Memperbaiki Mebel Lawas Jelang Persiapan Idul Fitri

Lebaran sedang menjelang! Yuk, siap-siap dengan mengaplikasikan 5 cara memperbaiki mebel lawas ini. Mulai dari masalah kekusaman sampai rayap, semua beres dengan tips di bawah ini.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan menjelang lebaran. Salah satunya adalah memperbaiki furniture tua yang mungkin sudah rusak. Kerusakan pada mebel sendiri umumnya bisa dibagi menjadi dua.

Yang pertama ialah kerusakan struktural, di mana komponen mebel lapuk atau malah patah. Sedangkan yang kedua adalah kerusakan estetika di mana mebel terlihat jelek.

Untuk mengatasi mebel tua yang rusak, tentu caranya harus disesuaiakan dengan kerusakan yang dialami. Sehingga, hal pertama yang semestinya kita lakukan adalah melakukan inspeksi pada furniture tua tesebut.

Setelahnya, silahkan ikuti salah satu atau lebih dari cara-cara di bawah ini.

1. Memperbaiki Mebel Lawas yang Kusam dengan Semir Kayu

Apakah mebel tua Anda masih sangat kokoh karena terbuat dari kayu premium seperti jati tua dan ulin? Bila iya, Anda sebenarnya beruntung. Sebab, mebel Anda mungkin cuma kusam dan cukup dibereskan dengan pembersihan dan semir kayu saja.

Semir kayu memiliki fungsi seperti semir pada sepatu. Penggnaannya akan membuat furniture tampak kembali seperti baru lagi. Jadi, Anda tak perlu melakukan pengecatan ulang. Hanya saja, umumnya semir kayu tidak didesain untuk mebel solid color seperti warna biru, merah, dan sejenisnya. Semir hanya akan cocok untuk mebel natural color.

 

2. Memperbaiki Cat yang Mengelupas dengan Refinishing

Penggunaan semir kayu disarankan bila kondisi cat masih bagus. Bila kondisi cat sudah teramat jelek, sebaiknya aplikasikan cat baru.

Langkah-langkahnya:

  1. Bersihkan mebel dulu
  2. Amplas lapisan cat yang lama. Pengamplasan tak perlu sampai harus benar-benar tuntas, namun setidaknya warna cat sudah memudar.
  3. Aplikasikan cat yang baru. Keringkan, dan ulangi apabila dirasa warnanya masih kurang sesuai yang Anda harapkan.

3. Memperbaiki Mebel Lawas yang Diserang Rayap dengan BioCide Insecticide

Mebel tua kadang kala menjadi target hama seperti rayap, teter, dan lain sebagainya. Bila kondisinya demikian dan serangan masih terjadi sebaiknya aplikasikan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide akan mencegah perkembangan hama-hama tersebut dan pada akhirnya akan menghentikan serangannya. Selain itu, produk ini juga bisa dikuaskan sebelum mebel difinish untuk memberikan perlindungan untuk pencegahan.

Di lapangan, tak banyak insektisida dengan fungsi ini. Sebab kebanyakan produk insektisida adalah antiserangga yang ditujukan untuk mengatasi hama-hama pertanian seperti wereng.

4. Memperbaiki Mebel Lama dengan Kain Lap Bersih

Apakah setelah dicek di sana-sini mebel Anda sebenarnya tak bermasalah sama sekali? Atau, hanya ada beberapa noda yang menempel saja?

Bila demikian adanya, sebaiknya bersihkan saja mebel dengan kain lap bersih dan juga air. Hapus noda secara perlahan-lahan agar tidak merusak lapisan cat yang ada.

5. Memperbaiki Mebel Lawas dengan Mengganti Komponennya

Tips kelima ini perlu diaplikasikan sekiranya ada bagian mebel yang benar-benar rusak. Misalnya, kaki meja yang patah atau bagian belakang almari yang lapuk karena serangan jamur yang sangat masif.

Bagian-bagian seperti itu tidak bisa dipertahankan lagi. Sehingga sebaiknya dilepas atau dipotong saja untuk diganti dengan komponen baru. Apalagi bila bagian tersebut telah terkena jamur. Bisa-bisa spora jamur menyebar dan tumbuh di area rumah dan furniture yang lainnya.

Proses penggantiannya sendiri memang sama sekali tidak mudah. Akan tetapi, cara ini tetaplah worth it. Kalaupun Anda tak bisa menggantinya sendiri, mintalah pada orang lain yang sekiranya bisa melakukan hal tersebut.

Tak Sulit Memperbaiki Mebel Lawas Asalkan Caranya Tepat!

Pada akhirnya, setiap perbaikan yang kita lakukan semestinya sesuai dengan masalah yang terjadi pada furniture tersebut. Dengan cara ini, kita juga tak akan melakukan hal yang sia-sia.

Tapi bagaimana bila kerusakan furniture sudah demikian parah? Kadang, karena terlalu lama dimakan hama, beberapa bagian furniture sudah tak tertolong sama sekali. Sehingga, bilapun dilakukan ganti komponen, jumlahnya sangat besar.

Bila kondisinya demikian, ada baiknya untuk membeli furniture yang baru saja. Sebab, bila kerusakan mebel tua itu disebabkan hama dan Anda tak bisa mengatasinya dengan tuntas (karena sangat banyak), mebel yang lain bisa “tertulari.”

Sehingga nantinya Anda harus mengoleskan BioCide Insecticide ke mebel-mebel Anda yang lain. Hal tersebut jelas sangat melelahkan.

Kami Sedia BioCide Insecticide untuk Optimalkan Cara Memperbaiki Mebel Lawas Anda

Seperti diterangkan di atas, khusus untuk memperbaiki furniture lama yang diserang hama serangga, sebaiknya digunakan obat yang tepat, yakni BioCide Insecticide. BioCide Insecticide sendiri merupakan produk Bio Industries dan disediakan di website ini.biocide

BioCide Insecticide terbuat dari formula cypermethrin. Proses pembuatannya dilakukan secara modern dengan formula sesuai dengan penemuan mengenai bidang preservasi terbaru.

BioCide Insecticide akan membasmi dan memberikan perlindungan untuk kayu dari hama-hama seperti teter, rayap, kutu, dan lain sebagainya. Produk ini juga memiliki snagat banyak keunggulan yang dijelaskan di bawah ini.

Keunggulan Antiserangga BioCide Insecticide

  1. Produk ini meruapakan insektisida dengan target organisme yang khusus namun beragam
  2. Didesain dengan kualitas tinggi sehingga efek perlindungannya jangka panjang
  3. Tidak menyebabkan karat ketika mengenai bahan logam
  4. Hemat digunakan karena konsentrasi produknya yang tinggi
  5. Cara aplikasi yang secara umum mudah diikuti baik dengan metode perendaman atau sekadar pemulasan
  6. Harga yang terjangkau dengan kualitas produk yang sangat baik
  7. Merupakan produk yang aman digunakan untuk kategori insektisida kayu.
  8. Tidak menyebabkan kayu jadi sulit difinishing

Catatan penggunaan: Setelah digunakan, tutup rapat kemasan BioCide Insecticide. Setelah itu, simpan produk di tempat teduh, tidak panas, dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Simpulan

Beberapa hal dapat kita simpulkan dari penjelasan di atas, yaitu:

  1. Menjelang idul fitri tak ada salahnya untuk melakukan berbagai persiapan. Termasuk di antaranya adalah menyiapkan aneka mebel di rumah agar hadir dalam kondisi terbaiknya.
  2. Dalam hal ini, seyogyanya mebel lawas diperbaiki sesuai dengan kerusakan yang dialaminya. Misalnya, bila mebel tampak kusam bisa diaplikasikan semir kayu. Dan bila lapisan catnya telah mengelupas, maka bisa dilakukan refinishing atau pengecatan ulang.
  3. Khusus untuk mengatasi hama pada mebel tua sendiri, Anda bisa menggunakan produk kami BioCide Insecticide.
  4. Diformulasikan dengan cypermethrin 100 EC, BioCide Insecticide hadir dengan kualitas terbaiknya mulai dari efektivitas dan efisiensinya dalam mengatasi berbagai hama perusak kayu.
  5. BioCide Insecticide juga merupakan produk ideal karena didesain dengan standar keamanan yang berlaku. Harga dan penggunaannya pun sangat hemat.

Kurang lebih itulah informasi yang bisa antiserangga.com bagikan di kesempatan ini. Semoga tips dan cara memperbaiki mebel yang antiserangga sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda ya.

Leave a Comment