Obat Anti Rayap Alami dan Obat Anti Rayap Buatan

Obat anti rayap alami memang digemari banyak pihak. Sayangnya, meskipun lebih murah dan aman, namun obat anti rayap alami belum tentu lebih efektif dibanding obat anti rayap sintetis.

19 Membandingkan Obat Anti Rayap Alami dengan Obat Anti Rayap Buatan
Apakah air cucian beras sering dianggap sebagai obat anti rayap alami

Serangan rayap memang merugikan. Di rumah, rayap bisa merusak berbagai jenis perabot dan bagian-bagian rumah seperti almari kayu, tembok, dan lantai. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serangkaian cara yang informasinya banyak tersedia di dunia maya. Salah satu cara yang sedang marak dijadikan rujukan adalah cara membasmi rayap dengan menggunakan bahan alami. Produk-produk yang biasa digunakan di rumah seperti garam dapur, air teh basi, minyak tanah, hingga air cucian beras banyak diklaim sebagai obat anti rayap alami yang mampu mengatasi serangan rayap. Benarkah klaim tersebut?

Beberapa jenis bahan yang sering disebut sebagai obat anti rayap alami tersebut memang bisa membunuh rayap. Namun, hal tersebut lebih dikarenakan sifat toksisitasnya yang umum. Sebagai contoh, minyak tanah. Minyak tanah bukan hanya toksik bagi rayap saja, namun juga toksik bagi hampir semua jenis organisme. Sedangkan beberapa bahan lain seperti garam dapur, bisa saja membunuh rayap namun fungsinya terbilang kurang efektif. Apalagi, bila dibandingkan dengan obat rayap sintetis yang diformulasikan khusus untuk membasmi rayap.

Gunakan Obat Anti Rayap Sintetis yang Aman Digunakan

Efektivitas obat anti rayap dalam membasmi serangga targetnya sangat diperlukan. Apalagi pada kasus serangan rayap yang begitu masif. Bila tidak segera diatasi, kerusakan yang ditimbulkan akan semakin parah dan merugikan. Rumah bukan hanya menurun estetikanya namun juga terancam mengalami kerusakan struktural.

Obat anti rayap sintetis yang diformulasikan secara khusus untuk membunuh rayap jelas jauh lebih efektif dibanding obat anti rayap alami yang berasal dari bahan-bahan rumah tangga. Meskipun produk-produk tersebut relatif kurang aman, namun Anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips sebagai berikut:

  1. Menggunakan alat pelindung saat mengaplikasikan obat anti rayap sintetis seperti masker, sarung tangan, dan kacamata.

    Permethrine 125 EC.
    Permethrine 125 EC yang jauh lebih efektif dibanding obat anti rayap alami namun relatif lebih aman.
  2. Memilih produk yang relatif tidak membahayakan manusia. Misalnya, produk anti rayap dengan bahan aktif permethrin. Permethrin memiliki toksiksitas rendah pada manusia karena bahan ini sulit meresap dalam kulit manusia. Keracunan akibat permethrin pada manusia hanya terjadi pada paparan dosis tinggi yang intens.

Dengan menggunakan dua tips memilih obat anti rayap sintetis di atas, Anda tetap bisa menjaga keselamatan diri sembari membasmi rayap dengan efektif. Obat anti rayap alami memang tetap bisa digunakan untuk membasmi rayap. Namun Anda harus lebih sabar dan hanya mengaplikasikannya jika serangan rayap tidak parah.

Leave a Comment