All About Kayu Johar yang Perlu Anda Tahu

0
90
pohon johar

Mengenal Kayu Johar

Kayu johar atau kayu dari spesies Cassia javanica merupakan kayu yang berasal dari Asia Tenggara. Spesies Cassia javanica masuk dalam famili leguminosae dan memiliki nama yang berbeda-beda di tiap negara di mana spesies ini ditemukan. Di Filipina, misalnya, johar disebut dengan nama Antsoan dan Pink Shover. Sedangkan di Thailand, tanaman ini biasa disebut dengan nama Kalapraphruk. Adapun di Vietnam, tanaman ini disebut dengan nama Buf cajp.

Pohon johar biasanya tumbuh hingga ketinggian 25 meter dengan diameter batang 70 cm.

Karakteristik Kayu Johar

Johar menjadi salah satu kayu yang memiliki nilai jual karena bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Karakteristik kayu ini dianggap sesuai dengan standar yang dibutuhkan untuk pembuatan berbagai produk, meski beberapa aspek perlu dibenahi di sana-sini.

Berikut ini karakteristik rinci mengenai kayu johar lainnya.

  1. Warna. Kayu gubal C. javanica memiliki warna putih dan akan berubah menjadi coklat muda setelah dikeringkan. Adapun, bagian terasnya berwarna kuning terang dan akan berubah kemerahan seiring pertambahan usianya.
  2. Serat kayu berpola interlocked, sementara teksturnya moderat.
  3. Kayu ini memiliki durabilitas yang kuran baik. Bagian gubalnya sangat rentan diserang hama. Sedangkan bagian terasnya, meski lebih baik dibanding bagian gubalnya, tetap rentan diserang hama. Oleh sebab itulah, biasanya kayu johar dipakai untuk proyek interior di mana masa pakainya lebih lama dibanding ketika dipakai untuk pembuatan produk eksterior. Yang disayangkan lagi, meski durabilitasnya terhadap hama kurang baik, namun kayu ini agak susah diawetkan. Tidak semua pengawet bisa dipakai pada Cassia javanica.
  4. Densitas 0,75, densitas air-dry 0,85
  5. Nilai total shrinkage tangential 5,9
  6. Pengolahan secara mudah hingga sulit, namun mudah diolah dengan mesin.
  7. Finishing mudah dilakukan
kayu johar

Pemanfaatan C. javanica

Biasanya kayu ini digunakan untuk membuat berbagai jenis furniture. Misalnya saja untuk membuat almari, meja, kursi, dan masih banyak lagi. Di beberapa daerah di Indonesia, di mana johar banyak ditemukan, masyarakat sangat umum ditemui memanfaatkan kayu Cassia. Selain itu, pemanfaatan johar pun bisa ditemukan di bidang konstruksi. Misalnya untuk membuat lantai rumah kayu, dinding kayu, dan juga rangka bangunan dari kayu.

Bagaimana dengan pembuatan produk eksterior? Sebagaimana disebut di atas, kayu ini kurang memiliki keawetan yang baik. Sehingga penggunaannya sebagai material eksterior rentan membuat produk kurang awet. Meski demikian, masyarakat sebetulnya sudah sering menggunakan kayu Cassia untuk kebutuhan outdoor, termasuk untuk membangun jembatan dan membuat garden furniture. Saran kami, untuk mendukung penggunaan johar tersebut, sebaiknya dipilih bagian teras dan dilakukan pengawetan.

furniture kayu johar

Perlu Pengawet untuk Kayu Johar?

Sifat kurang awet kayu ini bisa diatasi dengan treatment pengawetan. Agar treatment berhasil, pilih obat pengawet yang tepat. Ini sangat penting, sebab salah satu kekurangan kayu ini adalah tidak mudah diawetkan. Tidak sembarang preservative bisa digunakan untuk melindungi kayu ini.

Produk yang kami sarankan untuk pengawetan kayu cassia adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan insektisida dengan bahan aktif cypermethrin. Aplikasi BioCide Insecticide pada kayu johar bisa dilakukan dengan menguaskan larutan BioCide atau merendam kayu ini ke dalam cairan BioCide Insecticide.

Tentu saja kami memiliki alasan tersendiri merekomendasikan insektisida ini. Selain cocok dipakai pada substrat kayu Cassia, insektisida ini juga unggul dalam berbagai aspek dibanding insektisida lainnya.

Kelebihan BioCide Dibanding Pengawet lainnya

BioCide Insecticide hadir sebagai produk pengawet yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pengolahan kayu yang modern dan berorientasi suistanbilitas green economy. Kami menghadirkan insektisida dengan berbagai kelebihan yang tak dipunya oleh insektisida pengawet yang lain. Beragam kelebihan tersebut di antaranya adalah:

  1. Menggunakan cypermethrin yang sampai kini masih masuk dalam daftar legal bahan aktif yang diizinkan beredar menurut lembaga terpercaya di Eropa maupun Amerika.
  2. Cypermethrin dan formula khusus insektisida ini sangat efektif mencegah serangan hama dari berbagai kelompok spesies mulai dari rayap sampai kumbang bubuk.
  3. Merupakan water based insecticide yang menghadirkan dua kelebihan, yakni lebih aman digunakan, dan kedua lebih hemat sebab Anda tak perlu membeli cairan pengencer solvent based.
  4. Formula berkonsentrasi tinggi sehingga sangat hemat digunakan.
  5. Formula yang tidak mudah luntur dari kayu, dan bertahan sangat lama sehingga mampu memberikan perlindungan jangka panjang sampai puluhan tahun.
  6. Penetrasi atau peresapan yang mudah. Sehingga metode pengawetan apapun yang diterapkan akan lebih cepat dalam prosesnya.
  7. Bisa diterapkan dalam berbagai metode pengawetan mulai dari metode wood preservation pressured vacuum (vakum tekan), pemulasan, sampai perendaman (soaking method).

Berbagai kelebihan itulah yang menjadikan kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan BioCide. Apalagi harga produk ini juga terjangkau dilihat dari penggunaannya yang sangat hemat dan kualitas premiumnya.

BIOCIDE INSECTICIDE

Cara Mudah Mendapatkan Pengawet Terbaik BioCide

BioCide Insecticide bisa Anda dapatkan dengan 3 cara. Ketiga cara tersebut adalah:

  1. Membeli secara langsung di Bio Service Point. Bio Service Point merupakan tempat layanan dari manufaktur Bio Industries. Di sini Anda bisa bertemu dengan Customer Service, teknisi, ataupun marketing kami yang siap bekerja sama dan membantu kebutuhan Anda. Di Bio Service Point juga tersedia banyak produk pengolahan kayu mulai dari cat water based ramah lingkungan, varnish modern, dempul, lem, pemutih kayu atau bleaching kayu, sampai silica penyerap kelembaban natural (food grade).
  2. Membeli secara online dengan panduan dari Customer Service kami. Ya, lewat kontak yang tercantum di situs ini, Anda juga bisa langsung melakukan pemesanan. Anda bisa memanfaatkan kontak via telepon, sms, WA, email, dan lain sebagainya. Baru ingin bertanya-tanya dulu saja? Tak masalah. CS kami akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan. Proses pemesanan di sini pun sangat mudah, cepat, dan juga transparan.
  3. Pembelian via pihak ketiga yakni lewat agen atau marketplace. Di Marketplace, Anda bisa membeli produk kami lewat tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Bagaimana dengan agen? Pembelian via agen secara langsung juga bisa dilakukan. Agar tahu bahwa agen tersebut memang terpercaya dan menjual produk asli, silahkan kontak CS kami untuk meminta bantuan lebih lanjut.

Mudah, bukan membeli insektisida ini? Kiranya, demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai kayu johar. Johar atau Cassia sp. pada akhirnya merupakan salah satu kayu komersil yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan. Kayu ini bisa dipakai untuk membuat furniture sampai elemen bangunan. Tapi untuk memaksimalkan potensinya tersebut, hendaknya diterapkan treatment pengawetan dengan BioCide Insecticide. Sebab kayu ini memiliki kekurangan berupa ketidaktahanannya pada hama. Dengan aplikasi BioCide Insecticide, kayu johar akan lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan eksterior.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

SHARE

Leave a Reply