Pengawetan Kayu Jabon yang Tepat untuk Mencegah Serangga Perusak

Salah satu organisme yang menjadi fokus utama aplikasi pengawetan kayu jabon sebagaimana kayu lain pada umumnya adalah serangga atau insekta. Golongan organisme ini sangat bervariasi mulai dari rayap hinggap kumbang bubuk. Secara umum, jabon memang relatif tahan menghadapi serangga. Kayu ini tergolong sebagai kayu kelas II pada aspek ketahanannya pada rayap. Sedangkan serangan kumbang bubuk seperti teter tergolong jarang ditemukan pada jabon.pengawetan kayu jabon

Meski begitu hendaknya kita tidak lengah. Sebagaimana pengawetan kayu jati, pengawetan kayu jabon pun krusial karena ancaman serangga –meski kecil- namun tetap ada. Misal, bila di rumah kita hanya terdapat furniture berbahan kayu ini, otomatis serangga tak memiliki pilihan lain sehingga pada akhirnya tetap merusak jabon. Bayangkan kejadian ini berlaku serupa pada perusahaan pengolahan kayu yang menyimpan jabon dalam jumlah besar di area gudang yang sama. Otomatis, potensi serangan serangga tidak boleh tidak diperhatikan.

Aplikasi Treatment Anti Serangga untuk Kayu Jabon

Untuk menghadapi keadaan tersebut, biasanya pelaku usaha menerapkan treatment khusus untuk mencegah serangga perusak kayu. Salah satunya dengan meresapkan obat antiserangga atau insektisida ke dalam material jabon sehingga material tersebut terlindung dari berbagai hama yang menyerang.

Bagi Anda yang berminat mengaplikasikan langkah ini, pilihlah obat yang mampu bekerja dengan baik. Usaha Anda akan sia-sia bila Anda salah membeli produk insektisida. Saran kami, gunakan obat antiserangga Insecticide 100 EC. Sebab selain terbukti ampuh mencegah serangga perusak, obat ini juga lebih aman untuk pekerja dan bisa diaplikasikan dengan berbagai cara, termasuk dicampur antijamur Microcide 100 EC.

Metode Pengawetan Kayu Jabon

Salah satu metode pengawetan kayuTreatment pengawetan jabon sendiri nantinya bisa dilakukan dengan beberapa metode, mulai dari pengkuasan, perendaman, pencelupan, hingga metode vakum tekan. Metode vakum tekan adalah metode meresapkan larutan obat pengawet yang dilakukan dalam sebuah ruang dimana tekanan dan kadar udaranya bisa diatur. Sehingga peresapan larutan pengawet dapat dikontrol dengan baik.

Keempat metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari segi efektivitas misalnya, sistem vakum tekan adalah yang terbaik. Tapi dari segi biaya, metode tersebut adalah yang termahal.

Pengawetan Kayu Jabon pada Tahap Pengolahan Kayu

Pada tahapan pengolahan kayu, usaha preservasi kayu jabon bisa dilakukan dalam beberapa tahapan. Pertama sehabis kayu ditebang, sedangkan yang kedua setelah kayu digergaji sekaligus sebelum kayu dikeringkan dengan klin dry.

alterntif text

Untuk aplikasi treatment setelah kayu ditebang, Anda cukup melarutkan antiserangga sesuai rekomendasinya lalu dioleskan ke bagian terluar kayu. Cara ini sebenarnya lebih bersifat “darurat” sebab kayu yang baru ditebang memang amat rentan diserang hama bila tidak segera dikeringkan dan diberi obat.

Sedangkan untuk aplikasi yang kedua, Anda bisa memilih keempat metode mulai dari pengkuasan hingga vakum tekan. Sebagaimana disebut di atas, masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan dan kondisi lapangan.

Informasi Pembelian Obat Anti Serangga Kayu Jabon

Hubungi kami via telp +62.274.388.301 dan sms/WhatsApp di +6287839346433 untuk informasi obat antiserangga kayu jabon.

Pengawetan Kayu Jabon yang Tepat untuk Mencegah Serangga Perusak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply