Mengenal Kayu Gergajian dan Cara Memotongnya

0
64
kayu gergajian

Berdasarkan pemrosesannya, kayu bisa dibagi menjadi dua, yakni kayu gelondongan dan kayu gergajian. Di artikel kali ini, tim antiserangga.com akan mengupas tuntas mengenai sawn timber dan cara-cara pemotongan yang biasanya diaplikasikan.

Pengertian Kayu Gergajian

Secara umum, sawn timber atau kayu gergajian bisa diartikan sebagai potongan dari kayu gelondongan. Biasanya, kayu gelondongan dipotong dalam bentuk dan ukuran yang beragam.

Kenapa kayu gelondongan atau log harus dipotong? Sebelumnya, perlu dipahami dulu bahwa tidak semua kayu gelondongan akan dipotong. Pada kebutuhan yang sangat spesifik, produsen kayu sengaja menjual kayu dalam bentuk log karena beberapa konsumen membutuhkan kebutuhan kayunya dalam bentuk tersebut. Misalnya untuk pilar bangunan yang megah dan pembuatan furniture antik. Namun pada umumnya, log memang akan dipotong karena kayu dalam bentuk alaminya ini (silinder) jauh lebih sulit ditransportasikan maupun diolah.

Pola Pemotongan Kayu Gergajian

shrinkage  kayu gergajian

Kayu yang berbentuk bulat bisa dipotong dengan beragam cara. Cara-cara pemotongan ini akan memengaruhi karakteristik sawn timber yang dihasilkan, begitu juga dengan pola pemotongan yang diaplikasikan. Sampai hari ini, umumnya terdapat 3 pola pemotongan kayu sawn timber dari quarter sawn sampai radial sawn.

Quarter Sawn Timber

Kelebihan:

  1. Pola kayu yang paling baik akan tampak di permukaan potongan
  2. Cocok diterapkan untuk kayu yang nantinya dipakai untuk lantai dan furniture
  3. Kembang susut dari sisi lebarnya rendah

Kekurangan

  1. Proses pengeringan lebih lama
  2. Lebih mudah retak di bagian permukaan

Back Sawn Timber

Kelebihan

  1. Kayu secara umum lebih mudah dikeringkan
  2. Bagian permukaan yang tampak menarik
  3. Tidak mudah retak
  4. Memungkinkan pemotongan kayu lebih lebar
  5. Jumlah knot atau mata kayu di bagian pinggir potongan

Kekurangan

  1. Kembang susut lebih tinggi selama kayu dikeringkan
  2. Lebih sulit diperbaiki ketika terjadi kerusakan

Radial Sawn Timber

Kelebihan

  1. Stabilitas dimensional yang lebih tinggi
  2. Tidak mudah mengalami pengerutan

Kekurangan

  1. Lebih sulit diolah secara detil

Selain berdasarkan pola pemotongannya, kayu gergajian juga bisa dibedakan menurut aplikasi treatmentnya. Dalam proses seasoning, kayu bisa dibedakan menjadi:

  1. Unseasoned timber. Kayu yang unseasoned artinya kayu tersebut memiliki kelembaban yang tinggi (MC atau Moisture Content). Biasanya unseasoned atau kayu sawn yang belum dikeringkan memiliki MC di atas 15% dan sering disebut seabagai kayu hijau.
  2. Seasoned timber. Seasoned timber memiliki MC dari 10 hingga 15%. Kayu yang seasoned artinya kayu tersebut sudah dikeringkan.

Jangan Lupa Awetkan Kayu Anda!

Baik sebagai produsen kayu atau sebagai pengguna produk kayu, jangan lupa untuk selalu mengawetkan kayu Anda. Di beberapa negara dan beberapa perusahaan dalam negeri, telah diaplikasikan treatment pengawetan sebelum kayu gergajian dijual di pasaran. Sayangnya, tak semua pihak menerapkan treatment pengawetan yang baik. Padahal, selama proses penjualan hingga transport-nya, kayu bis rusak terkena berbagai jenis hama mulai dari rayap, kumbang bubuk (teter atau totor), kutu, dan lain sebagainya.

Treatment pengawetan sendiri sangat mudah dilakukan. Untuk produsen kayu, metode yang baik bisa dilakukan dengan metode vakum tekan atau perendaman. Sedangkan bagi pengguna produk kayu, untuk alasan kepraktisan, bisa diaplikasikan metode penguasan. Intinya adalah bagaimana meresapkan obat pengawet yang bersifat antihama ke dalam kayu.

