Mengenal Kutu Busuk dan Dampak yang Diakibatkannya

0
70
kutu busuk

Apa itu kutu busuk? Dan bagaimana cara mengatasinya? Antiserangga.com akan membahas mengenai serangga parasit ini khusus untuk Anda! Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Kutu Busuk?

Dalam Bahasa Jawa ia sering disebut tinggi. Namanya dalam Bahasa Indonesia sendiri adalah Kutu Busuk. Dalam istilah yang lain, ia juga sering disebut dengan nama tumila atau kepinding. Yang jelas, serangga ini adalah serangga dari family Cimicidae yang sangat terkenal karena sifatnya parasit bagi manusia.
Kutu busuk adalah spesies yang untuk hidup membutuhkan darah dari hewan lain. Manusia tergolong hewan yang darahnya disukai serangga ini. Ia bukan kecoa yang tertarik dengan kotoran, sehingga membersihkan rumah dari kotoran tak akan serta merta membuat serangga ini pergi. Kutu busuk bisa saja hidup di ranjang Anda yang bersih. Ia akan beranak pinak dan menghisap darah Anda di malam hari. Karena sifatnya inilah, ia menjadi musuh banyak orang. Berbagai efek bisa terjadi, bahkan efek psikologi yang diakibatkan oleh gigitan dan ketidaknyamanan gara-gara kehadiran serangga ini.

Klasifikasi Ilmiah

Berikut ini klasifikasi ilmiah kutu busuk. Seperti yang bisa Anda lihat, kategori serangga ini berada di level taksonomik paling spesifik di tingkat family. Ini artinya, ada banyak spesies tinggi yang dijadikan satu kategori.

Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Hemiptera
Famili: Cimicidae

Perilaku

CS Anti Serangga

Sebagai serangga yang sifatnya parasit pada manusia, kutu busuk memang harus memanfaatkan darah manusia untuk hidup. Dari kecil (pasca menetas sampai dewasa), serangga ini butuh darah agar bisa terus hidup. Jadi, dia berbeda dengan serangga lain yang sifatnya parasist tapi temporer. Misalnya, hanya membutuhkan darah manusia untuk berkembang biak saja sedangkan di masa hidup yang lain, mencari bahan makanan yang bukan darah manusia.
Perkembanbiakan Kepinding
Tinggi atau kepinding mampu berkembang biak dengan cepat. Ia mampu menghasilkan telur berjumlah 3 sampai 4 untuk setiap harinya. Bila ditotal, jumlah telur yang bisa dihasilkan betina sanggup mencapai 200 butir sendiri.

akibat tinggi

Apa Saja Efek Kutu Ini?

  1. Seperti diterangkan di atas, serangga ini hidup dengan menghisap darah manusia. Jadi sudah pasti akan menimbulkan luka sekaligus ketidaknyamanan. Biasanya akan muncul ruam bekas dari gigitan serangga ini. Dalam jumlah banyak, hal tersebut jelas sangat mengganggu kesehatan.
  2. Efek psikologis. Kenyamanan Anda saat tidur akan berkurang, dan bukan tak mungkin menyebabkan kemarahan, kekesalan, dan berbagai perasaan negatif lainnya.
  3. Insomnia atau sulit tidur karena sengatan-sengatan hewan kepinding ini.
  4. Menyebabkan bau tidak sedap di ranjang dan tempat di mana serangga itu hidup
  5. Menyebabkan gangguan kesehatan alergi bagi beberapa orang

Pada akhirnya, berbagai efek di atas juga bisa berimbas pada berbagai hal dalam hidup kita. Pekerjaan kita di kantor atau kuliah kita di kampus bisa saja terganggu karena masalah si tinggi ini.

Di Mana Serangga Ini Paling Banyak Ditemukan?

Kutu busuk bisa ditemukan di segala tempat yang dekat dengan manusia, terutama di tempat tidur. Namun seringkali serangga ini ditemukan di fasilitas yang bisa digunakan publik. Misalnya saja di kursi bus, kereta api, hotel, dan berbagai tempat penginapan yang lain. Pada tahun 1970an, bahkan negara kita pernah mengalami masalah parah akan serangga ini, di mana bertbagai tempat publik tersebut banyak dijadikan habitat kepindng. Yang perlu dipahami, hewan ini tidak punya ketertarikan pada kotoran. Ia hidup dengan menjadi parasit pada manusia. Karenanya, ranjang yang bersih bukan jaminan bahwa kepinding tidak ada.

tinggi

Kok Bisa di Rumah Muncul Kutu Busuk?

Anda mungkin heran ketika mendapati tempat tidur Anda di rumah tiba-tiba ditinggali serangga ini. Kemungkinan ada dua hal yang menjadi penyebabnya:

  1. Anda baru saja ke hotel atau naik bus yang tempat tidur atau kursinya ditinggali serangga ini. Kepinding bisa saja terikut di pakaian Anda lalu berkembang biak ketika Anda sampai rumah dan tidur dengan pakaian tersebut di ranjang.
  2. Ada tamu di rumah Anda yang pakaiannya dihinggapi oleh serangga parasit ini.

Apa yang Mesti Dilakukan?

Mencermati kehadirannya yang sangat merugikan, kehadiran kepinding atau kutu busuk jelas perlu diantisipasi. Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Tinggi merupakan serangga yang penularannya sering terjadi saat kita kontak dengan barang dari orang lain yang memang sudah menjadi tempat hidup hama tersebut. Tinggi tidak tertarik dengan kotoran sehingga sebersih apapun suatu tempat, bukan berarti tinggi tidak ada di tempat tersebut. Karenanya, bila Anda baru saja dari hotel, bus, dan lainnya, Anda harus memastikan bahwa bawaan Anda dibersihkan sebelum dimasukkan almari atau digunakan lagi di rumah.
  2. Bila kepinding sudah ditemukan di tempat tidur Anda, lakukanlah pembersihan atas kutu tersebut. Bawa kasur Anda keluar dan bersihkan. Sprey dan lainnya harus dicuci dengan bersih.
  3. Bila infeksinya terlalu tinggi, atau Anda menjalankan usaha yang dirugikan hama ini, jangan segan menggunakan jasa pest control. Jangan sampai usaha Anda (misalnya hotel dan penginapan lainnya) mendapat reputasi buruk gara-gara kehadiran serangga super kecil ini.

Simpulan

Kutu busuk merupakan salah satu serangga yang hidupnya parasit pada manusia. Serangga ini memang berbeda dengan kutu rambut yang secara langsung hidup di kepala manusia. Akan tetapi, kehadirannya tetap bisa memberikan banyak kerugian. Secara umum, serangga ini kerap ditemukan di ranjang yang digunakan manusia. Ia akan tinggal dan beranak sambil menghisap darah manusia terutama kala malam hari (saat aktivitasnya meningkat). Berbagai tempat sangat rentan terhadap serangga ini, apalagi tempat-tempat umum mulai dari hotel, bus, hingga kereta api. Padahal, efek dari si tinggi ini bukan sekedar gatal dan kehilangan darah saja. Serangga ini juga bisa menyebabkan berbagai efek tak menyenangkan termasuk efek psikologis dan kurang tidur. Berbagai efek tersebut jelas tak bisa diabaikan sehingga mau tak mau kita perlu melakukan langkah antisipasi. Selain melakukan pembersihan secara berkala, kita juga bisa mengandalkan jasa pest control untuk mengatasi hal tersebut apabila serangannya sudah begitu banyak

Tapi Ingat, Bukan Hanya Kutu Busuk yang Membahayakan

Meski keberadaan kutu busuk sangat mengganggu dan memang harus diatasi, tetapi yang perlu diingat adalah, bukan hanya serangga ini yang bisa menyebabkan masalah di rumah Anda. Ada berbagai serangga lain yang bisa menyebabkan gangguan. Namun, karena serangan mereka tidak langsung mengenai kita, justru serangga-serangga itu sering sekali diabaikan. Contohnya? Banyak. Salah satu yang paling sering disepelekan adalah rayap. Meskipun anggapan rayap bisa menyebabkan kerusakan parah pada bangunan sudah jamak diketahui, akan tetapi serangga ini masih sering diabaikan. Orang hanya akan membersihkan kotorannya saja atau menggunakan bahan-bahan yang tidak efektif seperti minyak saja. Padahal, seperti disebutkan sebelumynya, rayap bisa menyebabkan kerusakan parah sehingga perlu diatasi dengan serius sebagaimana kutu busuk.

CS Anti Serangga
SHARE

Leave a Reply