Begini Cara Mengawetkan Kayu dari Serangga

Serangga seperti rayap, kumbang bubuk, dan sejenisnya jelas merupakan ancaman besar bagi keawetan kayu. Untuk mengatasinya, diperlukan aplikasi treatment atau cara mengawetkan kayu dari serangga yang bagus. Yang dimaksud “bagus” di sini merujuk pada metode yang tepat serta obat yang berkualitas. Untuk mendapatkan keduanya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenal potensi kerusakan tiap serangga yang mungkin menyerang:

Rayap

rayapAdalah organisme koloni yang berkerabat dekat dengan kecoa. Ancaman rayap harus diwaspadai baik pada kayu kering atau kayu basah. Serangan serangga ini seringkali tak teridentifikasi hingga kita mendapati bubuk-bubuk kayu yang keluar secara periodik. Umumnya hal ini terjadi pada kayu maupun produk kayu seperti mebel yang disimpan terlalu lama.

Kumbang Bubuk

kumbang bubuk teterYang dimaksud kumbang bubuk sebenarnya terdiri dari berbagai macam spesies. Akan tetapi, secara umum kelompok ini akan merusak kayu pada fase larvanya. Mulanya induk kumbang akan meletakkan telur di dalam kayu melalui celah atau pori substrat tersebut. Telur yang menetas selanjutnya berubah menjadi larva dan memakan kayu hingga jangka waktu satu tahun. Akibatnya, bagian dalam kayu rusak dan tak bisa digunakan lagi.

Semut

Meski tidak semua, beberapa jenis semut menggunakan kayu sebagai sarang koloninya. Misalnya semut carpenter yang terdapat di Kalimantan.

Kutu

Sama seperti semut, kutu juga sering menggunakan kayu hanya sebagai sarang, meski beberapa di antaranya juga memakan substrat tersebut. Kutu biasanya hidup di celah-celah furniture. Organisme ini lebih banyak ditemukan pada produk dengan banyak detil seperti rotan dan serat alam lainnya. Akan tetapi, ancamannya pada kayu bukan tak mungkin terjadi.

Obat Antiserangga yang Diperlukan

Bisa disimpulkan, terdapat berbagai jenis serangga yang mengancam kerusakan kayu. Dengan demikian, langkah pertama cara mengawetkan kayu dari serangga yang harus Anda lakukan adalah memilih obat dengan spektrum luas. Pilih insektisida atau obat antiserangga yang dapat mencegah dan membunuh rayap, kumbang bubuk, kutu, hingga semut. Anda bisa mengandalkan Insecticide 100 EC sebagai antiserangga dengan kualitas tersebut. Bahan ini juga unggul karena diformulasikan sesuai kebutuhan industri, relatif aman bagi pekerja, dan ongkos produksinya lebih murah.

Macam Cara Mengawetkan Kayu dari Serangga yang Bisa Dipilih

cara mengawetkan kayu dari seranggaPrinsip pengawetan kayu antiserangga adalah dengan meresapkan obat pengawet kayu seperti Insecticide 100 EC ke dalam substrat material tersebut. Dengan demikian, kayu akan terlindung dari berbagai jenis hama.

alterntif text

Cara untuk melakukannya sendiri bermacam-macam. Anda bisa merendam kayu di dalam larutan pengawet, menggunakan mesin pengawet khusus (mesin vakum tekan), mengkuaskan bahan pengawet, hingga mencelupkannya. Tiap metode memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jadi, pelajarilah tiap cara untuk menentukan yang paling tepat.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara mengawetkan kayu dari serangga, silahkan hubungi kontak yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Begini Cara Mengawetkan Kayu dari Serangga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply