Silica Gel Natural Aman Untuk Makanan dan Obat-obatan

0
3001
Silica Gel Natural Aman Untuk Makanan dan Obat-obatan

Di antara banyak orang terkadang mengabaikan akan keberadaan silica gel bahkan diantaranya membiarkannya dan tidak dibuang. Padahal terdapat beberapa silica gel yang cukup membahayakan bagi kesehatan apabila dibiarkan begitu saja.

Namun ada pula yang masih bisa digunakan untuk keperluan yang jauh lebih bermanfaat seperti makanan kering dalam toples, bumbu dapur, sepatu, tas, barang berbahan kulit atau yang lainnya.

Silica gel sendiri memiliki beragam jenis jika dilihat dari warnanya yakni silica gel natural, silica putih, silica gel orange, silica gel hijau dan silica gel biru. Lalu apa perbedaan dari silica gel tersebut?

Perbedaan Silica Gel

Mungkin banyak masyarakat belum mengetahui kegunaan dari silica gel sehingga dengan mudah mengabaikan dan tidak membuangnya. Mengabaikan disini artinya adalah silica gel tersebut sebenarnya masih aktif sehingga masih bisa dimanfaatkan sedangkan harus dibuang ketika silica gel tersebut sudah tidak aktif. Lalu apa kegunaan dari silica gel? Baiklah, silica gel merupakan penyerap kelembaban udara yang bertujuan agar barang atau bahan tersebut tidak rusak ketika harus disimpan dalam waktu yang lama. Namun perlu diingat bahwa silica gel juga memiliki masa aktif dalam waktu tertentu. Tidak selamanya silica gel bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada barang atau bahan. Maka dari itu, harus mengetahui waktu aktif atau tidak aktif dari silica gel tersebut namun sebelum membahas mengenai hal tersebut alangkah baiknya membahas terlebih dahulu tentang macam-macam silica gel.

Dimulai dari silica gel biru. Ya, seperti namanya silica gel ini berwarna biru elektrik bening. Silica gel biru banyak digunakan untuk penyerap kelembaban pada alat-alat elektronik atau mekanik lainnya. Silica gel warna biru elektrik ini terbuat dari senyawa Cobalt Chloride dengan proses yang cukup memakan waktu. Namun, yang sangat disayangkan adalah senyawa tersebut sangat membahayakan kesehatan sebab senyawa tersebut memiliki sifat sangat toksik. Maka dari itu, apabila Anda menemukan silica gel biru sebaiknya untuk tidak menyimpannya dalam waktu yang lama, sesegera mungkin untuk dibuang karena kandungan yang beracun tersebut.

Selanjutnya adalah silica gel putih yang notabene lebih aman daripada silica gel biru. Sebenernya silica gel putih ini memiliki sifat yang sama dengan silica gel orange dan silica gel hijau yakni memiliki kandungan Methyl Violet yang juga bersifat berbahaya. Namun silica gel tersebut aman digunakan bahkan untuk obat-obatan. Silica gel putih ini terbuat dari natrium silikat (NaSO2) dengan proses yang cukup sederhana. Sol yang nantinya akan menjadi silica gel tersebut awalnya berbentuk seperti gel atau agar-agar, kemudian didehidrasi hingga berubah menjadi butiran yang padat dan bening namun tidak elastis. Silica gel ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan sehatri-hari baik sebagai penyerap kelembaban pada insutri listrik, makanan, farmasi, sepatu, tas, industri berbahan kulit dan masih banyak lagi.

Sedangkan silica gel yang paling aman adalah silica gel natural. Silica gel ini selalu digunakan untuk menyerap kelembaban pada makanan, obat-obatan atau sesuatu hal yang bisa dikonsumsi lainnya. Silica gel natural berbeda dengan silica gel putih meskipun sama-sama aman sebab silica gel ini jauh lebih aman karena terbuat dari bahan yang alami.

Silica Gel Natural dan Fungsi Kegunaannya

Sebelum jauh membahas mengenai silica gel natural, ada baiknya untuk terlebih dahulu membahas mengenai masa aktif dari silica gel. Ya, silica gel ini memang tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama karena memiliki batas masa aktif. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui masa aktif dari silica gel tersebut? Silica gel memang tidak terbatas waktu karena menyesuaikan ruang serta keadaan lingkungan sekisar. Apabila keadaan ruangan tersebut sempit dan tidak terlalu lembab maka silica gel bisa digunakan dalam waktu yang lama begitu pula dengan sebaliknya.

Untuk mengetahui silica gel tersebut aktif atau tidak adalah dengan mencelupkan ke dalam air. Hal ini akan sangat mudah dilihat sehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan. Silica gel yang dimasukkan ke dalam air apabila terdapat gelembung-gelembung udara di sekitar silica gel maka silica gel tersebut dikategorikan masih aktif. Dan apabila tidak ada maka kemungkinan besar bahwa silica gel tersebut sudah tidak aktif. Nah, untuk mengetahui masa aktif yang paling mudah adalah silica gel biru. Silica gel tersebut akan berubah menjadi warna pink ketika sudah tidak aktif dan sebaiknya untuk segera dibuang.

Setelah membahas mengenai tentang cara mengtahui silica gel maka saatnya untuk membahas lebih dekat mengenai silica gel natural. Silica gel ini tergolong silica gel yang paling kegunaannya. Sebab, silica gel yang terbuat dari bahan mineral tersebut sudah diberi label food grade sehingga aman untuk makanan maupun obat-obatan. Meskipun aman, silica gel ini tidak disarankan untuk dikonsumsi karena bisa menyebabka dehidrasi dan iritasi mata disebabkan mata mengering. Sebaiknya untuk meletakkan silica gel di tempat yang tersembunyi atau jauh dari jangkauan anak-anak. Pasalnya rasa keingintahuan anak yang tinggi memungkinkan untuk silica gel tersebut untuk dikonsumsi. Seperti yang telah kita ketahui apabila silica gel tersebut dikonsumsi akan menyebabkan dehidrasi atau dampak buruk lainnya.

Kegunaan silica gel ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan sehari-sehari diantaranya:

  • Mampu menyerap kelembaban udara. Ya, silica gel memiliki sifat hydropholic yang artinya mampu menyerap molekul air di udara.
  • Silica gel tersebut juga bisa untuk menghilangkan jamur dan bau kurang seda, pada umumnya yang sering muncul bau kurang mengenakkan adalah makanan kering dalam toples, sepatu atau tas setelah olahraga dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan silica gel maka bau tersebut akan berkurang dan lebih nyaman untuk digunakan.
  • Mampu mengurangi oksidasi yang disebabkan molekul air yang ada di udara sangat tinggi
  • Mengurangi adanya konsleting pada arus listrim yang disesbabkan kelembaban udara yang tinggi

Tidak hanya untuk kebutuhan dalam rumah saja, silica gel juga banyak digunakan dalam industri listrik atau yang lainnya. Bahkan tidak jarang, silica gel digunakan untuk penyerap kelembaban ketika pengiriman barang baik antar daerah di Indonesia atau antar negara. Maka dari itu, peranan silica gel ini sangat penting apabila Anda memiliki barang atau terdapat bahan yang sangat rentan berjamur atau rusak ketika udara sedang lembab terutama ketika musim hujan.

Jika silica gel digunakan untuk pengiriman ke berbagai negara, sebaiknya untuk menggunakan silica gel yang aman seperti silica gel putih atau silica gel natural. Sebab, sebagian negara di Asia, Eropa maupun Amerika sangat memprioritaskan barang yang aman mulai dari kandungan bahan yang digunakan atau komponen yang lainnya termasuk silica gel. Berbagai negara maju sudah menerapkan standar keamanan internasional sehingga perlu diketahui tingkat keamanan bahan pada negara-negara tersebut.

Silica BioIndustries, Silica Natural Aman untuk Makanan

Pusing hendak membeli mana produk silica natural yang sebaiknya dibeli? Tak perlu bingung lagi, kini Anda bisa membeli silika natural berkualitas di Bio Industries. Bio Industries adalah manufaktur yang menyediakan berbagai produk aman dan ramah lingkungan. Kami telah menghadirkan cat water based BioVarnish, lem kayu PVA eco friendly, sampai bahan pengawet kayu BioCide. Semua produk kami didesain dengan memrioritaskan aspek keamanannya bagi pekerja dan lingkungan.

Untuk kebutuhan makanan pun, silika yang kami sediakan adalah silica natural yang terbebas dari bahan-bahan toksik. Anda pun bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan pengemasan dan pengiriman barang. Produk kami juga lebih unggul dibanding produk penyerap kelembaban lainnya karena:

1. Kami hadir dengan produk yang fresh dan aktif 100%. Hati-hatilah, sebab kadang saat membeli silika, bahan yang dijual ternyata sudah tidak aktif lagi.
2. Silika kami didesain untuk kebutuhan yang memang harus aman. Jadi kami secara khusus membuat formulasinya tidak akan menimbulkan efek kesehatan.
3. Harga terjangkau. Produk silica natural aman untuk makanan kami hadir dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.
4. Masa pakai lama karena dikemas dalam kemasan tertutup dan rapat
5. Supply terjamin, sehingga Anda tak perlu pusing memikirkan supply produk yang kadang kurang

Bisa Digunakan untuk Berbagai Industri, Tak Hanya Makanan

Nah, selain bisa digunakan untuk kebutuhan industri makanan, produk silika kami juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya lho. Sebab produk kami tidak hanya unggul dari aspek keamanan saja. Silika natural kami pun bisa bekerja sangat baik dan mampu menyerap molekul air dalam jumlah lebih banyak dan lebih cepat dari silika kebanyakan.

Produk kami bisa Anda andalkan untuk:
1. Penyerap kelembaban benda elektronik. Misalnya pada kamera, ponsel, komputer, dan benda-benda sejenis lainnya. Selain mencegah jamur, silika juga bisa mencegah terjadinya hubungan arus pendek pada benda-benda yang berpotensi menghasilkan listrik.
2. Bisa digunakan sebagai kelembaban untuk aneka produk fashion. Misalnya saja sebagai penyerap kelembaban untuk tas, sepatu, dompet, dan lain sebagainya.
3. Bisa digunakan sebagai penyerap kelembaban pada produk kerajinan dalam kemasan kecil. Misalnya pada mainan anak kecil berupa mobil-mobilan dan puzzle. Supaya tidak terserang jamur saat dikemas, gunakan silika penyerap kelembaban.

Tentu saja 3 manfaat di atas hanya contoh saja. Faktanya, silika gel hampir dibutuhkan untuk semua industri.

Tips Penting Menggunakan Silica Gel

Natural Aman untuk Makanan

1. Pastikan bahan penyerap kelembaban tersebut masih aktif. Di atas, telah kami jelaskan bagaimana menilai aktif tidaknya bahan penyerap kelembaban ini.
2. Jangan membiarkan produk ini terekspos di udara terbuka dalam waktu lama.
3. Sesuaikan banyaknya silica dalam kemasan dengan wadah di mana ia diletakkan. Idealnya, ukuran keduanya proporsiaonal. Misalnya untuk kemasan produk yang kecil, gunakanlah pada wadah yang juga kecil.

Bagaimana untuk penyerap kelembaban dalam ruangan? Selama proses kirim barang atau saat kita menyimpan barang di gudang, acap kali kita membutuhkan penyerap kelembaban dalam jumlah besar. Apakah kemudian kita menggunakan silica yang begitu banyak?

Jawabannya jelas tidak. Menggunakan silika sebagai penyerap kelembaban ruangan sama sekali tidak praktis dan sangat boros! Bayangkan, ada berapa banyak butir silika yang harus Anda beli?

Untuk kebutuhan penyerap kelembaban dalam ruangan, gunakan produk lainnya yang kami sediakan, yakni container dessiccant pole. Anda bisa menggantung beberapa container dessiccant pole Bio Industries di ruangan atau kontainer. Produk ini memang didesain khuus sebagai penyerap humiditas dalam ruangan. Dengan rpdouk ini, ruangan kontainer dan gudang pun akan kering sehingga bebas dari jamur, lumut, dan serangga yang menyukai kondisi lembab.

Cara Membeli Silica Gel Natural di Antiserangga.com

Tertarik membeli silica gel natural aman untuk makanan dari kami? Silahkan pesan langsung dengan 3 opsi di bawah ini. Oh ya, bagi Anda yang ingin membeli container dessiccant pole, cara di bawah ini juga berlaku, lho.

1. Membeli di Bio Service Point dan Agen Bio Industries. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Saat ini Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Selain bisa mendapatkan produk yang Anda inginkan, Anda juga bisa bertemu dan konsultasi dengan CS dan teknisi kami yang ramah lho. Kami juga menyediakan berbagai produk penunjang industri lainnya yang menarik dan berkualitas tinggi mulai dari cat water based, pengawet kayu, sampai lem kayu. Bagaimana bila lokasi Anda jauh dari Bio Service Point? Anda bisa mencoba membeli di agen kami. Untuk mengetahui alamat agen kami, silahkan kontak Customer Service kami terlebih dahulu.
2. Pembelian secara online di toko daring. Ya, kami menyediakan opsi pembelian online di toko daring seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Pembelian secara online di toko daring ini tentunya mengikuti prosuder tiap marketplace tersebut.
3. Pembelian di antiserangga.com secara langsung. Anda juga bisa membeli silica gel natural aman untuk makanan di antiserangga.com secara langsung. Silahkan hubungi CS kami untuk keterangan lebih lanjut. CS kami akan memandu Anda dengan ramah dan profesional, serta memastikan silica yang Anda pesan benar-benar sampai di alamat yang Anda inginkan.

Mudah bukan membeli silica gel natural ini? Selain mudah, Anda juga bisa mendapatkan layanan free consultation dengan CS dan teknisi kami. Kami akan senantiasa membantu Anda menggunakan silica dengan tepat supaya manfaatnya bisa Anda nikmati secara maksimal.

Simpulan

Penyerap kelembaban silika adalah bahan yang sebetulnya banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, masyarakat secara umum jarang yang menyadari betapa pentingnya bahan ini. Padahal, silikalah yang membantu kita mendapatkan makanan kemasan tak membusuk, obat yang tidak berjamur, dan lensa kamera yang bening. Ya, silika dengan fungsinya menyerap kelembaban telah membantu berbagai pelaku usaha mengatasi masalah jamur yang kerap menyerang akibat humiditas yang tinggi.

Tapi dengan manfaat besarnya itu, bukan berarti kita bisa memanfaatkan bahan ini secara sembarangan. Hati-hatilah! Sebab di pasaran, tidak semua silika aman digunakan. Apalagi bila Anda butuh produk ini untuk kebutuhan pengawetan makanan (menjaga makanan tidak berjamur). Bila demikian adanya, silika yang dipakai harus benar-benar tidak beracun.

Dari berbagai jenis produk silika sendiri, sebaiknya Anda menggunakan silika dari mineral (bahan alam) yang lebih aman. Bio Industries sebagai manufaktur produk eco friendly juga telah menyediakan produk ini lho. Anda bisa membeli silica natural aman untuk makanan kami dengan cara pembelian online, langsung, ataupun di antiserangga.com.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami akan terus hadir dengan berbagai informasi bermanfaat mulai dari masalah serangga sampai masalah pengawetan kayu.

SHARE

Leave a Reply