Asli Indonesia, Ini Bambu Tutul yang Terancam Punah!

Bambu tutul merupakan salah satu jenis bambu yang berasal dari Indonesia. Meski bambu ini langka, namun demikian, ada secercah harapan untuk kebermanfaatannya di kemudian hari.

Siapa tak pernah melihat furniture bambu berwarna kuning dengan totol berwarna cokelat? Furniture seperti ini memiliki keindahan yang berasal dari pola alami bambu yang digunakan. Ya, salah satu spesies penghasil bambu dengan tutul yang menarik seperti itu adalah Bambusa maculata atau bambu tutul.

Sebetulnya, spesies bambu ini sangat populer di masyarakat. Permintaannya di pasaran juga termasuk tinggi karena memiliki tampilan lain daripada yang lain. Namun demikian, justru karena hal itulah bambu ini dikhawatirkan mengalami kepunahan.

furniture bambu tutul
sumber: Bambooland.com.au

Bambu Tutul: Seperti Apa dan Di Mana Ditemukan?

Dilansir dari Antara, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dikabarkan berhasil menyelamatkan sejumlah jenis tanaman bambu yang hampir punah. Satu di antaranya adalah bambu tutul. Dijelaskan bahwa karena tingginya permintaan akan bambu ini, jumlahnya menyusut drastis. Sebab, kebanyakan pemasok bambu tidak mencoba mengembang biakannya dengan sistem yang sustain, melainkan hanya menebangnya seadanya.

Karakteristik Bambusa maculata

sumber: Bambooland.com.au
  1. Rerata tinggi : 20 meter
  2. Diameter batang : 12 cm
  3. Habitat ideal : daerah iklim tropis dan subtropis
  4. Pencahayaan : Bisa tumbuh di area tanpa naungan atau dengan naungan
  5. Asal : Indonesia

Klasifikasi Ilmiah

  1. Kingdom: Plantae
  2. Klad: Angiospermae
  3. Klad: Monocotil
  4. Ordo: Poales
  5. Famili: Poaceae
  6. Subfamili: Bambusoideae
  7. Tribe: Bambuseae
  8. Genus: Bambusa
  9. Spesies: Bambusa maculata

Potensi Kebermanfaatan Bambu Tutul

Sebetulnya, bambu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Bambusa maculata banyak dipakai untuk membuat furniture sampai untuk konstruksi bangunan. Namun, sebagaimana disebut di atas, justru karen a bambu ini banyak dicari dan diminta para pengrajin dan konsumen, jumlahnya terus menyusut. Bambu ini terancam mengalami kepunahan atau penyusutan populasi secara ekstrim gara-gara perkembangbiakannya yang tidak dilakukan dengan baik padahal penggunaannya demikian tinggi. Jadi, hal pertama yang mesti dipastikan untuk menjaga kebermanfaatan bambu ini di masyarakat adalah mengembang biakannya terlebih dahulu supaya populasinya tidak terancam punah.

Meningkatkan Kualitas Bambu Tutul dengan Mengawetkannya

Meski pemanfaatan bambu ini saat ini belum maksimal karena jumlahnya yang makin terbatas, bukan berarti ke depannya akan seperti ini terus. Bagaimanapun juga, bambu ini sangat perlu dikembangkan sebagai spesies bambu asli Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi. Karenanya, kami di antiserangga.com pun sentiasa untuk mendukung pemanfaatan lebih lanjut bambu ini demi majunya industri pengolahan bambu nasional.

Sebagai bentuk dukungan, kami di Antiserangga.com menyediakan produk pengawet terbaik yang sudah teruji di lapangan, BioCide Insecticide. Guna produk ini adalah meningkatkan masa pakai produk bambu 3 sampai 5 kali lipat masa pakai normalnya dengan cara proteksi terhadap hama. BioCide Insecticide mengandung zat yang tidak disukai bahkan beracun bagi organisme seperti rayap, kumbang bubuk, semut, dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat bambu dijauhi hama sehingga tidak mudah rusak. Aplikasi BioCide Insecticide bisa dilakukan sebelum finishing dengan cara dijadikan larutan perendaman (bambu direndam di larutan pengawet) atau dipulaskan (bambu dikuas dengan larutan BioCide Insecticide).

alterntif text

Ini Dia Keunggulan BioCide Insecticide

Rekomendasi kami atas produk BioCide Insecticide tentu tidak didasarkan klaim kosong semata. Produk BioCide Insecticide adalah produk kami yang secara langsung didesain untuk memenuhi kebutuhan pengawetan kayu berstandar internasional. Formulanya kami desain bukan sekadar untuk mencegah serangan hama, tapi juga agar dampaknya pada lingkungan lebih aman dan meminimalisir efek buruk kepada para pekerja.

Berikut ini berbagai kelebihan BioCide Insecticide.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Produk ini adalah insektisida dengan wide target (target luas). Artinya produk ini tidak hanya bisa mencegah satu dua spesies hama serangga saja, tapi bisa mencegah sangat banyak hama serangga dari kelompok yang berbeda. Anda bisa mengandalkan insektisida ini untuk pencegahan rayap, kumbang bubuk, tawon penggali kayu, sampai semut perusak kayu.
  2. Dari segi metode, produk ini sangat hemat digunakan. Ini dikarenakan dua hal. Pertama, dari segi kehematan, BioCide Insecticide sangat hemat digunakan sebab konsentrasinya tinggi. Kedua, produk ini menggunakan pelarut air jadi Anda tak perlu membeli solvent pengencer.
  3. Seperti disebut di atas, BioCide didesain sebagai produk yang lebih aman digunakan. Produk ini lebih aman bagi pekerja ataupun lingkungan. Tapi tentu saja, standar-standar keamanan tetap wajib dijalankan selama proses pengaplikasian BioCide Insecticide.
  4. Dari segi harga, produk ini sangat terjangkau. Apalagi apabila dilihat menurut kualitas tinggi yang ditawarkannya.
  5. Penetrasi dan retensi yang baik. Produk ini mudah meresap dalam kayu dan bertahan dalam waktu lama sehingga memberikan perlindungan optimal dalam waktu lama.

Ayo Beli BioCide Insecticide!

Ayo sekarang beli BioCide Insecticide sekarang juga! BioCide Insecticide bisa dibeli dengan cara yang sangat mudah lho. Bukan hanya membeli secara langsung di Bio Service Point, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online. Untuk pembelian secara online, Anda bisa menghubungi Customer Service kami. Anda akan dipandu oleh Customer Service kami yang ramah dan juga profesional. Pembelian juga akan diproses secara cepat dan transparan. Kami juga akan turut memantau jalannya pengiriman oleh jasa kurir yang digunakan. Bagaimana dengan pembelian online di marketplace. Tentu saja bisa. Prosedurnya pun sesuai prosedur marketplace bersangkutan.

Meski demikian, bukan berarti pembelian secara langsung tidak menawarkan keuntungan apapun. Bagi Anda yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, Cirebon, dan sekitarnya, kami sarankan melakukan pembelian secara langsung. Sebab, selain bisa bertemu tatap muka dengan CS, teknisi, dan marketing kami, Anda juga bisa melihat produk pengolahan kayu kami lainnya. Di Bio Service Point, Anda bisa mendapatkan cat ramah lingkungan water based, lem kayu berbasis air, bleaching kayu, dan berbagai produk lainnya.

Sangat menarik, bukan? Makanya, ayo segera beli produk kami sekarang juga. Sebab meskipun memiliki kualitas yang baik dengan estetika sangat menarik, namun bambu tutul tetap perlu peningkatan mutu lanjutan. Dalam hal ini selain aplikasi finishing berkualitas, kita juga perlu menerapkan treatment pengawetan yang sudah menjadi syarat wajib dalam industri pengolahan bambu modern. Dengan pengawetan, usia pakai produk bambu akan meningkat secara signifikan sehingga semua pihak akan diuntungkan. Jalannya proses produksi pun bisa lebih lancar dengan biaya terjangkau karena harga BioCide Insecticide sebagai produk pengawetan untuk bambu tutul memang tidak mahal.

Kiranya, demikian yang bisa kami hadirkan di artikel kali ini. Tunggu terus berbagai artikel kami yang lainnya ya untuk mendapatkan informasi menarik yang lain. Semoga bermanfaat!

Asli Indonesia, Ini Bambu Tutul yang Terancam Punah!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply