Penjelasan Lengkap Serat Rami dan Cara Tingkatkan Mutunya

0
251
serat rami

Apa itu serat rami? Apa saja guna dari natural fiber ini?

Kekayaan alam Indonesia tak hanya terletak pada kesuburan tanah di beberapa pulaunya saja. Selain tanah yang subur untuk pertanian, berbagai hasil alam juga menambah jumlah kekayaan di negeri ini. Misalnya saja aneka jenis natural fiber atau dalam Bahasa Indonesianya serat alam.

Sebagaimana istilahnya, natural fiber merupakan produk organik dengan bentuk serat yang dari wujunya sangat halus dan memanjang. Produk seperti ini banyak digunakan untuk berbagai industri seperti:

  1. Industri tekstil, misalnya untuk membuat pakaian sampai taplak meja
  2. Industri kerajinan
  3. Industri mebel. Contohnya rotan yang biasa digunakan untuk membuat furniture

Fungsi dari tiap jenis serat alam sendiri sangat tergantung pada karakternya. Rotan, misalnya. Karena memiliki bentuk yang lebih rigid dan kuat, ia bisa digunakan untuk menjadi bahan baku mebel. Beda dengan serat seperti serat sutera yang tak bisa dijadikan rangka mebel sama sekali, namun bisa dipakai untuk membuat kain yang cantik. Nah, di artikel ini, yang akan diangkat oleh antiserangga.com adalah natural fiber jenis rami.

Rami
Daun rami

Pengertian Serat Rami

Sederhananya, rami adalah produk serat yang dihasilkan oleh tanaman Boehmeri nivea. Tanaman tersebut merupakan tanaman yang biasa ditemukan di daerah tropis. Serat ini, dengan demikian tergolong sebagai serat organik karena berasal dari alam.

Sampai saat ini, rami banyak digunakan untuk membuat kain untuk aneka pakaian, taplak, dan lain sebagainya. Selain itu, ramie juga sering digunakan untuk membuat berbagai jenis craft atau kerajinan. Misalnya saja kerajinan hias tas kecil sampai gelang dengan tema etnik.

Digunakannya rami sendiri tentu tak terlepas dari keunggulan yang ditawarkannya. Berikut ini beberapa kelebihan serat dari tanaman Boehmeria tersebut.

  1. Tingkat resapan air atau absorbansi air yang tinggi. Nilainya mencapai angka 12%. Sebagai perbandingan, kapas hanya memiliki daya absorbansi 8% saja.
  2. Memiliki kekuatan tarik yang baik
  3. Memiliki ukuran yang relatif panjang dibanding serat yang lain, misalnya kapas
  4. Kecepatan kering yang baik, lebih baik bila dibandingkan dengan kapas
  5. Serat rami bisa dikombinasikan dengan serat non organik atau sintetis dengan hasil kain yang sangat baik. Salah satu keunggulannya, kain akan lebih dingin ketika dikenakan.
  6. Memiliki ketahanan yang prima terhadap bakteri dan juga serangan jamur
  7. Untuk beberapa kebutuhan, bisa digunakan sebagai suplemen kapas

Namun, sebagaimana berbagai hal lainnya, serat rami pun juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa poin kekurangan serat ini.

  1. Secara umum merupakan serat yang lebih kasar dibandingkan dengan kapas
  2. Daya ulur serat yang lebih rendah, sehingga penggunaannya harus lebih hati-hati
  3. Kurang tahan terhadap kondisi asam kuat, sehingga akan mudah rusak
  4. Serat ini memiliki ketahanan atau resistensi yang baik terhadap panas. Namun warna serat tersebut akan berubah pada suhu 120 derajat celcius selama kurang lebih 5 jam.
  5. Ketahanan terhadap panas memiliki batasan sampai 240 derajat celcius saja. Bila serat dibiarkan pada suhu tersebut beberapa menit saja, serat akan mengalami kerusakan.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan rami ini, idealnya kita jadi tahu bagaimana cara mengolah serat ini dengan benar. Sebagai contoh, meski serat ini tahan terhadap jamur, namun ia tidak memiliki resistensi yang sama baiknya ketika berhadapan dengan serangga. Dengan demikian, pada pengolahan serat ini, perlu pencegahan anti hama serangga tersendiri.

Waspada Ancaman Bugs dan Serangga Hama lainnya

Waspadalah! Seperti disebut di atas, meski memiliki fungsi yang baik untuk menjadi bahan baku berbagai produk dan tahan terhadap jamur, namun serat alam ini pun “vulnerable” atau dalam ancaman terhadap serangan hama insekta. Serangan hama bisa menyebabkan kerusakan estetika sampai habisnya natural fiber tersebut.

kerajinan serat rami

Jenis hama serangga yang bisa menyebabkan kerusakan serat rami sendiri sangat banyak. Kelompok serangga sendiri menjadi ancaman besar karena banyak di antara anggotanya yang memang membutuhkan substrat organik sebagai tempat hidup ataupun sebagai sumber makanan.

Berikut ini contoh golongan serangga hama yang bisa menyebabkan kerugian.

  1. Kutu atau bugs. Contoh yang paling terkenal dan umum menjadi hama pada kain adalah silverfish bug. Golongan ini sering menjadikan serat alam termasuk serat rami sebagai habitat dan juga sumber mereka.
  2. Semut, sebagaimana kutu, semut juga sering menjadikan serat alam sebagai habitat
  3. Kecoa. Kecoa memakan berbagai benda, apalagi bila benda tersebut adalah bahan organik seperti serat rami
  4. Berbagai jenis kumbang kayu. Kadangkala, kumbang kayu juga bisa menyebabkan kerusakan pada aneka produk serat ini.
  5. Rayap, karena sulit dijadikan sebagai tempat hidup, rayap biasanya menyerang dengan memakan material tersebut.

Dampak dari hama serangga ini bervariasi tergantung akan berbagai faktor. Misalnya dari cara kita menyimpannya, jumlah hama yang menyerang, intensitas hama menyerang, dan lainnya. Adapun dari dampaknya, serat bisa saja rusak dari segi keindahan, serat tak bisa lagi digunakan karena rapuh, serat yang tak lagi utuh atau putus, dan lain sebagainya.

Kami Sedia BioCide sebagai Antiserangga

BIOCIDE INSECTICIDE

Lantas apa yang mesti dilakukan dengan hama serangga? Tentu kita tak bisa membiarkannya begitu saja. Membiarkan serangan hama atau tidak melakukan antisipasi tak ada bedanya dengan menunggu kerugian besar di masa mendatang.

Di Bio Industries sendiri, kami telah menyediakan produk yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan ini. Produk tersebut adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini sejatinya adalah insektisida yang memiliki banyak fungsi sehingga tak sekedar bisa dipakai untuk serat rami saja. BioCide Insecticide telah digunakan oleh berbagai perusahaan mebel, kerajinan, sampai konstruksi bangunan.

Di pasaran, tentunya produk insektisida yang ditemukan ada banyak. Masing-masing dengan merk dan formula tersendiri. Yang membuat kami merekomendasikan BioCide Insecticide adalah kualitasnya yang jauh lebih unggul.

Tahukah Anda bahwa:

  1. Produk ini adalah insektisida dengan spektrum luas sehingga bisa dipakai untuk mencegah berbagai jenis hama insekta sekaligus, mulai dari kecoa, silverfish, sampai semut.
  2. Menggunakan pelarut air sehingga penggunaannya jauh lebih hemat, lebih aman, dan juga lebih ramah lingkungan
  3. Mudah digunakan
  4. Harga produk yang lebih terjangkau dan kemasan yang sangat hemat
  5. Bekerja dengan efektif dan juga efisien
  6. Bahan aktif cypermethrin lebih mudah didegradasikan di alam
  7. Cocok untuk natural fiber termasuk serat rami

Anda Butuh BioCide untuk Serat Rami Lebih Tahan Hama!

Dengan berbagai keunggulannya, BioCide Insecticide menjadi anti hama paling baik untuk serat rami. Anda akan sangat membutuhkan produk ini demi menjamin kualitas produk yang lebih tahan lama.

Yuk, hubungi CS kami sekarang juga dan dapatkan produk ini. Selain bisa mendapatkan produk anti hama yang murah, Anda juga boleh berkonsultasi gratis dengan pemakaian produk ini, lho. Sangat menarik, bukan?

SHARE

Leave a Reply