BIOCIDE INSECTICIDE

Nah, di antiserangga.com, kami menyediakan pengawet kayu gergajian paling bagus, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide berbahan aktif cypermethrin 100 EC dan menggunakan pelarut air. Insektisida ini:

  1. Tidak membuat kayu jadi sulit dicat seperti pada solvent pesticide
  2. Mudah digunakan
  3. Lebih tahan lama dengan retensi dan penetrasi sangat baik
  4. Tidak menyebabkan karat
  5. Lebih aman dan ramah lingkungan
  6. Lebih hemat
  7. Lebih murah harganya dibanding kualitas yang ditawarkan

Begini Prosedur Pembelian BioCide Insecticide

Membeli di BioCide Insecticide dapat dilakukan dari antiserangga.com secara langsung atau via marketplace. Untuk pembelian di marketplace, Anda tinggal mengikuti prosedur tiap marketplace tersebut. Sedangkan untuk pembelian di antiserangga.com, berikut ini tahapannya.

  1. Pertama, hubungi dulu Customer Service kami. Kontak CS kami tersedia di website ini.
  2. Sebutkan data pengiriman yang dibutuhkan berupa nama Anda sebagai pemesan, produk yang dipesan, jumlah produk yang dipesan, dan alamat pengiriman. Diskusikan juga mengenai kurir pengiriman yang hendak digunakan.
  3. Setelah itu, CS akan memberikan gambaran proses pengirimannya kepada Anda. CS juga akan menjelaskan prakiraan lama pengiriman dan estimasi biaya total meliputi harga produk dan ongkos kirim.
  4. Lakukan pembayaran sesuai dengan keterangan yang disebutkan oleh Customer Service kami.
  5. Kirimkan bukti pembayaran tersebut kepada kami.
  6. Tunggu pesanan Anda diproses setelah bukti tersebut diverifikasi oleh CS kami.
  7. Setelahnya, pesanan Anda akan kami kirim ke kurir yang disepakati, dan Anda akan mendapatkan nomor resi. Selama proses pengiriman ini, kami akan membantu Anda agar produk benar-benar sampai di alamat tujuan.

Pembelian secara langsung juga masih bisa dilakukan lho. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa bertandang ke Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara.

Silahkan pilih cara pembelian yang Anda kehendaki. Di manapun Anda memilih dan apapun caranya, Anda tetap akan mendapatkan BioCide Insecticide dalam kualitas yang paling baik.

Layanan Bebas Konsultasi untuk Anda

Membeli BioCide Insecticide juga memberikan keuntungan yang tak akan Anda dapatkan pada produk lainnya. Dengan membeli produk ini, Anda bisa menikmati layanan konsultasi dengan CS kami yang sangat akomodatif akan kebutuhan Anda. Kami juga akan selalu membantu Anda mengatasi persoalan terkait aplikasi produk ini. Kami menyadari bahwa usaha pengawetan masih belum merata diterapkan pada semua pelaku usaha, dan banyak pelaku usaha (terutama pelaku usaha kecil) yang awam dengan treatment pengawetan yang baik. Komitmen kami ini didorong oleh keinginan kami melihat industri furniture Indonesia yang lebih modern sehingga bisa bersaing di tengah tantangan pasar yang kian mengglobal.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan mengenai topik kayu gergajian ini. Ringkasnya, kayu gergajian atau sawn timber bisa diartikan sebagai kayu yang dipotong dari kayu log atau gelondongan. Pemotongan ini bertujuan untuk mendapatkan kepraktisan selama proses kirim atau transportasi. Namun pada beberapa kasus, kayu log sama sekali tidak dipotong, misalnya untuk pembuatan furniture mewah yang antik.

Setelah dipotong, sawn timber membutuhkan treatment pengawetan. Treatment bertujuan supaya kayu tidak mudah rusak dan busuk terkena serangan berbagai jenis hama. Dan untuk kebutuhan ini, kami di antiserangga.com sudah sedia produk insektisida terbaik BioCide Insecticide. Insektisida BioCide akan membuat kayu menjadi tahan terhadap rayap, teter, dan lain sebagainya dengan biaya treatment yang lebih murah tapi tetap aman dan juga berkualitas tinggi.

Semoga informasi yang kami sajikan di atas itu memberikan manfaat untuk Anda, ya!

SHARE

Leave a Reply