Lebih Dekat Memahami Pengawetan Kayu Gubal

Secara umum, kita bisa mengatakan pengawetan kayu gubal jauh lebih krusial dibanding kayu teras. Pernyataan ini bukan tanpa sebab bila kita melihat karakter kayu gubal itu sendiri.

Apa itu Kayu Gubal?

pengawetan kayu gubal
Sapwood: kayu gubal; heartwood: kayu teras.

Berdasarkan usianya, kayu dalam satu batang bisa dibedakan menjadi dua. Yang pertama disebut kayu teras dan yang kedua disebut kayu gubal. Kayu teras terdiri dari jaringan sel berusia tua yang letaknya di bagian inti batang. Sel-sel pada area tersebut telah mati dan mengalami penebalan dinding sel sehingga sifatnya lebih padat dan keras.

Sebaliknya, kayu teras adalah kayu yang berada di bagial luar lingkaran kayu. Sel-sel pada bagian ini masih muda sehingga mengandung banyak air dan sifatnya lunak. Sifat lunak dan kandungan air yang tinggi inilah yang kemudian menyebabkan kayu gubal lebih rentan terserang hama. Apalagi, letak kayu ini berada lebih luar dari kayu teras. Sehingga serangan jamur maupun serangga jauh lebih intens.

Bagaimana Metode Pengawetan Kayu Gubal

Cara untuk mengawetkan kayu gubal dapat dilakukan sama seperti pengawetan kayu teras. Prinsipnya ialah meresapkan obat pengawet yang terdiri dari obat serangga dan obat jamur ke dalam kayu.

Pada industri pengolahan kayu, pada dasarnya kayu teras dan kayu gubal ditreatment bersama-sama. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah kadar air kayu ini. Karena tingginya kadar air, peresapan bahan pengawet ke dalam kayu lebih rendah dibanding peresapan pada kayu teras. Sehingga untuk treatment yang lebih efektif, formulasi bahan pengawet harus disesuaikan dengan karakter kayu gubal. Sedangkan cara yang bisa dipilih untuk meresapkan obat pengawet antara lain:

Perendaman

Adalah treatment pengawetan yang dilakukan dengan merendamkan kayu ke dalam larutan bahan pengawet. Treatment ini memanfaatkan sifat difusi kayu.

Vakum Tekan

Adalah treatment pengawetan yang menggunakan mesin vakum tekan. Larutan bahan pengawet diresapkan ke dalam kayu dengan modifikasi pada tekanan ruangannya.

alterntif text

Pengkuasan

Adalah treatment pengawetan kayu gubal yang dilakukan dengan kuas. Alat tersebut dimanfaatkan untuk mengkuaskan bahan pengawet pada material kayu.

Mana Treatment yang Tepat?

Di antara berbagai metode yang disebut di atas, semuanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dari segi efektivitas, metode vakum tekan adalah yang terbaik sedangkan metode pengkuasan adalah yang terburuk. Meski demikian, dari segi biaya, metode pengkuasan menjadi yang paling hemat dan metode vakum tekan menjadi yang paling mahal.

Untuk memilih treatment pengawetan kayu gubal yang tepat, sesuaikan dengan kondisi kayu Anda. Bila kayu memerlukan perlindungan yang baik, usahakan setidaknya menerapkan sistem perendaman. Namun bila kayu sudah diawetkan dan Anda hanya ingin melakukan re-treatment, tak mengapa menerapkan sistem kuas.

Lebih Dekat Memahami Pengawetan Kayu Gubal

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply