Mengenal Pengawetan Kayu Jati Lebih Dekat

Pengawetan kayu jati merupakan proses yang penting dilakukan. Jati sendiri adalah salah satu jenis kayu yang sangat terkenal karena keawetannya. Bahkan, jati menjadi material yang ketahanan terhadap hamanya adalah yang terbaik dibanding jenis kayu lainnya. Meski demikian, bukan berarti kayu ini tak perlu diawetkan. Jati tetap penting diawetkan untuk menghindari kerusakan akibat faktor biotik maupun abiotik.pengawetan kayu jati

Berikut ini beberapa proses pengawetan kayu jati yang dapat Anda terapkan:

  1. Pengkuasan

Metode pengawetan kayu jati dengan cara pengkuasan dapat dilakukan dengan cara mengkuaskan larutan pengawet pada kayu jati. Proses dapat diulangi untuk meningkatkan efektivitas cara ini.

  1. Perendaman

Proses perendaman pertama-tama dilakukan dengan membuat larutan pengawet.  Jati kemudian direndam dalam larutan tersebut.s

  1. Vakum Tekan

Pengawetan kayu jati menggunakan sistem vakum tekan memanfaatkan mesin dengan komponen yang salah satunya terdiri dari sebuah ruang yang dapat diatur tekanan serta kadar udaranya. Kayu jati dimasukkan ke dalam ruang tersebut untuk kemudian dicampur larutan bahan pengawet. Kondisi diatur vakum dan tekanan disetel lebih tinggi sehingga larutan pengawet merasuk ke susbtrat jati. Cara ini adalah yang paling efektif dibanding yang lainnya.

  1. Spraying atau Penyemprotan

Spraying atau penyemprotan dilakukan dengan menyemprotkan larutan pengawet ke kayu jati. Cara ini memiliki resiko kesehatan tinggi karena menghamburkan bahan aktif obat pengawet.

Obat Pengawetan Kayu Jati yang Kami Rekomendasi

Berikut ini dua jenis obat untuk pengawetan kayu jati yang kami rekomendasikan:

alterntif text
  1. Insecticide 100 EC

Insecticide 100 EC merupakan bahan anti serangga spektrum luas dari golongan neurotoksin. Anti serangga ini efektif untuk  membasmi kumbang bubuk, rayap kayu kering, hingga kumbang totor/teter. Insecticide 100 EC dapat diaplikasikan dengan mudah, fleksibel, murah, dan relatif aman ketika kontak dengan jaringan kulit manusia.

  1. Microcide 100/100 EC

Microcide 100/100 EC adalah obat pengawet kombinasi antijamur dan antibakteri. Produk ini sangat efektif mencegah kerusakan akibat blue stain fungus dan jamur noda lainnya. Sama halnya dengan Insecticide 100 EC, bahan ini memiliki keunggulan dari cara aplikasinya yang mudah, murah, serta relatif aman.

Mengenal Pengawetan Kayu Jati Lebih Dekat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply