Teknik Pengawetan Simpel Menggunakan Pengawet Kayu Mahoni

0
1618
Pengawet Kayu Mahoni

Pengawet Kayu MahoniBagi pengrajin ataupun yang hobi soal kayu, tentu Anda pasti akrab sama kayu mahoni. Sebagai primadona kedua, setelah kayu jati, kayu mahoni butuh pengawet kayu mahoni agar bertambah kuat dan memiliki umur pakai panjang.

Bagi penduduk Indonesia khususnya Jawa, tanaman ini bukanlah tanaman yang baru, karena sejak zaman penjajahan Belanda, Mahoni dan rekannya, yaitu pohon Asam, sudah banyak ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh terutama di sepanjang jalan yang dibangun oleh Daendels antara Anyar sampai Panarukan. Sejak 20 tahun terakhir ini, tanaman Mahoni juga mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kualitas kayunya bertekstur keras dan sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan berbagai kerajinan tangan.

Kayu Mahoni juga sering dibuat untuk papan lantai karena sifatnya yang tidak mudah berubah. Namun demikian, sebenarnya kualitas kayu Mahoni berada sedikit dibawah kayu jati sehingga sering dijuluki sebagai primadona kedua dalam pasar kayu.  Agar kayu mahoni tahan rayap dan kutu kayu lain sehingga lebih kuat dan awet, dibutuhkan bahan pengawet modern yang lebih simpel dan efektif.

Bahan Pengawet Kayu Mahoni Simpel Dan Efektif

Bahan pengawet kayu mahoni simpel itu ialah BioCide Insectide, dapat digunakan pada media kayu, triplex, serat alam, rotan, bamboo, dll. Bahan pengawet efektif mencegah berbagai jenis serangga mulai dari thothor, kecoa, rayap, kutu (bugs), kumbang bubuk, dll. Produk tersebut dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam. Petunjuk pemakaian untuk berbagai metode aplikasi ialah yang pertama, larutkan bahan pengawet dengn konsentrasi 1-2 %. Kedua, Jaga PH larutan baik saat digunakan maupun disimpan. PH yang baik untuk larutan ini adalah di bawah 7.

Pengawet Kayu MahoniPetunjuk Keamanan

BioCide Insecticide  merupakan produk bahan kimia yang dapat menyebabkan keracunan dan iritasi. Bahaya tersebut dapat menyerang melalui mata, mulit, kulit, dan pernafasan. Produk ini juga beracun terhadap tikus dan ikan. Sehingga, sisa produk dan kemasan tidak boleh dibuang pada perairan bebas. Gunakan pelindung standar saat bekerja (celana dan pakaian lengan panjang, masker, kaca mata pelindung, sarung tangan, serta sepatu).Cuci tangan dan atau mandi setelah bekerja. Cuci peralatan dan simpan setelah digunakan. Dilarang makan, minum, dan merokok selama bekerja. Produk dari pengawet kayu mahoni ini dapat dipesan melalui wa & sms di 0821-6760-0693. Atau melalui marketplace www.bukalapak.com/biodiana, www.tokopedia.com/dianarika25, dan www.shopee.co.id/biopaint.cs105.

Leave a Reply