perawatan decking kayu

Amankah Membeli Dek Lantai Murah? Bagaimana Keawetannya? Mari Kita Bahas

Dek lantai murah memang menggiurkan dari segi harga. Tapi bagaimana dengan tingkat ketahanannya? Apakah produk tersebut layak untuk dibeli?

Sore yang indah dan minggu yang menyenangkan akan sempurna dihabiskan di teras rumah bersama keluarga. Anda bisa duduk-duduk membaca berita sembari ngobrol dengan pasangan. Sementara itu, anak-anak bisa dibiarkan asyik bermain di halaman, lepas dari gadget yang terus mereka lihat di waktu yang lain.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Teras, dengan demikian adalah salah satu bagian rumah yang sejatinya bisa difungsikan untuk “family time”. Tak heran, banyak orang yang berusaha menjadikan teras mereka lebih indah. Salah satunya adalah dengan menginstal lantai kayu.

Lantai kayu yang diletakkan di luar rumah biasa disebut decking atau dek. Lantai dek umumnya memiliki tampilan yang lebih sederhana dibandingkan parquet. Akan tetapi, ketahanan dan kekuatan lantai biasanya lebih baik.

Hal tersebut memang sengaja didesain demikian, sebagai lantai dek diletakkan pada kondisi yang lebih tidak ideal. Berbeda dengan parquet yang diletakkan di lingkungan indoor, dek diletakkan di area di mana paparan sinar matahari mengenainya langsung. Belum lagi, air hujan dan perubahan suhu pun bisa mengeksposnya, membuat substratnya semakin lemah.

lantai kayu terdiri dari latai kayu alam dan sintetis. lantai kayu di gambar ini adalah lantai kayu alami dari bahan kayu bengkirai
decking kayu bengkirai

Harga Decking yang Mahal?

Lantai dek memang indah. Aktivitas kita di teras akan lebih seru dengan keindahan lantai ini.

promo produk biocide surface film preservative

Namun dibandingkan dengan lantai pada umumnya, kita memang harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli lantai dek. Dek bengkirai, misalnya, dihargai Rp. 350.000,- ke atas per meter persegi. Sedangkan pemasangannya membutuhkan Rp. 150.000,- per meter persegi.

Kisaran harga tersebut berlaku untuk dek kayu yang kualitasnya standar. Ada juga yang lebih murah, misalnya lantai dek bekas, sintetis, hingga produk impor dari kayu yang kurang begitu baik.

Dek Lantai Murah: Memangnya Ada?

Bila Anda bertanya mengenai dek yang murah, jawabannya jelas ada. Seperti disebut di atas, dek-dek murah bisa saja berupa dek bekas (banyak dijual di Amerika dan Eropa), sintetis, hingga produk impor. Beberapa orang bahkan hanya menjual sticker vinyl dengan pola ala lantai dek.

Namun sekali lagi, saat Anda membeli produk dengan harga di bawah standar, Anda jelas harus menurunkan ekspektasi. Produk yang Anda beli mungkin dibuat dari material di bawah standar atau diolah dengan kurang begitu baik.

lantai dek murah

Misalnya saja penggunaan kayu gubal dan kayu kelas awet III, IV, dan V untuk dek. Kayu-kayu tersebut memang lebih terjangkau. Akan tetapi kualitasnya jelas lebih rendah.

Jaringan kayu gubal didominasi sel-sel hidup yang kandungan airnya tinggi. Seratnya lebih sedikit, pun demikian dengan zat taninnya. Sehingga beberapa aspek harus kita kompromikan sekiranya kita membeli lantai dari kayu dengan kualitas seperti itu.

Masalah Kekuatan dan Keawetan Dek Lantai Murah

Ketika membeli produk yang lebih murah dari harga normalnya, kita harus menyelidiki kualitasnya dengan seksama. Bahkan meski produk itu terlihat indah sekalipun, bukan berarti aspek yang lainnya sudah bagus.

Dua aspek lain yang harus diperhatikan adalah:

  1. Kekuatan: Lantai dek berfungsi sebagai tempat kita berpijak sebagaimana berbagai jenis lantai pada umumnya. Lantai juga harus menopang mebel dan berbagai benda yang cukup berat. Dek murah kadangkala memiliki kekuatan yang begitu rendah. Jadi berhati-hatilah dengan produk tersebut.
  2. Ketahanan: selain kekuatan, aspek lain yang juga harus diperhatikan adalah ketahanannya. Sayangnya, pada produk yang kurang awet, biasanya ketahanannya tidak baik. Hal ini berlaku untuk semua hal, dan sebenarnya merupakan salah satu prinsip penjualan di mana produsen menjual produk murah namun tidak awet. Tujuannya? Tentu agar produk mereka laris manis.

Sedia BioCide Insecticide, Amankan Dek Lantai Murah dari Rayap

Pada akhirnya, keputusan untuk membeli lantai dek seperti ini ada di tangan Anda. Namun yang pasti, perawatan lantai dek harus dilakukan, bahkan meski yang Anda beli adalah produk decking mahal.

Dengan perawatan, masa pakai lantai dek bisa berpuluh hingga 100 tahun. Namun, perawatan tentu harus dilakukan dengan tepat.

Misalnya saja dengan tidak sembarangan menggunakan cairan pembersih untuk lantai kayu. Bila Anda sembarangan memilih cairan pembersih, bisa-bisa lantai malah rusak.

Produk perawatan lantai yang paling recommended adalah beeswax atau lilih lebah. Contoh produknya bisa Anda dapatkan pada merk Biopolish yang notabene adalah semir kayu.

Berikutnya, jangan lupa untuk selalu sedia anti rayap. Sebab dek rentan dimakan rayap. Ketika Anda mendapati serangan hama ini, segeralah berusaha mengatasinya dengan produk yang tepat.

Saran kami, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide. Berbasis cypermethrin 100 EC, BioCide Insecticide telah diandalkan oleh pelaku usaha mebel hingga kerajinan ekspor. Pemakaiannya untuk lantai dek dijamin bisa memberikan perlindungan yang ampuh dan menyeluruh.

biocide insecticide

Cara Pesan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide tersedia di antiserangga.com. Teruntuk Anda yang berminat membelinya, silahkan hubungi kontak Customer Service kami. Di musim pandemi ini, pembelian juga dengan mudah dilakukan via online lho.

Langkah-langkah pemesanannya pun secara umum sama dengan pemesanan produk online yang biasa Anda lakukan. Anda bisa memesan via email, telepon, ataupun WA. Untuk mempercepat proses pemesanan, silahkan berikan keterangan yang dibutuhkan seperti alamat, nama Anda, dan jumlah BioCide Insecticide yang dipesan.

Sesegera mungkin, pesanan Anda akan diproses dan dikirimkan di hari kerja. Jadi jangan ragu lagi, yuk segera pesan BioCide Insecticide! Amankan dek lantai murah dari serangan rayap dengan insektisida ini.

promo produk white agent wa-250