Untuk Sanitasi Hotel yang Baik, Perhatikan Dulu Hal ini

0
97
sanitasi hotel

Sanitasi hotel adalah salah satu hal paling krusial yang harus diperhatikan dalam pengelolaan sebuah hotel. Seperti apa sanitasi dilakukan?

Pada artikel sebelumnya, kami telah memberikan penjelasan mengenai sanitasi restoran. Pada intinya, agar sebuah restauran bisa dianggap baik dan berstandar, harus ada aturan-aturan khusus yang diterapkan terkait usaha meminingkatkan kesehatan dan kebersihan. Persyaratan sanitasi sendiri mencakup berbagai faktor, dan tak melulu mengenai kebersihan saja. Warna dinding restauran, warna lantai, dan lain sebagainya juga terdapat pada syarat sanitas yang ideal.

Selain restauran, persyaratan mengenai sanitasi juga berlaku pada jenis usaha yang lain. Salah satunya dan yang akan kami bahas pada artikel ini adalah mengenai sanitasi hotel. Sebagaimana namanya, jenis sanitasi ini diberlakukan dan idealnya ditaati oleh hotel terkait. Apalagi, secara umum, kondisi hotel di Indonesia bisa berpengaruh terhadap persepsi yang dimiliki pengunjung.

sanitasi hotel

Nah, langsung saja, berikut ini beberapa poin yang perlu dipahami terkait sanitasi untuk hotel.

Pengertian Sanitasi Hotel

Secara umum, sanitasi bisa diartikan sebagai usaha untuk mengawasi berbagai faktor lingkungan yang terkait perkembangan fisik, kesehatan, dan kelangsungan hidup. Di sisi lain, hotel adalah tempat rekreatif yang menyediakan tempat penginapan, makanan, minuman, fasilitas hiburan, dan berbagai sarana prasarana kebutuhan lainnya. Dengan demikian, sanitasi hotel bisa diartikan sebagai upaya untuk menjaga hotel sebagai tempat usaha yang menyediakan berbagai sarana prasarana supaya kondisinya sehat, tidak menghambat perkembangan fisik, dan tidak mengancam kelangsungan hidup.

Manfaat

  1. Menjamin lingkungan yang bersih dan sehat bagi pengunjung
  2. Menjamin lingkungan kerja yang baik bagi staff
  3. Mencegah penularan penyakit
  4. Memberikan manfaat untuk bidang ‘Business Operational’
  5. Mencegah terjadinya kecelakaan bagi staff atau pengunjung
  6. Meningkatkan citra hotel sekaligus untuk promosi
  7. Meningkatkan peringkat hotel terkait

Jadi upaya sanitasi yang dilakukan pada akhirnya tak sekedar menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih saja. Keuntungan berlipat dari kenaikan pengunjung akibat citra hotel yang baik pun bisa saja dinikmati.

sanitasi restauran
Contoh wujud usaha sanitasi

Peran

Peranan Fisik

Dengan sanitasi diharapkan jaminan kebersihan umum di luar atau di dalam bangunan hotel meningkat. Dari segi fisik, yang dimaksud kebersihan adalah hal-hal seperti kebersihan air, kebersihan makanan, kebersihan dapur, tersedianya toilet yang memadai, dan bebas dari ganguan serangga hama seperti tikus dan kecoa.

Peranan Psikologis

Dari sisi psikologi, sanitasi akan menimbulkan perasaan nyaman, puas, dan percaya dari pekerja ataupun tamu.

Sasaran

Ada sangat banyak sasaran sanitasi hotel. Dari sekedar kondisi lantai sampai kebersihan air harus diperhatikan untuk mewujudkan hotel tersanitasi baik. Sanitasi lodging, misalnya. Sanitasi lodging diartikan sebagai upaya sanitasi di bidang kerumahtanggaan. Sanitasi lodging mencakup bagian dalam hotel, luar hotel, dan catering.

Sanitasi lodging untuk dalam hotel mencakup beberapa poin yang lebih mendetil. Berikut ini contoh sanitasi untuk toilet dan kamar mandi. Perhatikan poin-poin yang dipersyaratkan.

Toilet

  1. Toilet bersih dan tidak berbau
  2. Tipe toilet harus water seal atau closet serta dilengkapi dengan tempat untuk mencuci tangan.
  3. Untuk hotel yang berlevel internasional, kertas toilet harus disediakan
  4. Setiap tamu check out, toilet harus didisinfeksi baik di lantai maupun bagian luar dari howl toiletnya.

Kamar mandi

Persyaratan untuk kamar mandi :

  1. Kondisi kamar mandi harus senantiasa bersih dan tidak berba
  2. Lantai kamar mandi tidak boleh licin
  3. Kamar mandi dibuat dari bahan yang mudah dibersihkan. Selain itu material tersebut juga harus resisten atau tidak merembeskan air
  4. Dinding kamar mandi harus dari bahan kedap air (sehingga tidak merembes)
  5. Bila kamar mandi dilengkapi dengan bath tubo, maka harus ada pelengkap seperti shower, keran air dingin dan panas, tirai penutup, serta keset kaki. Kaca juga sebaiknya disediakan.

Persyaratan lain juga bisa dilihat untuk kamar sebagai berikut.

  1. Kondisi ruang kamar tidak pengap dan tidak bau
  2. Bebas kuman-kuman penyebab penyakit
  3. Bersih dan tertata rapi
  4. Suhu kamar 18-28 0 c dengan kelembaban 40-70 %
  5. Tembok, pintu, jendela yang tembus pandang dilengkapi tirai.
  6. Penerangan pada kamar harus dapat memberikan suasana tenang.
  7. Tidak silau
  8. Dipasang kop pada jenis lampu yang terlalu silau

Mengenai Serangga dan Sanitasi Hotel

Di atas telah dijelaskan apa saja syarat untuk sanitasi hotel dan mengapa hal itu perlu dilakukan. Pada intinya, selain untuk menjaga pengunjung dan pegawai nyaman, hal ini juga perlu dilakukan agar citra pariwisata Indonesia positif.

Untuk menerapkan sanitasi yang baik sendiri, diperlukan kiat-kiat tertentu. Khusus untuk mengantisipasi serangan hama, kami di Bio Industries menyediakan produk yang bisa Anda andalkan.

Produk tersebut adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin. Di lapangan, insektisida berbasis cypermethrin secara umum dianggap lebih ramah lingkungan karena sifatnya yang mudah diuraikan ketika berpindah ke alam.

Namun tentu saja, BioCide Insecticide memiliki banyak keunggulan lainnya selain hal tersebut, termasuk bila dibandingkan dengan insektisida berbasis cypermethrin lainnya. Berikut ini berbagai keunggulan BioCide yang bisa Anda nikmati untuk hotel yang bebas hama dan lebih bersih.

  1. Merupakan insektisida spektrum luas. Produk ini bisa digunakan untuk mencegah serangga berbagai jenis mulai dari rayap, semut, kutu, dan lain sebagainya.
  2. Memiliki cara kerja yang sangat efektif dan juga efisien
  3. Secara umum lebih mudah digunakan dengan metode aplikasi yang berbeda mulai dari perendaman, pengkuasan, hingga pencelupan dan vakum tekan.
  4. Menggunakan pelarut air dengan demikian pemakaiannya lebih aman dan juga lebih hemat. Anda tak perlu menggunakan cairan solvent yang harus dibeli bila menggunakan produk pestisida ini.
  5. Konsentrasi tinggi, tidak mudah habis.
  6. Harga yang terjangkau, apalagi bila dibandingkan dengan kualitasnya
  7. Lebih mudah diuraikan di alam sebagaimana disebut di atas, sehingga lebih ramah lingkungan

Ayo Segera Pesan BioCide Insecticide!

Mari, segera pesan sekarang juga BioCide Insecticide. Dengan berbagai keunggulannya, Anda bisa menggunakan produk ini untuk sanitasi hotel yang baik, terutama saat berhadapan dengan masalah hama.

Kesimpulan

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan sangat banyak destinasi wisata. Saat ini, pemerintah mulai gencar mempromosikan destinasi wisata di Indonesia ke masyarakat global. Untuk menunjang ini, tentu saja diperlukan pembangunan hotel yang baik. Hotel yang dibangun tentunya tak boleh hanya berorientasi profit. Hotel juga harus mengikuti persayaratan krusial seperti mengenai sanitasi hotel. Selain untuk memastikan kondisi hotel higinis, sanitas juga diperlukan untuk memastikan citra pariwisata yang positif. Syarat sanitasi hotel sendiri sangat banyak. Dan, salah satu yang harus diperhatikan adalah ancaman hama. Hama bukan hanya membuat hotel jadi kotor, namun juga memberikan dampak sangat buruk pada citra hotel terkait di mata pengunjung.

Demikian artikel mengenai sanitasi pada hotel ini. Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply