Rahasia Pengawetan Kayu Paling Mudah Jadikan Kayu Bebas Teter!

Pengawetan kayu paling mudah dilakukan dengan insektisida ini!

Setidaknya 1 triliun rupiah bisa raib apabila tidak dilakukan treatment pengawetan kayu. Ya, angka fantastis tersebut adalah perkiraan untuk total kerugian apabila kayu yang dipakai di Indonesia tidak diawetkan dulu. Lantaran, secara alamiah, banyak kayu di Indonesia yang memiliki tingkat keawetan rendah. Padahal, kalau sudah diawetkan, usia pakai (service life) kayu tersebut bisa meningkat sampai 5 kali lipat sendiri. Klaim ini pun bukan omong kosong semata. Litbang Indonesia telah berhasil memperlihatkan usia pakai kayu sengon yang naturalnya 5 tahun saja menjadi 50 tahun lebih! Jelas pencapaian ini tidak main-main mengingat sengon adalah kayu yang terkenal karena tidak awet digunakan.

Sayangnya, kualitas kayu yang baik pasca treatment pengawetan tersebut tak lantas membuat semua pengusaha mebel dan kerajinan menerapkan pengawetan. Kita bisa melihat sendiri bahwa di pasaran, masih banyak furniture yang kayunya sama sekali tidak awet. Misalnya saja kasus mebel bubukan. Furniture bubukan disebabkan serangan kumbang teter. Bukan sekali dua kali, pembeli merasa kecewa karena furniture yang baru dibelinya ternyata mengeluarkan bubuk keesokan harinya.

Hal tersebut jelas sangat memprihatinkan, sebab:

  1. Sebetulnya, pengawetan kayu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan
  2. Biaya, peralatan, sampai keterampilan yang dibutuhkan untuk mengawetkan kayu pun mudah diakses kebanyakan pelaku usaha

Jadi, Anda yang merupakan pelaku usaha mebel kecil pun sangat bisa menerapkan treatment pengawetan.

Macam-macam Pengawetan Kayu

Treatment pengawetan kayu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara-cara ini bisa diurutkan dari yang tersulit sampai yang termudah. Salah satu cara paling sulit adalah metode vakum tekan. Metode ini membutuhkan alat vakum tekan yang harganya tidak murah. Namun efektivitas metode pengawetan ini adalah yang paling baik. Selanjutnya, ada juga metode perendaman di mana kayu direndam dalam larutan pengawet. Efektivitas metode ini sangat dipengaruhi konsentrasi larutan dan daya serap kayu.

pengawetan kayu paling mudah

Nah, dari berbagai treatment yang ada, pengawetan kayu paling mudah adalah pengawetan dengan metode celup dan kuas. Ya, sebagaimana namanya, metode ini cukup dilakukan dengan menguaskan larutan pengawet atau mencelupkan kayu dalam larutan pengawet. Metode ini sangat praktis diterapkan dan cocok bagi Anda yang tidak memiliki fasilitas ataupun waktu menerapkan treatment pengawetan yang lebih rumit.

Keuntungan Menerapkan Pengawetan Kayu Paling Mudah Dilakukan

Dengan mengawetkan kayu, apalagi dengan treatment yang mudah dilakukan, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Anda bisa menghasilkan kayu yang usia pakainya meningkat namun tanpa perlu melakukan treatment yang sulit. Hal ini sangat kami rekomendasikan bagi pelaku usaha mebel yang merasa kesulitan menerapkan pengawetan kayu pra finishing. Padahal, kalau mereka mau menerapkan pengawetan kayu paling mudah sekalipun, masalah klasik mebel tak laku akibat bubukan (teter) bisa diatasi.

Obat Pengawet Pengaruhi Kemudahan Pengawetan Kayu

Yang menarik, selain metode yang diterapkan, kemudahan pengawetan kayu juga bisa dipengaruhi oleh obat yang digunakan lho. Resapan obat sampai efektivitas hasil pengawetan toh ditentukan oleh obat pengawet yang digunakan.

Nah, untuk kebutuhan ini, kami rekomendasikan produk andalan kami, BioCide Insecticide. Insektisida ini memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah sifatnya yang mudah diaplikasikan dengan efektivitas yang sangat baik. Anda bisa menerapkan sistem vakum tekan sampai metode pengawetan kayu paling mudah dengan sistem celup apabila menggunakan insektisida ini.

Berikut beberapa keunggulan BioCide Insecticide selengkapnya.

Keunggulan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide memiliki banyak keunggulan sebagai insektisida pengawet kayu. BioCide Insecticide:

  1. Mampu memberikan perlindungan yang menyeluruh dan lengkap karena insektisida ini merupakan insektisida spektrum luas.
  2. Efektif digunakan dan mampu bekerja dengan cepat
  3. Harga lebih terjangkau dan tersedia dalam kemasan kecil yang lebih murah
  4. Konsentrasi tinggi sehingga pemakaiannya lebih hemat
  5. Menggunakan pelarut air sehingga Anda tak perlu membeli pelarut solvent
  6. Mudah digunakan dalam berbagai metode pengawetan
  7. Lebih aman digunakan

BioCide Insecticide juga merupakan insektisida racun kontak dan lambung. Insektisida seperti ini lebih aman karena tidak menghasilkan residu lanjutan. Selain itu, BioCide Insecticide juga memiliki toksisitas medium pada manusia, sehingga pemakaiannya bisa ditoleransi. Namun, tentu saja alat-alat keselamatan tetap harus senantiasa digunakan.

Pengawetan Kayu Modern vs Tradisional

Mengawetkan kayu bukanlah hal baru bagi manusia. Sudah sejak lama masyarakat mencoba mengawetkan kayu dengan berbagai cara. Kini di era yang sudah demikian modern, proses pengawetan pun masih tetap dilakukan meski dengan cara yang berbeda.
Dulu orang mengawetkan kayu dengan cara merendamnya di sungai dan got. Sedangkan saat ini, digunakan bahan-bahan pengawet.

Berikut ini tabel pembeda pengawetan kayu modern dan tradisional

Aspek Pembeda Pengawetan Kayu Modern Pengawetan Kayu Tradisional
Waktu Lebih cepat Lebih lama, sampai bertahun-tahun
Target hama Spesifik menarget hama tertentu Umum / kurang spesifik
Bahan yang digunakan Menggunakan bahan-bahan kimia Menggunakan bahan alam
Efek pada lingkungan Tergantung obat atau bahan pengawet yang digunakan. Ada obat pengawet kayu yang efeknya buruk bagi alam, tapi ada juga yang tidak. Tidak mencemari lingkungan
Efektivitas Jauh lebih efektif Kurang efektif
Efek samping pada kayu Lebih sedikit Pada beberapa metode, kayu mengalami perubahan warna dan perubahan bau menjadi asam / apek
Peralatan Menggunakan alat-alat woodworking dari yang sederhana sampai yang canggih Menggunakan alat woodworking sederhana pada zamannya
Basis Berbasis penelitian ilmiah baik dari lembaga independen atau riset pabrik produsen obat pengawet Berdasarkan pengalaman turun-temurun

Cukup banyak poin pembeda antara pengawetan kayu secara modern dan pengawetan kayu secara tradisional. Di era seperti sekarang ini, tentu pengawetan secara modern adalah pilihan terbaik.

BIOCIDE INSECTICIDE

Cara Memesan BioCide Insecticide

Yuk, pesan sekarang juga insektisida BioCide Insecticide. Insektisida ini bisa Anda beli di Bio Service Point ataupun secara online. Untuk pembelian secara online, Anda bisa menghubungi kami via kontak yang disediakan. Anda akan dipandu membeli insektisida ini oleh CS kami yang ramah dan juga profesional. Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai insektisida ini, kontak CS kami juga selalu terbuka dengan kontak dari Anda, baik via WA, telepon, sms, dan lainnya.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini. Menarik, bukan? Pada akhirnya, salah satu yang memengaruhi tingkat kesulitan pengawetan kayu adalah obat yang digunakan. BioCide sebagai insektisida yang kami rekomendasikan akan membuat pengawetan kayu paling mudah yang Anda terapkan dengan harga yang juga lebih terjangkau.

Terus update berbagai artikel di antiserangga.com lainnya ya. Kami masih akan terus hadir dengan berbagai bahasan dan tips menarik lainnya. Sebab kami telah berkomitmen menghadirkan berbagai informasi seputar dunia kayu, serat alam, sampai cara untuk mengatasi serangga hama yang merusak. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment