Silica Gel Food Grade: Andalan Industri Makanan hingga Kayu!

silica gel food grade naturalButiran kecil dalam bungkusan kotak yang biasa kita temukan pada berbagai produk baru itu biasa disebut silica gel. Bahan ini berfungsi menyerap kelembaban udara sehingga kualitas produk lebih terjaga.

Lantas apa yang dimaksud silica gel food grade seperti yang tertulis pada judul artikel ini?

Mengenal Standar Food Grade

Sebagaimana namanya, standar food grade mengacu pada golongan material yang layak digunakan untuk peralatan dan produk lainnya yang bersentuhan langsung dengan makanan. Dengan kata lain, kita dapat menyebut sebuah produk sebagai food grade apabila dalam kandungannya tidak terdapat zat-zat membahayakan kesehatan manusia.

Standar food grade sendiri bisa diperoleh dari banyak lembaga dengan acuan dari lembaga lainnya. Di antara standar yang sering diacu adalah FDA Amerika Serikat atau Food and Drugs Administration.

Seperti Apa Silica Gel Food Grade itu?

silica gel food grade dari batu alamProduk silica gel bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis pertama adalah silica gel natural yang terbuat dari batuan mineral asli dari alam. Yang kedua disebut silica gel biru. Jenis silica ini sudah sangat dibatasi penggunaannya karena efeknya yang membahayakan. Silica tipe ini mengandung cobalt chloride yang terbukti bisa menyebabkan kanker. Saat ini, silica gel biru hanya boleh digunakan pada produk-produk seperti mesin.

Macam silica gel berikutnya adalah silica gel putih. Silica ini relative lebih aman dibanding silica gel biru meski tidak terbuat dari bahan alami melainkan sintetis.

Yang manakah di anatar ketiga silica gel di atas yang merupakan silica food grade? Jawabannya ialah silica natural. Bukan saja terbuat dari bahan alami, silica natural juga dipastikan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Beberapa karakter dari silica ini antara lain tidak mengandung cobalt chloride, tidak berasa, tidak mudah terbakar, dan juga mampu menyerap kadar air di udara dengan aktif (hidrofilik).

Fungsi silica gel pada makanan sangat baik untuk mengerap kelembaban. Bahan ini efektif mencegah tumbuhnya bakteri pembusuk, jamur, dan proses oksidasi pada media di mana ia diletakkan. Penggunaannya pun sudah meluas bukan hanya pada makanan maupun peralatan makan. Silica natural saat ini banyak dipilih sebagai humidity absorber untuk obat-obatan farmasi, dompet, tas, furniture, micro konduktor, dll.

Untuk mendapatkan produk ini, silahkan hubungi kami via kontak CS yang tercantum pada website. Kami melayani pembelian silica food grade untuk seluruh wilayah Indonesia.

Leave a Comment