbagai produk. Tak heran, cypermethrin adalah formula pokok yang digunakan BioCide Insecticide, insektisida andalan kita.

Pengertian

Cypermethrin adalah senyawa kimia sintetis pyrethroid yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan pembuatan insektisida. Cara kerja bahan ini adalah dengan meracuni sistem saraf organisme target yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian pada organisme yang dikenainya tersebut. Dengan kata lain, bahan ini merupakan zat aktif insektisida bertipe neurotoxin (racun syaraf). Bahan ini bisa bertahan dalam waktu lama, namun dalam lingkungan yang terpapar air hingga sinar matahari, efektivitasnya hanya bertahan selama beberapa minggu saja.

Sifat ini membuat cypermethrin menjadi pilihan bahan pengawet dan pengendalian hama yang bagus. Di satu sisi, ia sangat toksik dan bisa bertahan lama dalam substrat kayu yang dilapisi finishing (sehingga tidak terekspos air hingga cahaya matahari), namun di sisi lain, sifatnya degradable atau mudah diuraikan di alam. Bahan ini menjadi pilihan tengah penerapan insektisida yang efektif namun tidak menyebabkan kerusakan besar seperti yang biasa diakibatkan insektisida jenis lainnya.

Penggunaan atau Fungsi

Cypermethrin adalah bahan yang banyak digunakan untuk berbagai produk, terutama untuk insektisida. Bahan ini bisa dipakai untuk insektisida pengawetan kayu, insektisida untuk kebutuhan pertanian, hingga insektisida untuk kebutuhan pengendalian hama pada bangunan.

Efek pada Manusia

Tak ada insektisida yang tidak menyebabkan keracunan pada manusia. Demikian pula bahan ini. Cypermethrin adalah bahan yang bisa menyebabkan iritas pada kulit, pusing-pusing, dan gangguan lainnya yang lebih berbahaya. Berikut yang tidak digunakan untuk bahan aktif insektisida adalah Metil Bromida, Aluminium Fosfit, Magnesium Fosfit, Kalsium Sianida.   Namun dibanding bahan aktif insektisida lainnya, bahan ini secara umum lebih aman digunakan. Tingkat toksisitasnya ada pada level “moderate” atau pertengahan. Yang terpenting adalah pemakaian insektisida tersebut dengan cara yang baik dan tidak berlebihan. Dengan demikian, usaha untuk pengendalian hama bisa diterapkan tanpa menyebabkan kerugian besar terhadap kelestarian alam.

Kekurangan dan Kelebihan sebagai Bahan Insektisida

Sebagai bahan yang kerap dipakai untuk formula dasar insektisida, cypermethrin adalah bahan yang memiliki kelebihan sehingga banyak diandalkan untuk bahan aktif berbagai produk anti hama. Berikut ini keunggulan bahan tersebut.

Kelebihan

  1. Mudah didegradasi atau diuraikan. Salah satu keunggulan utama insektisida yang memanfaatkan bahan aktif ini adalah sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Hal ini disebabkan karena cypermethrin secara kimiawi memang lebih mudah diuraikan.
  2. Efektif. Bahan ini mampu bekerja dengan sangat efektif sebagai pengawet berbagai produk alam, terutama kayu, bambu, dan serat alam. Cypermethrin adalah bahan yang mudah bekerja dalam material tersebut sehingga bisa melindunginya dari ancaman berbagai hama.
  3. Stabil. Bahan ini stabil pada produk yang diawetkannya (seperti kayu, bambu, hingga serat alam). Kestabilan ini akan membuat insektisida berbasis cypermethrin menjadi mampu melindungi media dalam waktu yang lebih tahan lama.
  4. Spektrum organisme target yang luas. Bahan ini memiliki toksisitas yang tinggi pada berbagai jenis hama, mulai dari rayap, kecoa, kumbang bubuk, dan berbagai hama lain sejenisnya.
  5. Efisien. Bahan aktif ini sangat efisien digunakan. Karena tingkat toksisitasnya yang tinggi, biasanya kita cukup mengambil sedikit bahan ini, melarutkannya di air, lalu menggunakannya untuk mengendalikan hama. Dengan demikian, bahan ini tak akan cepat habis.
  6. Toksisitas pada organisme non target rendah. Bahan ini relatif lebih aman dibanding bahan lainnya karena toksisitas pada organisme non target yang memang lebih rendah. Pada manusia, tingkat toksisitasnya ada pada level moderat, seperti telah dijelaskan di atas.
rayap

Produk Berbasis Cypermethrin: BioCide Insecticide

Produk insektisida dengan bahan aktif cypermethrin adalah salah satu produk insektisida yang dikenal berkualitas di masyarakat. Salah satu contoh produk tersebut adalah BioCide Insecticide. Insektisida ini diformulasikan khusus untuk treatment anti serangga pada bangunan, kayu, hingga aneka produk kerajinan. Insektisida ini memiliki berbagai keunggulan yang dimiliki bahan aktif cypermethrin secara umum. Salah satunya adalah sifatnya yang memiliki toksisitas tinggi pada rayap, kumbang bubuk, dan serangga sejenisnya, namun mudah diuraikan di alam. Namun tentu saja, produk ini juga secara khusus didesain oleh manufakturnya yang membuatnya berbeda dari insektisida berbasis cypermethrin yang lain. BioCide Insecticide hadir dengan berbagai keunggulan karena dibuat dalam proses yang memanfaatkan teknologi modern dan riset-riset terbarukan.

furniture

Secara umum, berikut ini berbagai keunggulan BioCide Insecticide.

  1. Target organisme sasaran yang luas. Target organisme meliputi berbagai jenis rayap, kumbang bubuk, bugs atau kutu-kutu hama, semut, kecoa, dan berbagai jenis serangga hama yang lain.
  2. Pada manusia dan organisme non target, insektisida ini lebih aman digunakan dibanding insektisida lainnya.
  3. Mampu meresap dalam kayu dan stabil di dalamnya. Hal ini akan membuat kayu lebih terlindung dari berbagai hama. Sebab hama-hama seperti rayap akan enggan memakan kayu yang telah ditreatment dengan BioCide Insecticide.
  4. Lebih degradable atau mudah diuraikan di alam. Sebagaimana diterangkan di atas, bahan utama insektisida ini, cypermethrin adalah bahan yang lebih degradable. Karenanya, sifat insektisida ini pun secara umum jauh lebih aman digunakan.
  5. Tidak menyebabkan korosi pada logam.
  6. Mudah digunakan dalam berbagai metode treatment baik itu pengkuasan, perendaman, sampai vakum tekan.
  7. Bisa digunakan untuk kayu, bambu, aneka serat alam, dan juga untuk pengendalian hama pada bangunan.
  8. Kemasan yang hemat dan harga yang jauh lebih terjangkau.

BioCide Insecticide juga sudah tersedia di antiserangga.com. Anda bisa membelinya langsung via online di antiserangga.com dengan cara menghubungi Customer Service kami.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas, bisa disimpulkan bahwa cypermethrin adalah salah satu bahan atau formula pokok yang biasa digunakan pada berbagai produk anti hama. Bahan ini memiliki berbagai kelebihan sebagaimana juga kekurangannya. Namun secara umum, bahan ini cocok digunakan sebagai zat aktif untuk insektisida yang cara kerjanya kuat dan lebih mudah diuraikan di alam. Toksisitasnya pun ada pada level moderate yang akan bisa diatasi bila kita menggunakannya dengan cara yang tepat dan mengutamakan keselamatan diri. Salah satu contoh produk insektisida berbasis cypermethrin di Indonesia bisa Anda lihat pada BioCide Insecticide. Insektisida yang biasa digunakan untuk perlakuan pengawetan kayu hingga pengendalian hama pada bangunan tersebut memiliki berbagai kelebihan karena formula dasarnya tersebut. Insektisida ini juga bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah dalam kemasan produk yang bisa digunakan untuk pengawetan lebih banyak kayu dan bangunan.

Demikian artikel mengenai cypermethrin. Pada akhirnya bahasan mengenai cypermethrin adalah bahasan yang juga akan menyadarkan kita akan perlunya usaha pengendalian hama yang lebih ramah lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat! Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply