Yuk Kenali Tanda-tanda Kumbang Penggerek Kayu di Furniture Anda!

Sering disebut weevil, kumbang penggerek kayu menjadi salah satu ancaman terbesar kayu yang masih hidup maupun produk kayu di rumah Anda. Ini dia penjelasan lebih lanjut mengenai tanda-tanda serangan hama ini.

Kelompok kumbang penggerek kayu sebenarnya terdiri dari beragam jenis serangga dengan warna dan bentuk yang berbeda. Beberapa memiliki bentuk oval sedangkan yang lainnya tidak. Panjangnya pun beragam mulai dari 3 mm hingga lebih dari 10 mm. Warnanya umumnya gelap hingga kecoklatan. Beberapa memiliki rambut yang tumbuh di sepanjang badan serangga tersebut. Yang acap kali digunakan sebagai pembeda atau pencirinya adalah ukuran kepala. Kepala kumbang penggerek dewasa umumnya lebih panjang dibanding yang lebih muda.

Bagaimana Cara Mengenali Tanda-tanda Kumbang Penggerek Kayu?

Seperti wood boring beetle pada umumnya, keberadaan kumbang penggerek bisa menyebabkan kerusakan parah pada kayu. Untuk mengenal ciri serangannya, sebaiknya kita pahami dulu siklus hidupnya.

Terdapat setidaknya 4 tahapan perkembangan yang berbeda pada daur hidup kumbang ini:

Fase telur – Fase telur dimulai saat kumbang dewasa kawin dan menghasilkan telur yang diletakkan di benda-benda seperti lantai serta kayu.

Fase Larva – Pasca penetasan telur, akan muncul larva yang hidup dalam substrat di mana induk meletakkannya. Fase ini ialah fase paling destruktif. Pada kayu, kumbang akan menggali serta memakan kayu bagian dalam sehingga sulit teridentifikasi. Lama fase larva sendiri hingga beberapa tahun.

alterntif text

Fase kepompong – Setelah larva cukup dewasa, larva akan bergerak menuju permukaan kayu untuk kemudian membentuk kepompong.kumbang penggerek

Fase Kumbang– fase ini terjadi setelah tahapan metamorfosis selesai dilakukan. Kumbang akan melakukan perkawinan dan mengulangi siklus hidup untuk anakan barunya.

Tanda-tanda Kumbang Penggerek Kayu yang Harus Diwaspadai

  1. Munculnya lubang pada permukaan kayu. Lubang dibuat oleh kumbang yang baru selesai bermetamorfosis. Artinya, adanya lubang mengindikasikan kayu sudah terserang hama ini. Meski demikian, bila tidak ditutupi, lubang ini bisa digunakan ulang oleh induk kumbang dewasa baru.
  2. Munculnya bubuk kayu.
  3. Adanya telur-telur kecil di bagian celah atau lubang kecil kayu dan lantai.
  4. Bila infestasi sudah demikian parah, kayu akan menjadi keropos dan kita bisa mengidentifikasinya dengan menguji suaranya. Bila suara terdengar nyaring, berarti bagian dalam kayu memang telah rusak.
  5. Kerusakan kayu.
Yuk Kenali Tanda-tanda Kumbang Penggerek Kayu di Furniture Anda!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply