Ada beberapa penyebab kapal kayu rusak. Ketahui penyebab-penyebab tersebut supaya kita bisa melakukan langkah antisipasi yang benar.

Kayu adalah material yang telah banyak digunakan hingga hari ini. Kayu dipakai untuk membuat mebel, konstruksi bangunan, kerajinan, dan lain sebagainya. Secara tradisional, kayu juga sudah lama digunakan untuk membuat moda transportasi seperti perahu.

Bagaimana dengan pemakaian kayu di bidang transportasi era modern? Rupanya, kayu pun masih digunakan dalam pembuatan kapal. Kayu bisa digunakan untuk lantai dek, pelapis dinding kapal, sampai untuk mebel pada kapal itu sendiri.

Sayangnya, kondisi laut yang ekstrim sering menyebabkan kayu di kapal mudah mengalami kerusakan. Bila dibiarkan, hal ini tentu membahayakan. Apalagi bila kayu tersebut digunakan pada bagian yang penting. Kebocoran pada kapal, misalnya, bisa berimbas pada peristiwa fatal yang sangat mengerikan.

Antisipasi jelas harus dilakukan. Tapi sebelum melakukan antisipasi yang benar, kita harus tahu dulu apa penyebab kayu-kayu tersebut rusak.

2 Penyebab Kayu Kapal Rusak

Serangan Hama

cacing kapal

Berikut ini beberapa hama yang biasa ditemukan menyerang kapal:

  1. Lumut. Kondisi kapal yang lembab menjadi pemicu utama tumbuhnya lumut. Tapi karena lumut tidak tahan kondisi kering, biasanya hama ini ditemukan di area yang tidak terpapar sinar matahari langsung.
  2. Jamur. Jamur juga sering tumbuh akibat kelembaban yang tinggi dan suhu yang berfluktuasi.
  3. Rayap. Hama satu ini merupakan perusak kayu yang harus diwaspadai di manapun kita berada. Rayap dengan mudah menyelinap ke kapal dan membangun sarangnya di moda transportsi tersebut. Rayap akan berkembang cepat bila tidak ada inspeksi yang dilakukan.
  4. Kumbang bubuk. Sama seperti rayap, kumbang bubuk juga bisa merusak kayu kapal. Kumbang bubuk akan meletakkan telur yang nanti berubah menjadi larva. Larva kumbang ini akan memakan kayu dari dalam dalam waktu yang lama.
  5. Wood marine borer. Salah satu contoh wood marine borer yang harus diwaspadai adalah cacing kapal. Organisme ini akan menggerogoti kayu sehingga bisa menyebabkan kebocoran yang membahayakan.

Faktor Non Biologis sebagai Penyebab Kayu Kapal Rusak

Selain serangan hama yang merupakan faktor biologis, kayu kapal juga bisa rusak karena faktor non biologis. Misalnya karena:

  1. Deburan ombak. Deburan ombak yang mengenai langsung kayu akan mengikis substrat kayu secara terus menerus. Meski kayu yang digunakan sangat baik, tapi kerusakan akan berjalan lebih cepat dibanding bila kayu digunakan di darat. Deburan ombak ini juga menghembuskan partikel air asin kemana-mana. Kayu di bagian atas kapal seperti lantai pun akan turut terekspos sehingga mengalami penurunan kualitas.
  2. Paparan matahari dan hujan. Pelapukan kayu biasanya semakin intens terjadi dalam kondisi outdoor di mana matahari kadang menyengat, dan hujan kadang menggguyur dengan deras. Di laut, kondisi ini diperparah dengan fakta bahwa tidak ada naungan untuk kayu-kayu kapal outdoor.
  3. Garam. Penyebab kerusakan kayu kapal yang lain adalah banyaknya partikel garam. Oleh sebab itu, faktor ini pun jangan diabaikan.
  4. Perubahan suhu. Kondisi di laut secara umum memiliki perubahan suhu yang cukup ekstrim. Makanya, kayu pun idealnya memiliki ketahanan pada perubahan suhu yang terus menerus dengan perbedaan cukup tinggi.
  5. Angin. Hembusan angina juga bisa merusak kayu. Ya. Meski tingkat kerusakannya kecil dan terjadi secara jangja panjang, namun faktor ini tetap harus diperhatikan. Apalagi, hembusan angina senantiasa terjadi dalam kondisi tidak ideal. Misalnya, di tengah di tengah hujan yang deras,angina berhembus sangat cepat. Efek pada kayu pun akan berlipat-lipat dibanding bila hanya terkena hembusan angina saja.
Penyebab Kayu Kapal Rusak

Tips Antisipasi Kayu Kapal Rusak

Di atas telah dijelaskan dua penyebab kayu kapal rusak. Lantas, apa antisipasi yang bisa kita lakukan?

  1. Penggunaan kayu berkualitas. Ingat, kualitas kayu berbeda antara yang satu dengan yang lain. Untuk industri perkapalan, dibutuhkan kayu yang tahan udara dan air asin, perubahan suhu tinggi, dan memiliki kekuatan yang baik.
  2. Aplikasikan finishing yang berkualitas.
  3. Terapkan treatment pengawetan sebelum finishing (akan dibahas di bawah ini)
  4. Memadukan penggunaan bahan non kayu di kapal. Misalnya menggunakan bahan logam di area di mana serangan wood marine borer tinggi.
  5. Melakukan perawatan secara berkala dan rutin, termasuk inspeksi pada serangan hama pada seluruh bagian kapal.

Pengawetan

Salah satu tips antisipasi penyebab kayu kapal rusak adalah dengan menerapkan treatment pengawetan. Treatment pengawetan adalah berbagai jenis usaha untuk meningkatkan masa pakai kayu. Caranya bisa dilakukan menggunakan api, rendaman air lumpur, sampai penggunaan obat pengawet.

Di era modern seperti sekarang ini, umumnya, pengawetan dilakukan dengan menggunakan bahan pengawet. Jenis pengawet yang bisa diterapkan beragam dari fungisida, bakterisida, hingga insektisida. Untuk pencegahan hama serangga, kami sarankan kepada Anda, produk kami, BioCide Insecticide. Insektisida ini akan membuat kayu kapal menjadi tahan berbagai hama dari rayap sampai wood marine borer.

alterntif text
Penyebab Kayu Kapal Rusak

BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

Untuk pengawetan kayu kapal, baik itu untuk lantai dek sampai mebel, serahkanlah pada BioCide Insecticide. Insektisida ini unggul dalam berbagai aspek dibanding insektisida lainnya. BioCide tahan lama, efektif, efisien, dan mudah digunakan. Selain itu, harganya juga terjangkau sehingga tidak akan membebani Anda.

Serangga target BioCide pun mencangkup berbagai serangga perusak kayu kapal mulai dari rayap sampai kumbang bubuk. BioCide Insecticide pun juga bisa digunakan untuk mencegah berbagai hama wood marine borer lho. Bagaimana dengan tikus? Pada dasarnya BioCide tidak didesain untuk mengatasi serangan tikus. Namun tikus akan lebih enggan menyerang kayu ketika terdapat kandungan BioCide Insecticide. Sebab, kandungan BioCide juga bisa berefek buruk pada kesehatan tikus-tikus tersebut.

Kontak dan Pemesanan

Mari beli BioCide Insecticide sekarang juga. Pembelian sekarang bisa dilakukan secara online ataupun secara offline. Pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami via CS dengan kontak yang disediakan. Anda akan dipandu dalam melakukan pembelian yang prosesnya cepat, transparan, dan profesional. Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point yang lokasinya di Yogya, Jepara, dan Cirebon.

Ayo, langsung beli saja BioCide dengan metode yang menurut Anda paling baik!

Simpulan

  1. Kerusakan pada kayu kapal bisa berimbas pada kejadian yang sangat fatal termasuk kebocoran kapal tersebut.
  2. Kerusakan bisa disebabkan serangan hama seperti tikus, rayap, kumbang bubuk,sampai aneka jenis wood marine borer.
  3. Selain itu, kerusakan juga bisa disebabkan faktor non biologis seperti perubahan suhu dan hempasan ombak dalam waktu yang lama.
  4. Antisipasi jelas harus dilakukan demi keselamatan dan kualitas kondisi kapal
  5. Salah satu cara untuk mempertahankan kayu yang digunakan pada kapal adalah dengan menerapkan treatment pengawetan.

Nah, karena itulah penting untuk menjaga kualitas kondisi kayu kapal. Tapi seperti disebut di atas, kita harus tahu dulu apa penyebab kayu kapal rusak sebelum menerapkan penanganan yang tepat.

Penyebab Kayu Kapal Rusak : dari Cacing Kapal sampai Paparan Garam
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!