Bagaimana Cara Mengawetkan Palet Kayu? Ini Jawabannya!

Bagaimana cara mengawetkan palet kayu? Setidaknya terdapat 4 metode yang bisa Anda pilih. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Metoda Vakum Tekan

Aplikasi metode ini dilakukan dengan memanfaatkan mesin vakum tekan. Caranya, kayu dimasukkan dalam tabung pada alat tersebut. Selanjutnya, dimasukkan pula bahan pengawet yang telah dilarutkan. Tekanan dan kadar udara diatur agar larutan pengawet bisa merasuk ke substrat kayu.

Cara ini adalah cara paling baik dan mampu memberikan perlindungan teroptimal. Namun, metode ini tergolong mahal karena harga alat vakum tekannya itu sendiri yang memang tidak murah. Umumnya hanya perusahaan woodworking skala besar yang memiliki alat ini.

Metode Perendaman

cara mengawetkan palet kayuPada metode ini, kayu direndam dalam larutan bahan pengawet. Terdapat beberapa varian metode perendaman, mulai dari perendaman panas dingin, dingin, dan panas saja. Faktor yang berpengaruh antara lain konsentrasi larutan, suhu larutan, dan lama perendaman. Harap perhatikan anjuran obat pengawet terkait faktor-faktor tersebut.

Pengkuasan

Pada metode ini, kayu hanya tinggal dikuaskan dengan larutan bahan pengawet. Cara mengawetkan palet kayu lainnya yang mirip dengan metode ini adalah dengan pengusapan. Dilihat dari efektivitasnya sendiri, metode ini lebih lemah dibanding sistem vakum tekan serta perendaman.

Sistem Spraying

Sistem spraying diterapkan dengan menyemprotkan larutan obat pengawet pada palet kayu. Cara ini praktis bila hanya sedikit palet yang akan diawetkan. Sedangkan untuk kayu dalam jumlah besar, sistem ini tidak efisien (karena membuang banyak larutan pengawet) dan tidak efektif.

Bijak Mengaplikasikan Cara Mengawetkan Palet Kayu

Bila kita tilik dari efektivitasnya, maka berbagai metode di atas bisa diurutkan dari yang paling efektif ke yang kurang efektif menjadi:

    1. Vakum tekan
    1. Perendaman
    1. Penguasan
  1. Penyemprotan

Meski demikian, tentu saja kita tak bisa serta merta menguayakan aplikasi cara yang paling baik. Faktor lain harus diperhatikan antara lain budget dan kondisi kayu palet itu sendiri. Contoh, bila kita akan mengawetkan palet yang dulu sudah diawetkan, namun kita ingin mengawetkannya lagi sebelum dicat karena suatu alasan, maka cara pengkuasan sudah cukup baik dilakukan.

Pilih Obat Pengawet yang Baik

Prinsip treatment pengawetan adalah meresapkan bahan pengawet ke dalam kayu. Bahan pengawet itu sendiri biasanya terdiri dari insektisid dan fungisida. Keduanya akan membuat kayu beracun bagi rayap hingga jamur sehingga usia pakainya akan menjadi lebih lama.

Dari sini, bisa kita katakan bahwa hal yang tak kalah penting diperhatikan dalam aplikasi berbagai metode di atas adalah pemilihan obat pengawetnya. Usahakan untuk menggunakan obat pengawet yang baik dan khusus didesain untuk kayu.Misalnya saja BioCide. Ini amat penting karena memang tidak semua obat pengawet bisa meresap dan bekerja dengan baik dalam kayu.

Leave a Comment