Yuk Mengenal Mesin Bor dan Jenis-jenisnya

Mesin bor adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang, umumnya dengan mata yang berputar, pada permukaan kayu hingga alumunium.

Alat woodworking bisa dibedakan menjadi beragam jenis. Yang umum ditemui di masyarakat antara lain adalah gergaji, palu, dan juga paku. Sementara yang jarang ditemui untuk penggunaan awam adalah mesin jointer, planer, hingga laminasi.

Tiap alat pada hakikatnya memiliki fungsi sendiri-sendiri. Dan karena itu, sebagai woodworker profesional semestinya kita memiliki pengetahuan yang cukup mengenai alat-alat tersebut.

Nah, di kesempatan ini, antiserangga.com akanmembahas salah satu alat pengolahan kayu yang penggunaannya cukup umum. Alat yang dimaksud adalah bor atau dalam Bahasa Inggris biasa dinamakan drilling machine.

Sekilas Mesin Bor

Bila Anda bekerja dalam industri woodworking, konstruksi, atau bidang yang berkaitan dengannya, Anda pasti tidak asing dengan mesin dril atau biasa disebut bor. Mesin ini pada dasarnya memiliki fungsi untuk membuat lubang pada permukaan solid yang keras. Misalnya saja pada permukaan kayu, alumunium, baja, hingga semen.

Mesin ini bekerja dengan memanfaatkan suatu poros. Di ujung terdapat mata yang bisa berputar dengan cepat. Tatkala mata pisau ditekankan pada permukaan, hasilnya adalah sebuah lubang yang ukurannya sesuai dengan ukuran mata pisau.

Lubang ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ada yang bisa memasangkan skrup, mengikatkan tali, hingga memasukkan joinery seperti pada beberapa tipe sambungan.

mesin bor

Apa Saja Jenis-jenis Mesin Bor?

Hingga saat ini, telah dibuat beragam jenis mesin ini. Beberapa di antaranya adalah:

Mesin Dril Rotary

Bor rotary adalah mesin yang memiliki beberapa fungsi sekaligus. Misalnya fungsi pemaluan, penyekrupan, dan lain sejenisnya. Tipe ini bisa digunakan untuk membuat lubang ataupun untuk tempat skrup. Karena fungsinya yang banyak ini, tipe ini umum digunakan untuk kebutuhan industri hingga awam.

Impact Drills

Impact drill adalah jenis mesin bor yang sangat cocok digunakan untuk memasang skrup. Penggunaannya dianggap paling optimal dalam pembuatan kabinet dan mebel sejenisnya.

Berbeda dari mesin yang biasa, impact drill menggunakan soket berbentuk heksagonal. Dan karena itu, pemakaiannya harus hati-hati disertai dengan penggunaan goggle (pelindung mata).

Bench Drill

Bench drill adalah mesin yang didesain untuk mengebor permukaan yang tidak begitu keras. Jadi, ia berbeda dengan impact drill yang justru direkomendasikan untuk permukaan keras seperti logam dan kayu solid densitas tinggi.

Bor ini biasanya memiliki papan dasar dari besi dan juga meja kerja. Hal ini membuatnya lebih stabil ketika digunakan.

Drill Press

Drill press adalah jenis mesin bor yang bisa digunakan untuk setidaknya 2 fungsi. Pertama, membuat lubang bor seperti biasa. Dan yang kedua untuk memperluas lubang yang sudah ada.

Para pengrajin kayu sangat menyukai tipe ini. Sebab drilling press memiliki akurasi ukuran lubang yang paling presisi.

Diamond Drill

Diamond drill umum digunakan untuk mengebor permukaan semen (concentrate). Penggunaannya, dengan demikian, marak pada bidang konstruksi.

Diamond drill juga sering digunakan untuk membuat lubang pada pipa. Cara kerjanya sendiri sangat efektif dan cukup presisi.

Yang menarik, diamond drill versi kecil sering digunakan untuk pembuatan perhiasan. Namun tentu saja alat ini memiliki kekurangan. Salah satunya, ketidakcocokannya digunakan untuk melindungi kayu yang substratnya lunak.

Angle Drills

Angle drill adalah mesin bor yang sangat populer saat ini. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai toko bangunan.

