Bentol Sehabis Tidur? Awas, Gigitan Kutu Busuk

Pernahkah Anda mendapati tubuh bentol-bentol sehabis tidur? Padahal, Anda tidak merasa banyak nyamuk dalam ruangan tersebut. Kalau iya, waspadalah bisa jadi itu gigitan kutu busuk.

kutu-busukOrang Jawa menyebutnya tinggi sedangkan dalam Bahasa Indonesia familiar dikenal sebagai kutu busuk. Serangga ini adalah musuh utama bagi semua pengguna tempat tidur yang telah terinfestasi.

Kutu busuk akan berkembang biak pada tempat tidur, sofa, dan barang sejenis hingga memiliki anakan dengan jumlah tak terhitung. Celakanya, hewan ini adalah penghisap darah. Sehingga Anda harus siap-siap terhisap darahnya apabila rumah terserang tinggi.

Gigitan serangga ini biasanya menyebabkan bentol atau ruam-ruam kemerahan yang terasa gatal dan panas. Namun pada kasus tertentu, Anda harus lebih ekstra hati-hati. Pasalnya, serangga ini juga bisa menyebabkan eksim dan alergi.

Gigitan Kutu Busuk Menularkan Penyakit?

gigitan-kutu-busuk-di-wajahInfestasi kutu busuk pada dasarnya sering terjadi pada rumah yang jarang dirawat. Namun bukan hanya rumah biasa yang bisa terserang hewan ini. Hotel, hostel, dan berbagai tempat menginap lainnyapun kerap menghadapi problem ini.

Padahal, hotel adalah tempat menginap umum yang bisa diakses banyak orang meski bergantian. Ini pun memunculkan polemik baru, “Apakah gigitan kutu busuk bisa menularkan penyakit dari satu pengunjung hotel ke pengunjung yang lain?” Pertanyaan semacam ini jelas wajar saja diajukan.

Namun kita bisa bernafas lega. Sebab sejauh ini belum ada bukti kuat bahwa kutu busuk bisa mengakibatkan kasus tersebut. Meskipun demikian, gangguan kutu busuk tetap harus diatasi. Pasalnya hadirnya kutu ini juga bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu. Belum lagi fakta bahwa “tinggi” juga memiliki bau tidak enak. Kesehatan pun bisa menurun bila kualitas tidur turun.

Mencegah Hadirnya Kutu Busuk

Pada dasarnya, menjaga kebersihan adalah prinsip utama cara pencegahan serangga ini. Akan tetapi pada banyak kasus, kerap kali pembersihan saja tidak cukup. Bayangkan bila kita tinggal di wilayah endemic serangga ini. Sampai berapa kali pembersihan harus dilakukan?

Ada solusi yang sebenarnya bisa Anda pertimbangkan, yakni dengan aplikasi treatment pengawetan. Treatment pengawetan pada kayu tempat tidur, sofa, dan furniture lain. Pada treatment ini diresapkan insektisida pada kayu. Sehingga kutu busuk tak akan pernah mendekati furniture kita. Namun karena benda-benda ini digunakan manusia, jelas insektisida yang digunakan harus aman. Saran kami, gunakanlah BioCide Insecticide.

Yuk, gunakan BioCide Insecticide untuk cegah gigitan kutu busuk mengenai kita!

Leave a Comment