Cegah Serangan Serangga dengan Pengawetan Kayu Agathis

Proses pengawetan kayu agathis sebagaimana proses pengawetan kayu pada umumnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yang jelas, proses ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi industri woodworking. Akan tetapi sebelum membahas lebih jauh mengenai keuntungan treatment kayu tersebur, sebaiknya dipahami dulu mengapa proses ini penting dilakukan.

pengawetan kayu agathis

Mengapa Pengawetan Kayu Agathis Penting Dilakukan?

Aspek Kebermanfaatan Agathis

Alasan kita harus repot-repot mengawetkan kayu ini, tentu disebabkan karena agathis memang memiliki banyak fungsi di berbagai bidang kehidupan. Kayu ini memang tidak seindah dan sekuat jati. Tapi agathis memiliki daya tarik tersendiri, terutama dari harganya yang murah. Hingga saat ini, agathis dikenal sebagai pohon yang mampu menghasilkan kayu untuk dibuat mebel, alat makan, alat tulis, alat musik seperti gitar, hingga bubur kertas.

Aspek Kerentanan Kayu

Larva kumbang teter
Larva hama kayu

Dari sifatnya sendiri, agathis tergolong sebagai kayu yang rentan terserang hama. Kayu ini memiliki densitas dan kekerasan medium sehingga tak sulit bagi serangga hama untuk merusaknya. Selain itu, kayu ini juga memiliki kadar air tinggi sehingga rentan rusak ditumbuhi jamur.

Aspek Kelestarian Lingkungan

Dengan meningkatkan usia pakai kayu, pohon-pohon tak perlu ditebang sebelum waktunya.

Metode Pengawetan Kayu Agathis untuk Mencegah Serangan Serangga

Metode untuk mengawetkan kayu agathis sendiri beraneka ragam. Pada dasarnya, sebagaimana kayu jenis lainnya, agathis bisa diawetkan dengan metode vakum tekan, perendaman, hingga pengkuasan. Untuk mencegah serangan hama serangga yang begitu masif sendiri, sebaiknya aplikasikan metode:

  • Pengkuasan Saat Kayu Baru Ditebang

Kayu yang baru ditebang harus segera dilindungi sedini mungkin. Hal ini dilakukan salah satunya untuk melindungi material tersebut dari serangan serangga. Serangga-serangga perusak seperti kumbang bubuk biasanya banyak terdapat di daerah hutan dekat lahan agathis ditanam. Kumbang-kumbang seperti ini berpotensi besar meletakkan telurnya ke dalam kayu agathis yang dibiarkan tanpa treatment. Larva yang menetas dari telur pun akan menggerogoti kayu dari dalam tanpa kita sadari. Karena itu, treatment pada tahap ini sangat krusial. Aplikasikan saja cara sederhana dengan mengkuaskan antiserangga pada kayu log. Obat yang kami sarankan adalah Insecticide 100 EC.

alterntif text
pengawetan kayu sistem vakum tekan
Sistem vakum tekan
  • Perendaman, Pencelupan, atau Vakum Tekan pada Sawn Timber Agathis

Setelah antisipasi yang sebenarnya bersifat “darurat” pada saat setelah kayu agathis ditebang, metode pengawetan kayu agathis yang lebih bagus sebaiknya segera diaplikasikan pasca log agathis ditebang. Dengan begitu, bahan pengawet benar-benar dipastikan efektif akan melindungi kayu.

Manfaat Pengawetan Kayu Agathis

Dengan aplikasi treatment preservasi pada kayu agathis, industry woodworking akan mendapat keuntungan berupa:

  1. Penambahan nilai jual yang bisa dimanfaatkan untuk menarik minat konsumen
  2. Pencegahan kegagalan proses pengolahan akibat di tengah jalan, kayu-kayu dirusak hama
  3. Menghindari pencekalan akibat tuduhan Bioterorisme. Bila Anda ingin mengekspor produk kayu ke negara-negara seperti AS, Anda harus waspada dengan undang-udang Bioterorisme. Sebab, Anda bisa dituduh melakukan terror bila tak sengaja mengirim produk yang terinfeksi hama di dalamnya.
  4. Membuka peluang recycle karena kayu dari mebel lama masih bagus digunakan.

.

Info dan Pemesanan Produk Pengawet Kayu Agathis

Hubungi kami via telp +62.274.388.301, sms atau WA di +6287839346433, atau email info(@)bioindustries.co.id untuk informasi produk pengawetan kayu. Anda juga bisa langsung mengunjungi kantor kami di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Sidikan no 94 Sorosutan.

 

 

Cegah Serangan Serangga dengan Pengawetan Kayu Agathis

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply