Ayo, Kenali Kayu Cedar atau Aras Lebih Dekat!

0
80
kayu cedar

Jangan salah! Ada sangat banyak jenis kayu di pasaran dengan kualitas yang berbeda-beda. Masing-masing kayu memiliki kualitas yang baik untuk digunakan sebagai bahan baku berbagai produk. Salah satu kayu tersebut adalah kayu cedar atau aras.

Mengenal Kayu Cedar

Cedar atau aras sebetulnya merupakan istilah yang digunakan untuk menunjuk sangat banyak jenis kayu dari spesies yang berbeda. Di artikel ini, istilah cedar yang kami gunakan merujuk pada true cedar atau cedar sejati dalam genus cedrus.

Cedar sendiri sebagai suatu kelompok tanaman mampu tumbuh hingga 60 meter. Kayunya memiliki aroma yang khas karena kandungan resin di dalamnya. Selain aroma, motif kayu ini juga unik.

Cedar termasuk dalam golongan kayu softwood atau kayu lunak. Pohon penghasilnya merupakan tumbuhan gymnospermae yang memiliki strobilus dengan panjang hingga 12 cm. Sebagai softwood, cedar pada umumnya memiliki densitas yang lebih rendah dibanding kayu keras (hardwood).

Karakteristik Kayu Aras

Terdapat setidaknya dua spesies dalam genus cedrus. Dan kedua spesies cedrus ini adalah Cedrus libani dan Cedrus deodora. Cedrus libani bisa dibedakan menurut sub spesiesnya yakni atlas cedar dan Cyprian cedar. Meski berbeda-beda, namun tiap kayu cedrus memiliki ciri yang sama, antara lain:

  1. Harum atau wanginya. Harum kayu ini menjadi penanda yang sangat khas pada kayu Cedrus libani ataupun Cedrus deodora. Secara umum, wanginya beraroma manis dan mirip citrus.
  2. Warna kayu secara umum merah terang kecoklatan.
  3. Lingkar tahunnya terpisah dalam jarak yang lumayan
  4. Kayu yang sudah difinish akan menua dan berubah warnanya menjadi jingga kecoklatan.
  5. Karena warnanya yang terang, sering cedar disamakan dengan kayu dari spesies lain yang warnanya serupa yakni kayu dari kelompok Cupressaceae cedar seperti Northern White Cedar (Thuya occidentalis) dan Chamaecyparis.
kayu Cedar lebanon
Cedar lebanon

Saat Anda hendak membeli kayu ini di pasaran, pastikan Anda memperoleh kayu yang benar-benar Anda inginkan. Jangan terkelabui oleh istilah cedar yang digunakan untuk sangat banyak jenis kayu. Sebab, sifat kayu-kayu yang disebut dengan nama yang sama ini sering berlainan. Misalnya saja penggolongan kayunya. Genus cedrus adalah genus tanaman softwood. Padahal banyak kayu yang disebut sebagai cedar wood ternyata merupakan kayu keras alias hardwood.

Berbagai Produk dari Kayu Cedar

Ada sangat banyak produk yang bisa dibuat dari cedar. Salah satunya adalah furniture. Kayu ini banyak dibuat untuk menjadi meja, kursi, buffet, dan masih banyak lagi. Selain bisa digunakan untuk membuat furniture, kayu ini juga tak jarang digunakan untuk membuat beragam jenis kerajinan.

Perlu Peningkatan Mutu

Tak bisa dipungkiri bahwa cedar merupakan salah satu komoditas kayu komersil paling potensial di Indonesia. Kayu ini bisa diolah menjadi beragam produk yang laku di pasaran. Namun demikian, untuk menyambut era pasar yang makin mengglobal jelas diperlukan peningkatan mutu produk.

Peningkatan mutu produk kayu ini dapat dilakukan dengan beberapa cara mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Yang sederhana misalnya memastikan seleksi kayu ini dilakukan dengan tepat. Selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan finishing yang baik untuk membuat kayu ini makin berkualitas. Ya, proses finishing sangat memengaruhi kualitas akhir mebel cedar. Finishing berpengaruh terhadap keamanan sampai keawetan produk dari kayu ini.

Ini Dia 5 Kelebihan BioCide Insecticide

Sebagai insektisida yang kami sarankan, BioCide Insecticide hadir dengan kelebihan-kelebihan yang membuatnya unggul sebagai pengawet kayu di era modern. BioCide tidak menyebabkan kesulitan-kesulitan pengolahan kayu sebagaimana yang acap kali ditemukan pada oil based preservative. Ingat, sebelum ditemukannya pengawet berbasis air, kita menggunakan pengawet berbasis minyak. Pengawetan berbasis minyak memang mampu mencegah kayu terserang hama. Namun demikian, pengawet berbasis minyak atau oil based preservative kerap menyebabkan masalah sebab membuat kayu jadi sulit dicat. Permukaan kayu juga jadi kotor.

Selain itu, BioCide Insecticide juga tidak menyebabkan karat, lebih aman digunakan, dan pastinya tidak akan membuat budget produksi Anda membengkak. BioCide Insecticide juga merupakan insektisida spektrum luas yang bisa melindungi kayu cedar dari berbagai serangan serangga mulai dari rayap, kumbang bubuk (teter), sampai semut.

Produk ini juga hemat dipakai karena konsentrasinya tinggi. Satu kali penggunaan BioCide Insecticide cukup dilakukan dengan dosis kecil BioCide saja dengan pengenceran yang tinggi. Pelarutnya yang air pun akan makin membuat Anda hemat sebab Anda tidak perlu membeli pelarut dari bahan solvent atau minyak.

BIOCIDE INSECTICIDE

Di era modern di mana keamanan produk terhadap lingkungan sangat penting, BioCide juga hadir lebih aman seperti dijelaskan di atas. Tapi ingat, selalu gunakan produk ini sesuai rekomendasi sehingga tidak menyebabkan residu berbahaya dan juga tidak menyebabkan masalah bagi para pekerja.

Cara Membeli BioCide Insecticide

  1. Hubungi Customer Service kami. Kontak CS kami sudah disediakan di situs ini.
  2. Silahkan tanyakan dulu informai yang Anda inginkan bila berkenan. Anda bebas bertanya mengenai produk BioCide Insecticide lebih lanjut.
  3. Apabila Anda ingin segera melakukan pembelian, Anda bisa segera mengirimkan data pemesanan berupa nama Anda, alamat pengiriman, dan juga jumlah Biocide yang akan dibeli. CS kami akan menggunakan data itu untuk memberikan estimasi lama pengiriman dan biaya total yang harus dibayar.
  4. Bila sudah fix, lakukan pembayaran sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh Customer Service kami.
  5. Kirimkan bukti pembayaran pada kami, lalu tunggu CS kami memroses pesanan Anda. Ketika pesanan Anda sudah diproses dan diberikan ke kurir, CS kami akan segera menginformasikan nomor resi pengiriman. Anda tinggal menunggu produk tersebut sampai di tempat Anda.

Selain melakukan pembelian secara online, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon di Bio Service Point. Selain itu, Anda juga bisa membeli di agen-agen kami yang dekat lokasinya dengan Anda. Silahkan tanya ke CS kami untuk informasi alamat agen kami yang terpercaya dan paling dekat dengan Anda.

Nah, kurang lebih inilah bahasan mengenai kayu cedar yang kami persembahkan untuk pembaca. Cedar pada akhirnya merupakan salah satu kayu komoditas yang bisa menguntungkan para pelaku usaha. Kayu ini pun sudah populer sehingga penjualan produknya tidak akan menyulitkan. Namun demikian, demi peningkatan mutu produk dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, jangan lupa untuk mengaplikasikan pengawetan untuk cedar. Aplikasi pengawetan dapat dilakukan dengan memanfaatkan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan membuat kayu cedar jadi tahan rayap, tahan kumbang bubuk, sampai tahan terhadap semut perusak kayu.

Semoga bermanfaat ya. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Tim kami akan terus update dengan berbagai informasi dan tutorial menarik lainnya di situs ini.

SHARE

Leave a Reply