Simak Cara ini Agar Rangka Atap Bebas Rayap!

0
82
rangka atap

Ingin memastikan agar bagian rangka atap tidak mudah terserang rayap? Serangan rayap kadang memang terjadi sangat tak terduga, salah satunya ketika organisme koloni itu menyerang bagian atap. Nah, di artikel ini, antiserangga.com akan membagikan tips supaya Anda bisa menerapkan cara agar rangka atap bebas rayap secara efektif.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat seseorang membangun bangunan tentu saja berkaitan dengan kekokohan rangka atap bangunan terkait. Hal ini sangat krusial sebab bukan hanya berpengaruh pada keutuhan sebuah gedung saja. Ada keselamatan penghuni gedung yang dipertaruhkan. Keselamatan para penghuni bangunan tersebut bisa beresiko apabila rangka atapnya kurang kokoh. Dan hal ini jelas bukan perkara main-main. Oleh sebab itulah, saat memilih material hingga mendesain rangka atap, kita tak bisa menyepelekannya. Struktur yang diterapkan harus kokoh, kayu yang dipakai harus kuat, dan tentu saja, lem yang dipakai untuk pembuatan rangka atap itupun tak boleh luput dari perhatian.

Tapi ingat! Selain memperhatikan hal-hal tersebut, ada persoalan yang sifatnya jangka panjang yang juga harus diperhatikan. Hal ini terkait dengan serangan hama di rumah. Benar! Hama juga bisa menyebabkan bagian rangka atap kurang stabil. Kasus seperti ini pun beberapa kali pernah terjadi. Misalnya, yang terjadi di sebuah sekolah dasar di Bogor. Dilansir dari tribunnews.com, sebuah atap bangunan SD Kotabatu ambruk karena dimakan hama rayap. Kondisi ini jelas memprihatinkan. Apalagi yang kejadian itu terjadi pada sebuah institusi pendidikan untuk anak-anak.

Oleh sebab itulah, masalah hama ini tak bisa diabaikan begitu saja. Jangan salah! Serangan rayap dan berbagai jenis hama serangga memang seringkali tak mengenal tempat. Mereka bisa datang dan bersembunyi di bawah lantai, hidup di dinding kayu, dan kadang-kadang bahkan sampai menyerang rangka atap bangunan! Yang terakhir ini jelas bisa menyebabkan kerugian besar.

Apa yang Bisa Dilakukan?

rangka atap bebas rayap

Lantas apa yang bisa dilakukan agar rangka atap bebas rayap dan berbagai jenis hama lainnya? Ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Tiga hal di bawah ini adalah beberapa trik yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Gunakan Kayu yang Bagus

Pertama, untuk rangka atap, sebaiknya kita tak berkompromi terhadap kualitas kayu. Pilihlah kayu yang memang ideal untuk kebutuhan ini. Bila memungkinkan pilihlah kayu yang tidak mudah terserang jamur, rayap, atau hama-hama lainnya. Sebab, rangka atap jauh dari jangkauan kita. Ketika ada serangan hama, kerap kita kesulitan mengatasinya. Penggunaan kayu yang memiliki resistensi yang bagus terhadap hama, jelas sangat diperlukan.

Kedua, Lakukan Monitoring

rangka atap terkena rayap

Kedua, selalu lakukan pengawasan untuk rangka atap. Pengawasan ini bisa Anda lakukan selagi secara rutin membersihkan rangka atap. Hal ini krusial sebab bila tak dilakukan pengawasan, bukan tak mungkin kita kaget ketika mendapati serangan rayap sudah sedemikian masif. Monitoring sendiri memang tidak secara langsung bisa membuat rangka atap bebas rayap dan hama lain. Namun akan membantu kita agar lebih waspada sejak dini.

Ketiga, Aplikasikan Pengawetan Kayu

Tips ketiga yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan treatment wood preservation pada kayu yang hendak digunakan sebagai material rangka atap. Treatment pengawetan sendiri adalah suatu perlakuan pada kayu di mana material tersebut diekspos dengan obat anti serangga. Prinsipnya sederhana, Anda hanya harus memastikan insektisida terserap ke dalam kayu tersebut. Dengan cara ini, rayap hingga jamur akan menghindarinya. Kalaupun organisme tersebut “nekat” memakan rayap, ia akan mati karena memakan kayu yang mengandung racun anti serangga.

Ada beberapa metode pengawetan kayu yang bisa dilakukan:

  1. Pertama adalah metode pengkuasan. Teknik ini dilakukan dengan cara yang sederhana. Untuk membuat rangka atap bebas rayap dengan cara ini, Anda hanya harus mengkuaskan cairan obat rayap pada kayu rangka. Namun di luar kesederhanaannya itu, peresapan obat anti rayap pun kurang maksimal dibanding metode yang lain.
  2. Kedua, metode perendaman. Metode ini dilakukan dengan cara merendamkan kayu rangka pada cairan anti rayap. Perendaman dilakukan dalam konsentrasi obat pengawet yang direkomendasikan produk anti hama yang Anda gunakan dan dalam waktu yang juga sudah ditentukan. Teknik ini secara umum mudah dilakukan namun memakan tempat dan waktu yang lebih banyak dibanding cara pertama. Meski demikian, hasil pengawetan akan lebih baik karena resapan obat pengawet jauh lebih dalam dibanding metode kuas.
  3. Ketiga, metode vakum tekan. Metode ini hanya bisa dilakukan dengan mesin vakum tekan khusus. Biasanya, yang memiliki adalah perusahaan woodworking besar atau justru supplier kayu ke berbagai industri. Metode ini adalah yang paling efektif. Obat anti rayap akan meresap dalam kedalaman yang sudah ditentukan.

Pilih Pengawet Kayu yang Bagus, BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

Ketiga cara untuk memastikan rangka atap bebas rayap di atas perlu dilakukan dalam satu kesatuan. Artinya, kita tak bisa hanya mengaplikasikan salah satunya saja. Nah, khusus untuk poin ketiga, alangkah baiknya bila perlakuan pengawetan dilakukan dengan efektif dan efisien. Dan untuk memastikan treatment pengawetan berhasil dengan baik, diperlukan kombinasi akan dua hal. Dua hal tersebut adalah pemilihan metode yang bagus dan insektisida anti rayap sebagai obat anti hama yang bagus.

Untuk yang terakhir itu, tak bisa lain kami menyarankan penggunaan BioCide Insecticide. Kami menyediakan BioCide Insecticide karena menyadari meningkatnya kebutuhan treatment anti rayap pada kayu baik dalam industri mebel ataupun dalam konstruksi bangunan.

rangka atap bebas rayap (2)

BioCide Insecticide didesain khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut. Formula dasarnya adalah cypermethrin 100 EC. Keunggulan utama insektisida ini adalah sifatnya yang stabil pada substrat kayu sehingga bisa melindungi kayu dalam waktu lama dan efektif. Selain itu, insektisida ini juga:

  1. Merupakan insektisida neurotoxin untuk serangga, sehingga bekerja sangat efektif
  2. Target organisme luas, selain bisa melindungi kayu dari rayap, insektisida ini juga bisa melindungi kayu dari kumbang bubuk, kutu kayu, dan berbagai hama serangga kayu lainnya. Insektisida ini juga tidak disukai tikus yang tak jarang juga menjadi sumber kerusakan kayu.
  3. Mudah digunakan
  4. Didesain dalam kemasan yang sangat hemat yang membuat pemakaiannya tidak boros sama sekali.
  5. Harga yang lebih terjangkau.
  6. Menggunakan pelarut air sehingga selain hemat juga jauh lebih aman digunakan
  7. Toksisitas untuk organisme non target relatif lebih aman dibanding insektisida lainnya
  8. Di alam mudah didegradasikan sehingga resiko pencemaran lingkungan lebih minim. Apalagi bila dibandingkan dengan insektisida lainnya.

Penggunaan insektisida ini akan membantu Anda mewujudkan rangka atap bebas rayap. Dan karenanya, selalu gunakan BioCide Insecticide selama proses konstruksi rangka atap. Apalagi selain bisa digunakan pada kayu rangka atap, insektisida ini juga bisa digunakan pada bagian bangunan lainnya. BioCide bisa digunakan untuk perlindungan anti rayap di lantai dengan cara disiramkan atau diaplikasikan pada sistem injeksi. Bangunan makin aman dengan BioCide Insecticide!

SHARE

Leave a Reply