Mengenal Pengertian Serat Alpaca dan Fungsinya

0
341

Apa itu serat alpaca? Apa saja guna dari serat alpaka ini? Antiserangga.com akan membahas mengenai serat tersebut, manfaat, sampai cara meningkatkan kualitasnya di artikel kali ini.

Pernahkah Anda mendengar mengenai hewan bernama alpaca? Sekilas, ia serupa dengan domba. Perawakannya tampak menggemaskan dengan bulu yang lebat dan keriting.

Alpaca adalah fauna yang hidup di Amerika Selatan, khususnya di Peru, Ekuador, dan Bolivia. Hewan tersebut berhabitat di area dengan ketinggian 3.500 sampai 5000 meter di atas permukaan laut. Saat ini, alpaca bisa ditemukan di berbagai belahan dunia kecuali di kutub. Padahal, dalam sejarahnya, hewan ini pernah hampir punah. Peristiwa tersebut terjadi saat Spanyol menjajah Amerika Selatan. Kurang lebih 98% alpaca mati karena dibunuh atau terinfeksi penyakit yang dibawa orang-orang spanyol.

Untungnya, populasi alpaca kembali meningkat. Apalagi saat hewan ini diketahui bisa dimanfaatkan oleh manusia pada umumnya. Salah satunya tentu saja dalam bentuk serat alpaca.

Berikut ini beberapa keunggulan alpaca fiber.

  1. Bobotnya beragam, ada yang ringan atau malah berat
  2. Memiliki karakter yang halus dan terlihat mewah
  3. Tahan lama dan tidak mudah rusak
  4. Dibandingkan serat bulu domba, serat dari alpaka lebih hangat
  5. Serat tidak mengandung lanonon sehingga relatif aman bagi mereka yang mengalami alergi
  6. Secara umum memiliki ketahanan yang bagus pada air
  7. Tidak mudah terbakar

Tipe

Terdapat dua jenis alpaca fiber. Keduanya berasal dari jenis hewan yang berlainan meski masih sama-sama alpaca. Yang pertama adalah tipe huacaya dan yang kedua adalah tipe Suri. Huacaya menghasilkan serat yang lebih padat, lembut, dan mirip dengan serat domba. Sedangkan Suri menghasilkan serat yang lebih silky.

Fungsi

Berikut ini beberapa manfaat atau guna dari serat alpaca:

  1. Untuk pembuatan berbagai jenis pakaian mulai dari baju dan sweater
  2. Untuk membuat sarung tangan
  3. Untuk membuat selimut
  4. Untuk membuat mainan seperti boneka
  5. Untuk membuat hiasan dinding
boneka serat alpaca

Proses Pengolahan Serat Alpaca

Untuk mengolah alpaca fiber menjadi berbagai produk, proses yang harus dilakukan tentunya sesuai dengan produk terkait. Tahapan tiap pengolahan pun berlainan. Misalnya untuk pewarnaan. Berikut ini contoh cara melakukan pewarnaan pada serat tersebut.

  1. Pemilihan serat berdasarkan warna, ukuran, dan kualitasnya
  2. Pembersihan serat
  3. Spinning
  4. Pengeringan

Untuk melakukan pewarnaan, dibutuhkan pewarna yang cocok. Salah satunya adalah cochinilla yang merupakan dye atau pewarna alami. Cara aplikasi pewarna ini:

  1. Siapkan 1 kg serat alpaca
  2. Panaskan 5 liter air dalam wadah alumunium dengan 100 gram pewarna
  3. Biarkan selama 1 jam
  4. Masukkan serat alpaka
  5. Panaskan lagi selama 1 jam dan tambahkan 50 lemon dipotong setengah
  6. Ambil serat dan biarkan mengering

Awas Serangan Hama!

sarung tangan alpaca

Kualitas berbagai produk serat alpaca pada akhirnya akan sangat tergantung pada bagaimana kita mengolahnya. Selain pewarnaan yang bisa memberikan keindahan pada aneka produk tersebut, kita juga harus bisa meningkatkan kualitas produk dengan melakukan pengawetan.