Angle drill memanfaatkan baterai yang bisa diisi ulang. Penggunananya dinilai aman dan juga memudahkan bagi para penghobi kayu.

Bor Magnetik

Jenis ini biasa digunakan untuk baja. Bor bisa digunakan dalam posisi horizontal, vertikal, ataupun terbalik. Dan karena kompleksitas penggunaannya, biasanya yang menggunakan alat ini adalah para profesional.

Mesin Bor Manual

Dalam Bahasa Inggris, mesin ini umum disebut hand drill. Jenis ini paling cocok digunakan untuk mengerjakan proyek-proyek kerajinan, bukan untuk woodworking dan konstruksi berat.

Agar akurat, ketika menggunakannya, Anda harus memastikan mata bornya lurus secara vertikal. Atau, bila Anda ingin stabilitas yang lebih tinggi, belilah tipe yang hadir dengan piringan breastplates.

Pilih Mesin Bor Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Manakah mesin drilling yang seharusnya dipilih berdasarkan penjelasan di atas? Jawabannya sederhana saja. Belilah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pasalnya, tiap alat memiliki feature sendiri-sendiri. Anda pun pastinya memiliki kebutuhan yang spesifik. Sehingga pada akhirnya bisa dikatakan bahwa tidak ada alat yang terbaik. Hanya ada alat yang cocok untuk tiap kebutuhan saja.

Kami Menawarkan BioCide Insecticide untuk Anda

Pengetahuan mengenai mesin bor sebaiknya dimiliki oleh setiap orang yang bekerja dalam industri pengolahan kayu dan juga konstruksi bangunan. Begitu pula dengan pengetahuan mengenai bahan-bahan woodworking. Misalnya saja bahan preservative atau pengawetan kayu.

Dalam hal ini, antiserangga.com menawarkan kepada Anda produk preservative kami, yaitu BioCide Insecticide. Bahan utama atau zat aktif BioCide Insecticide adalah cypermethrin 100 EC.

Bahan tersebut berkhasian sangat baik dalam mengatasi hama serangga kayu seperti teter, rayap, hingga kutu atau bugs secara umum.

BioCide Insecticide juga memiliki berbagai keunggulan. Pertama cara kerjanya yang sangat efektif dan efisien. Sebagai insektisida spektrum luas, produk ini bisa memberikan perlindungan yang komplit.

Kedua, konsentrasi produk ini terhitung tinggi sehingga pemakaiannya sangat hemat. Untuk kebutuhan industri, BioCide juga tersedia dalam kemasan besar.

Ketiga, produk ini dibuat sesuai dengan regulasi keamanan yang berlaku. Sehingga penggunaannya tidak akan membuat Anda melanggar aturan yang berlaku.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari hubungi dan kontak kami sekarang juga. Silahkan kirim email atau pesan ke WA. Atau, hubungi kami via telepon.

Anda bisa tanya-tanya dulu mengenai BioCide Insecticide. Kami pun selalu terbuka untuk bekerja sama dengan Anda. Tim kami siap ke perusahaan Anda sekiranya memang diperlukan. Atau, Anda juga bisa mendaftar sebagai agen kami.

Penting Diingat!

Beberapa hal yang bisa disimpulkan dari penjelasan di atas adalah:

  1. Terdapat sangat banyak jenis alat pengolahan kayu yang juga digunakan dalam bidang konstruksi. Salah satunya adalah mesin bora tau drilling machine.
  2. Secara definitive, kita bisa mengartikan bor sebagai alat yang digunakan untuk membuat lubang atau membantu penyekrupan dengan memanfaatkan mata yang berputar dengan cepat.
  3. Terdapat sangat banyak jenis bor yang bisa digunakan menurut fungsinya masing-masing. Ada diamond bor, angle drill, hingga mesin bor manuar.
  4. Selain pengetahuan tentang alat woodworking, jangan abaikan juga pengetahuan tentang bahan pengolahan kayu. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan obat antiserangga yang bagus, BioCide Insecticide.
  5. BioCide Insecticide bisa digunakan untuk mengatasi serangan hama serangga mulai dari teter, rayap, dan lain sejenisnya.

Semoga informasi tentang mesin bor dan jenis-jenisnya ini bermanfaat untuk Anda ya.

Leave a Comment