Mahoni Lebih Berkualitas dengan Menggunakan Pengawet Kayu Mahoni

Pengawet kayu mahoni memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas kayu mahoni. Sehingga dapat menjadi bahan baku dengan kualitas terbaik untuk diolah menjadi berbagai produk olahan terutama furniture.

Namun, jangan sembarangan untuk memilih produk pengawet kayu yang akan Anda gunakan. Pastikan produk tersebut memiliki kualitas terbaik agar mampu menjaga dan meningkatkan kualitasnya. Serta tidak memberikan dampak buruk berupa menimbulkan kerusakan pada kayu mahoni hingga perubahan warna maupun tekstur alaminya.

Popularitas Kayu Mahoni di Indonesia

Bagi pengrajin ataupun yang hobi soal kayu, tentu Anda pasti akrab sama kayu mahoni. Sebagai primadona kedua, setelah kayu jati, kayu mahoni butuh pengawet kayu mahoni agar bertambah kuat dan memiliki umur pakai panjang.

Mahoni (mahogany wood) adalah salah satu jenis kayu yang populer digunakan untuk menjadi bahan baku pembuatan furnitur rumah. Bagi penduduk Indonesia khususnya yang telah lama tinggal di pulau Jawa, tanaman ini bukanlah tanaman yang baru.

Karena sejak zaman penjajahan Belanda, Mahoni dan rekannya, yaitu pohon Asam, sudah banyak ditanam di pinggir jalan. Kedua tanaman ini dimanfaatkan sebagai peneduh terutama di sepanjang jalan yang dibangun oleh Daendels antara Anyar sampai Panarukan.

Sejak 20 tahun terakhir ini, tanaman Mahoni juga mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Mahoni sendiri merupakan jenis kayu yang cukup fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk. Hal ini membuatnya dapat dengan mudah diolah untuk digunakan agar dapat memenuhi berbagai keperluan.

Kayu mahoni biasanya diolah menjadi furnitur rumah, kerajinan tangan, pintu, hingga peti. Kualitas kayunya bertekstur keras dan sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan berbagai kerajinan tangan.

Dengan warna kemerahan yang mencolok, daya tarik kayu ini juga semakin meningkat. Warna merah naturalnya membuat banyak pecinta kayu menjadi terpikat untuk memilih dan mengolahnya.

Untuk memperindah tampilannya, kayu ini juga cocok dilapisi dengan berbagai jenis finishing. Baik itu merupakan finishing dengan akrilik, plitur, hingga penggunaan pernis yang dapat membuat tampilannya tetap natural namun elegan.

Punya Berbagai Kelemahan

kayu mahoni

Meskipun memiliki tampilan yang menarik dan banyak digunakan sebagai material mebel, kayu mahoni tetap memiliki kekurangan. Jika ingin menggunakan jenis kayu ini, Anda perlu mengetahui dan memperhatikan beberapa kekurangannya. Di antaranya:

  • Termasuk kayu yang rentan terkena serangan hama. Sehingga akan cukup sulit bagi Anda untuk menemukan mahoni dengan kualitas tinggi terutama yang sudah berusia matang. Karena karakter ini merupakan karakter alaminya.
  • Proses pengeringan mahoni dapat memakan waktu yang sangat lama. Mengingat pengeringan merupakan proses yang cukup penting, tentu Anda tetap harus melakukannya. Mahoni yang sudah dikeringkan akan memiliki kualitas yang lebih tinggi, bahkan dapat menyamai kualitas kayu jati.
  • Adanya proses maintenance atau penjagaan kualitas yang cukup rumit. Proses ini juga sangat memerlukan ketelitian yang tinggi. Dalam prosesnya, kayu mahoni harus melalui tahap penyimpanan dengan benar. Perendaman dalam larutan anti serangga juga dilakukan hingga dioven dengan waktu cukup lama demi menjaga kualitasnya agar tetap prima.

Kayu Mahoni juga sering dibuat untuk papan lantai karena sifatnya yang tidak mudah berubah. Namun demikian, sebenarnya kualitas kayu Mahoni berada sedikit dibawah kayu jati dari segi kualitas.

Sehingga sering dijuluki sebagai primadona kedua dalam pasar kayu.  Agar kayu mahoni tahan rayap dan kutu kayu lain sehingga lebih kuat dan awet, dibutuhkan bahan pengawet modern yang lebih simpel dan efektif.

Bahan Pengawet Kayu Mahoni Simpel dan Efektif

Bahan pengawet kayu mahoni simpel itu ialah BioCide Insectide, dapat digunakan pada media kayu, triplex, serat alam, rotan, bamboo, dan lain sebagainya. Produk pengawet kayu ini efektif mencegah berbagai jenis serangga.

Mulai dari thothor, kecoa, rayap, kutu (bugs), kumbang bubuk, maupun serangga lainnya. Produk tersebut dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam.

Petunjuk pemakaian untuk berbagai metode aplikasi ialah:

  • Pertama, larutkan bahan pengawet dengan konsentrasi 1-2 %.
  • Kedua, jaga PH larutan baik saat digunakan maupun disimpan. PH yang baik untuk larutan ini adalah di bawah 7.

Biocide Insecticide memiliki kualitas terbaik yang menunjangnya menjadi produk anti serangga unggulan. Beberapa hal yang menunjang keunggulan produk ini adalah:

Baca juga: Pabrik Pengawet Kayu Mahoni BioCide Agar Nilai Jual Tinggi

  • Produk ini diformulasikan khusus untuk kebutuhan industri (woodworking) dan konstruksi bangunan.
  • Efektif dan efisien digunakan untuk mencegah berbagai jenis serangga. Seperti kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, thether (thothor), kecoa dan berbagai jenis serangga lainnya.
  • Dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kayu maupun bahan natural lainnya yang sejenis kayu. Seperti rotan, bambu, maupun aneka natural fiber lainnya.
  • Memiliki spektrum organisme target luas.
  • Aman dan ramah lingkungan.
  • Lebih ekonomis dan aman karena dapat dilarutkan dengan air.
  • Pengawet kayu mahoni  ini memiliki stabilitas atau masa aktif sampai 2 tahun.

Dengan kualitas unggulan yang dimilikinya ini, tidak salah jika insektisida dari Biocide ini begitu diandalkan untuk perawatan mebel kayu mahoni.

Lakukan perawatan secara rutin untuk selalu menjaga kualitas mebel mahoni tetap dalam performa terbaiknya. Jangan lupa untuk selalu mengandalkan penggunaan insektisida kayu terbaik dalam perawatan mebel dari kayu mahoni.

Anda juga dapat selalu mengandalkan produk ini untuk merawat berbagai furnitur dari jenis kayu lainnya.

Petunjuk Keamanan

Jangan mengabaikan keamanan saat Anda melakukan pekerjaan dengan melibatkan penggunaan BioCide Insecticide. Karena produk ini termasuk produk bahan kimia yang dapat menyebabkan keracunan dan iritasi.

Bahaya tersebut dapat menyerang Anda hingga menyebabkan masalah melalui mata, mulit, kulit, dan pernafasan. Produk ini juga beracun terhadap tikus dan ikan. Sehingga, sisa produk dan kemasan tidak boleh dibuang pada perairan bebas.

Selalu gunakan pelindung diri standar saat bekerja. Yaitu dengan cara:

  • menggunakan celana dan pakaian lengan panjang,
  • memakai masker,
  • lindungi mata dengan menggunakan kaca mata pelindung,
  • jangan lupa juga minimalisir kecelakaan kerja dengan menggunakan sarung tangan, serta sepatu

Setelah selesai melakukan pekerjaan dengan menggunakan insektisida dari Biocide, tetap jaga kebersihan dan keamanan diri. Segera cuci tangan dan atau mandi setelah selesai bekerja. Cuci juga peralatan dan simpan setelah digunakan.

Anda juga dilarang makan, minum, dan merokok selama bekerja. Seluruh prosedur ini dilakukan untuk mencegah adanya bahan kimia dari Biocide yang menempel dan turut masuk ke dalam tubuh Anda.

Jika hal tersebut terjadi, tentu akan timbul permasalahan baru yang bahkan bisa sampai mengganggu kondisi kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai hal ini terjadi, jadi jangan lalai saat menggunakan pengawet kayu mahoni untuk meningkatkan kualitasnya.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Biocide Insecticide untuk Meningkatkan Kualitas Kayu Mahoni?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]