Cara Membuat Maket Kayu Awet dengan Anti Bubuk BioCide Insecticide

Berdasarkan bahan pembuatnya, kita mengenal maket kayu. Namun, meski memiliki berbagai kelebihan, tipe ini rentan sekali bubukan. Bagaimana ya cara untuk mengantisipasinya?

Pernahkah Anda main ke museum nasional yang memperlihatkan perjuangan bangsa ini? Kadang-kadang, kita akan diperlihatkan dengan diorama yang menggambarkan peristiwa bersejarah itu.

Diorama adalah salah satu jenis maket yang kali ini akan kami bahas. Apa itu maket dan apa saja fungsinya? Yuk kita mulai dulu dari pengertian produk ini.

Pengertian Maket

Secara umum, kita bisa mengatakan bahwa maket adalah sebuah karya miniatur akan suatu benda atau peristiwa. Miniatur ini bukan dibuat asal-asalan. Secara umum, pembuatannya harus detil dengan ukuran dan bahan yang merepresentasikan wujud aslinya.

Contoh, kita ingin membuat maket gedung universitas pertama di Indonesia. Dus, kita harus memastikan rasio ukuran gedung dan maket sama. Bila gedung itu memiliki rasio panjang x lebar 5 : 1, maka miniaturenya pun harus 5 : 1. Begitu pula dengan bahannya.

Bila universitas tersebut dibuat dari bahan batu-bata semen, sebaiknya kita gunakan bahan yang cukup representative seperti semen. Jangan malah menggunakan bahan kayu atau bambu. Selain itu, warnanya juga idealnya serupa. Intinya, semakin mirip detail miniatur dengan produk aslinya, maka kualitasnya semakin meningkat.

maket kayu
Image: Anni Vartola / Archinfo.

Fungsi Maket

Ada berbagai fungsi dari miniatur representative ini, antara lain:

  1. Untuk suvenir. Misalnya suvenir candi Prambanan dan Borobudur. Meski untuk kebutuhan satu ini, detil produk sering diabaikan.
  2. Untuk kebutuhan arsitektural. Arsitek menggunakan maket untuk demo rancangan desainnya.
  3. Diorama dan kebutuhan edukatif sejenis yang lainnya
  4. Media pembelajaran. Guru Biologi sering menggunakan alat ini untuk menggambarkan organel sel dan lainnya
  5. Hiasan
  6. Prediksi dan pemodelan

Maket Kayu dan Berbagai Kelebihan dan Kekurangannya

Beberapa dari kita mungkin pernah disuruh membuat maket di sekolah. Guru kerajinan atau biologi kadang meminta siswa membuat suatu miniatur representaitif menggunakan bubur kertas.

Namun selain bubur kertas, produk ini sebetulnya juga bisa dibuat dari bahan yang lain. Misalnya saja menggunakan bahan kayu.

Material kayu sendiri menawarkan kelebihan dan kekurangan tatkala dipakai untuk pembuatan produk ini. Beberapa kelebihannya antara lain:

  1. Mudah dibuat, khususnya kayu-kayu yang memang mudah diukir.
  2. Memiliki estetika yang tinggi
  3. Cocok untuk maket bangunan pada masa lalu yang memang materialnya menggunakan kayu
  4. Ramah lingkungan
  5. Mudah dicat dengan cat kayu yang produknya murah dan bisa didapatkan di mana-mana

maket kayu

Adapun kekurangan maket kayu adalah:

  1. Tidak representative untuk bangunan yang umumnya menggunakan material batu-bata dan semen
  2. Rentan mengalami bubukan. Apalagi, bila kayu yang digunakan adalah jenis kayu yang kualitas keamanannya di bawah standar
  3. Rentan berjamur, terutama bila diletakkan dalam kondisi lembab. Misalnya saat dikirim dalam boks tanpa penyerap kelembaban yang bagus

Membuat Maket Kayu Awet dengan BioCide Insecticide

Bagi Anda yang bisa bekerja sebagai pengrajin kayu, maket bisa menjadi ladang usaha Anda lho. Anda bisa membuat produk ini untuk kemudian dijual sebagai suvenir hingga diorama. Anda juga bisa menawarkan maket untuk media pembelajaran di sekolah.

Maket kayu sendiri bisa menjadi alternative yang menarik. Sebab bahan ini mudah dibuat dan umumnya disukai orang-orang.

Peluang usaha Anda juga terbuka lebar saat ini. Anda bisa memasarkan produk Anda di dunia maya. Cari saja grup guru di media sosial dan tawarkan produk Anda. Atau, Anda juga bisa menawarkan jasa ke perusahaan yang bergerak dalam bidang arsitektural.

Mengenai ancaman bubuk pada maket, Anda tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa mengandalkan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah produk pengawet kayu. Produk ini bisa Anda gunakan untuk membuat kayu tahan terhadap serangan berbagai hama. Dengan BioCide, kayu tidak akan dimakan rayap, dilubangi teter, hingga dijadikan sarang semut.

Cara aplikasi BioCide Insecticide juga sangat mudah lho. Anda tinggal menggunakannya dengan cara mengoleskan BioCide Insecticide yang sudah dilarutkan dengan air. Gunakan sarung tangan dan alat lainnya, lalu kuaskan produk ini sebelum maket difinish. Biarkanlah hingga larutan BioCide Insecticide bisa meresap ke dalam kayu. Dengan cara ini, maka produk akan menjadi tahan hama.

Kelebihan Membuat Maket Kayu dengan BioCide Insecticide

  1. Produk Anda dijamin awet sehingga pembeli (khususnya untuk produk suvenir) akan puas
  2. Keawetan produk juga akan membuat miniature suatu peristiwa dan bangunan bersejarah yang dipakai untuk museum tidak mudah rusak. Jadi, pengelola museum tidak boros untuk membuat produk yang sama.
  3. Pengiriman yang lebih aman, sebab kita tak perlu khawatir produk diserang hama serangga meski proses pengirimanya lama.

Cara Beli BioCide Insecticide

BioCide Insecticide bisa dibeli dengan beberapa pilihan pembelian dan metode. Tiga di antaranya adalah:

  1. Pembelian secara daring di antiserangga.com secara langsung. Yang akan memandu Anda adalah Customer Service kami. Setelah melakukan pembelian pun, Anda tetap bisa berkonsultasi terus kepada kami.
  2. Pembelian secara langsung di Bio Service Point dan agen-agennya. Bio Service Point adalah spot di mana Bio Industries menawarkan berbagai produknya. Anda bisa membeli berbagai benda woodworking di sana mulai dari lem kayu, cat kayu, pengawet kayu, dan masih banyak lagi.
  3. Pembelian ke pihak ketiga. Produk kami telah tersebar di berbagai wilayah. Jadi jangan heran bila ada banyak yang menjualnya baik secara daring ataupun secara langsung. Yang jelas, pastikan Anda membeli produk yang asli atau bukan fake.

Apapun pilihan Anda, BioCide Insecticide akan hadir dengan kualitas terbaiknya. Jadi, jangan ragu lagi. Sebab di antara berbagai produk serupa yang beredar di pasaran, yang terbaik tetaplah insektisida BioCide Insecticide.

Penutup

Maket adalah suatu produk miniature yang dibuat dengan detail tinggi. Produk ini didesain untuk keperluan profesional hingga hiburan. Contoh penggunaannya untuk kebutuhan profesional adalah ketika produk itu dipakai untuk membuat rancangan arsitektural. Sedangkan contoh penggunaannya untuk hiburan adalah ketika produk itu dipakai untuk mainan anak, dekorasi, hingga souvenir.

Maket bisa dibedakan menjadi berbagai jenis. Salah satu tipe berdasarkan pembuatannya adalah maket kayu. Tipe ini memiliki keunggulan dari estetikanya yang indah, sifatnya yang ramah lingkungan, dan pembuatannya yang lebih mudah. Akan tetapi, tipe ini juga memiliki kekurangan berdasarkan keawetannya. Kayu sebagai material utama bisa bubukan akibat dimakan rayap, diserang teter, hingga dijadikan sarang semut.

Oleh karena itulah, untuk pembuatan maket kayu profesional, kami sarankan penggunaan BioCide Insecticide. Sebelum difinish, kayu bisa diolesi dengan larutan BioCide Insecticide terlebih dahulu. Dengan cara ini, maka produk akan lebih tahan lama dan bebas dari ancaman serangga-serangga perusak.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda ya.

Leave a Comment