Pengawetan? Ya, sebagaimana halnya natural fiber pada umumnya, serat alpaca rentan rusak karena dimakan hama. Misalnya saja jamur, bakteri, sampai kutu atau bugs. Proses pengawetan dilakukan untuk mengantisipasi serangan berbagai hama tersebut. Cara untuk melakukannya beragam, bisa dengan memastikan kondisi penyimpanan dan pengolahan bersih, serta bisa juga dengan menerapkan insektisida atau obat anti hama khusus.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari pengawet anti serangga untuk natural fiber, kami sedia BioCide Insecticide yang bisa Anda gunakan.

Manfaat Menggunakan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin. Produk ini adalah insektisida untuk tujuan perservasi sampai proteksi bangunan yang menggunakan pelarut air. Di pasaran, tentunya terdapat beberapa produk yang serupa dengan BioCide Insecticide. Namun produk kami jauh lebih unggul karena poin-poin di bawah ini.

Aneka Keunggulan BioCide Insecticide

  1. Produk ini menggunakan pelarut air. Penggunaan pelarut air (bukan solvent) memungkinkan pemakaian yang lebih hemat dan sekaligus juga lebih aman
  2. Merupakan insektisida spektrum luas. Artinya, produk ini dapat dimanfaatkan untuk membasmi banyak jenis serangga, bukan satu atau dua jenis hama insekta saja.
  3. Mudah digunakan
  4. Memiliki efek pengawetan yang lebih lama
  5. Kinerja yang efektif dan efisien, sehingga tingkat keberhasilan pengawetannya tinggi
  6. Dikemas dalam konsentrasi tinggi sehingga penggunaannya lebih hemat dan sesuai untuk kebutuhan industri
  7. Harga produk yang secara umum lebih murah dengan kualitas yang lebih baik
  8. Bahan aktif cypermethrin yang lebih mudah diuraikan di alam sehingga lebih ramah lingkungan

Anda pun akan memperoleh berbagai manfaat dari penggunaan BioCide Insecticide. Berbagai produk natural fiber Anda termasuk bila Anda mengolah serat alpaca akan menjadi lebih bermutu dengan BioCide.

BIOCIDE INSECTICIDE

Ayo, Pesan BioCide Insecticide Sekarang juga!

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan dan juga kelebihannya, penggunaan BioCide Insecticide bisa dibilang sangat menguntungkan. Yuk, segera dapatkan produk ini sekarang juga. Anda bisa melakukan pembelian dengan mengunjungi agen serta Bio Service Point. Dapatkan informasi agen terdekat BioCide di daerah Anda dengan menanyakan ke Customer Service kami. Kontak nomor CS telah tercantum pada website ini.

Bagi Anda yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara, Anda juga bisa langsung mengunjungi kami di Bio Service Point. Bagaimana dengan pembelian online? Untuk melindungi serat alpaca Anda, kami juga sudah menyediakan opsi beli online dengan prosedur sebagai berikut.

  1. Hubungi Customer Service kami dulu. Seperti diterangkan, nomor kontak CS telah tercantum pada situs ini, baik berupa nomor telepon sampai WA.
  2. Silahkan tanyakan informasi lebih lanjut mengenai produk BioCide Insecticide atau segera lakukan pemesanan.
  3. Untuk melakukan pemesanan lebih cepat, kirimkan langsung keterangan berupa nama Anda sebagai pemesan, jumlah produk BioCide Insecticide yang hendak dipesan, serta alamat tujuan pengiriman.
  4. Customer Service kami akan menjelaskan biaya yang harus dibayarkan serta lamanya pengiriman. Diskusikan juga kurir pengiriman yang Anda kehendaki dengan Customer Service kami.
  5. Bila semua sudah disepakati, Customer Service akan memberikan keterangann fix mengenai biaya yang harus dibayarkan kepada Anda serta nomor rekening untuk tujuan pembayaran.
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk diberikan Customer Service kami. Setelah itu, kirimkan bukti pembayaran tersebut.
  7. Tunggu Customer Service memberikan nomor resi pengiriman. Setelah itu, Anda tinggal menunggu produk ini sampai di alamat yang dikehendaki.
  8. Selesai
    Mudah bukan cara memesan BioCide Insecticide? Dengan produk ini, Anda pasti bisa menciptakan aneka produk serat alpaca yang lebih tahan lama dan terjamin mutu kualitasnya.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya di antiserangga.com ya!

SHARE

Leave a Reply