Lebih Dekat Memahami Proses Kerja Mesin Laminasi


Mesin laminasi adalah alat yang bisa digunakan untuk membuat papan kayu laminasi. Dalam industri pengoalahan kayu modern, alat seperti ini sangatlah penting.

Teknik pengolahan kayu terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada masa lalu, manusia mungkin hanya sekadar menebang kayu untuk menjadikannya sebagai tombak. Namun setelah itu, berangsur kita bisa membuat struktur hunian sederhana dari material ini.

Era modern mengubah cara pengolahan ke level yang lebih canggih. Kayu yang semula pengolahannya dilakukan secara manual atau dengan mesin terbatas, saat ini sudah diolah dengan alat-alat yang kompleks.

Lihat saja contohnya MDF. Bahan MDF terbuat dari serpih atau serat kayu yang tak terpakai. Bahan tersebut kemudian diolah, disatukan, dicampurkan dengan resin, dan dibentuk dalam kondisi tertentu. Jadilah ia papan yang bisa digunakan untuk membuat almari hingga meja.

Selain MDF, contoh lain dari pengolahan kayu secara modern adalah kayu laminasi. Dan pada kesempatan ini, antiserangga.com akan mengulas mengenai mesin yang digunakan untuk membuat engineered wood tersebut.

mesin laminasi

Mengenal Mesin Laminasi

Mesin kayu laminasi adalah alat atau serangkaian alat yang digunakan untuk menghasilkan kayu laminasi. Kayu laminasi sendiri adalah material yang dibuat dari potongan kayu lebih kecil yang kemudian disatukan.

alterntif text

Wood laminated atau kayu laminasi banyak digunakan untuk:

  1. Membuat jembatan kayu, baik struktur lurus atau melengkung
  2. Membuat struktur bahan bangunan
  3. Membuat furniture

Alasan dibuatnya kayu laminasi sendiri cukup jelas. Kayu konvensional bahkan yang berasal dari kayu solid besar sekalipun jarang yang memiliki ukuran dan bentuk sesuai keinginan manusia. Kalaupun ada harganya sangat mahal.

Kayu laminasi memungkinkan produksi kayu yang sesuai pesanan dengan harga yang masuk akal. Struktur wood laminated sendiri dengan demikian beragam, sesuai dengan pesanan.

Namun umumnya, bagian luar (atau pinggirnya) terbuat dari kayu yang ketahanannya lebih baik dibanding yang di bagian dalam. Misalnya saja pada kayu laminasi untuk membuat jembatan lengkung.

Semua sisi kayu yang terlihat dari luar memiliki tingkat keawetan dan kekuatan lebih baik dibanding kayu bagian dalam. Strategi desain seperti ini membuat produk tak mudah rusak dengan cara yang lebih hemat. Sebab produsen tak perlu 10% menggunakan kayu kelas awet tinggi yang harganya mahal.

Proses Mesin Laminasi

Wood laminated dimulakan dari potongan kayu yang ukurannya disesuaikan satu sama lain. Untuk menyambungkan kayu memanjang, maka tiap ujung kayu dipotong dengan mesin membentuk sambungan finger joint.

Kayu kemudian disatukan di area finger joint sehingga menghasilkan material yang panjang. Agar kokoh, material tersebut perlu dipertebal lagi. Caranya, lagi-lagi dengan menerapkan sambungan yang didukung dengan lem yang kuat.

Setelah kayu cukup tebal, ada dua pilihan aplikasi clamp. Yang pertama clamp lurus untuk menghasilkan kayu laminasi lurus. Dan yang kedua adalah clamp lengkung untuk menghasilkan kayu laminasi yang melengkung.

Setelah proses clamp selesai, kayu memasuki tahap akhir, di mana ia dimasukkan kembali di mesin untuk dirapihkan. Mesin juga akan menghilangkan noda yang menempel di permukaan kayu laminasi tersebut.

Dan voila, kayu laminasi Anda pun selesai dibuat!

Jadi, berdasarkan paparan di atas, mesin laminasi sejatinya adalah rangkaian alat yang memiliki fungsi spesifik sebagai berikut:

  1. Meja dan mesin pemotong kayu
  2. Pembuat sambungan
  3. Adhesive atau perekat kayu yang bagus
  4. Planer yang meratakan permukaan
  5. Clamp yang menstabilkan ikatan sekaligus turut menentukan lurus atau melengkungnya kayu

Tahapan penggunaan tiap alat terjadi secara berurutan. Dan padaakhirnya, rangkaian tahapan tersebut akan menghasilkan kayu laminasi yang bisa digunakan.

Kayu Laminasi Tetap Butuh Obat Pengawet yang Bagus

Kayu laminasi pada akhirnya memang memiliki daya tarik tersendiri. Keberadaannya juga memungkinkan potongan kayu kecil untuk diolah lebih lanjut menjadi material dengan harga lebih mahal.

Meski demikian, perlu dipahami bahwa dari segi ketahanan, kayu ini tak ada bedanya dengan kayu biasa. Dengan demikian, semestinya kayu pun dilindungi dalam treatment pengawetan (wood preservation kayu).

Salah satu tipe perlindungan yang idealnya diberikan ialah perlindungan terhadap serangan hama serangga. Perlindungan bisa dilakukan sebelum atau sesudah kayu diolah dalam mesin laminasi.

Perlindungan sebelum kayu diolah bisa dilakukan dengan cara perendaman dalam obat antiserangga yang bagus. Sedangkan perlindungan setelah kayu diolah bisa dilakukan dengan teknik kuas obat antiserangga sebelum kayu difinishing.

Langkah sederhana ini nantinya akan memberikan sangat banyak manfaat untuk Anda. Apalagi bila Anda menggunakan obat pengawet yang bagus.

Kami Sedia BioCide Insecticide!

Untuk menjaga kayu dari serangan hama serangga, sekali lagi memanglah diperlukan obat yang bagus. Antiserangga dengan senang hati memperkenalkan produk kami kepada Anda.

Kami telah menghadirkan BioCide Insecticide yang sudah cukup lama diandalkan banyak perusahaan woodworking dengan standar ekspor.

BioCide Insecticide sendiri memiliki zat aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida spektrum luas ini bisa digunakan untuk mencegah hama secara luas, mulai dari rayap, teter, dan lain sebagainya.

biocide

Selain itu produk ini juga efektif, keamanannya sesuai standar, dan terjangkau. Budget produksi Anda tidak akan membengkak dengan mengandalkan BioCide Insecticide.

Yuk Kirim Pesan atau Telepon CS Kami!

Kebutuhan pengawetan kayu pada akhirnya memang krusial untuk kelanjutan usaha Anda. Dan karenanya, silahkan hubungi kami segera untuk mendapatkan BioCide Insecticide.

Pemesanan BioCide Insecticide bisa dilakukan secara daring lho. Cukup dengan mengiim email, pesan WA, atau telepon, Anda sudah bisa mengurus pemesanan produk ini.

Namun tentu saja Anda juga bisa membeli secara langsung. Caranya? Lagi-lagi juga sangat mudah. Anda tinggal bertandang saja ke Bio Service Point.

Nanti, Anda bisa bertemu langsung dengan CS kami dan berkonsultasi sepuasnya. Anda juga bisa menengok produk kami yang lain yang sama menariknya dari produk cat sampai pemutih kayu.

Yang Penting Diingat!

Di atas, kita telah mengulas mengenai mesin laminasi bersama-sama. Inti-inti dari penjelasan di atas bisa dirangkum dalam 5 poin di bawah ini:

  1. Teknik pengolahan kayu terus mengalami perkembanagn dari waktu ke waktu. Mulanya pengolahan dilakukan dengan sangat sederhana, namun kini dilakukan dalam proses dan alat yang kompleks.
  2. Salah satu alat pengolahan kayu modern adalah mesin kayu laminasi. Sebagaimana namanya, mesin ini adalah alat yang memungkinkan produksi kayu laminasi.
  3. Kayu laminasi sendiri nantinya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya untuk pembuatan meja dengan keindahan yang tak biasa.
  4. Meski kayu laminasi memiliki beragam kelebihan, namun kayu ini tak lepas dari ancaman akan serangan hama. Misalnya saja hama teter dan rayap.
  5. Untuk kebutuhan perlindungan kayu laminasi, kami merekomendasikan kepada Anda, BioCide Insecticide.

Kami harap informasi ini memberikan manfaat kepada Anda. Update terus informasi yang lain seperti mengenai mesin laminasi ini di antiserangga.com.

Lebih Dekat Memahami Proses Kerja Mesin Laminasi

Leave a Reply