5 Tips Penting agar Pengawetan Bambu Lebih Sederhana namun Efektif

Beragam bahan dan beragam metode tersedia untuk aplikasi treatment pengawetan bambu. Tapi di antara berbagai pilihan tersebut, sudahkan Anda tahu treatment pengawetan bambu lebih sederhana namun efektif yang bisa diterapkan?

bambuProses pengawetan suatu material seperti kayu dan bambu membutuhkan alat dan bahan spesifik. Salah satu yang krusial adalah obat pengawet dan alat untuk mengawetkan. Sebagai contoh, pada treatment dengan metode vakum tekan diperlukan alat vakum tekan yang akan membuat prosesnya menjadi sangat lancar. Namun harga alat ini tergolong mahal.

Pada aspek obat pengawet, ada beberapa pertimbangan untuk bisa membuat proses lebih simpel. Namun harus diperhatikan apa implikasinya pada bambu yang diawetkan. Hal-hal seperti ini memerlukan perhatian khusus yang mendalam.

Tips agar Pengawetan Bambu Lebih Sederhana

Secara ringkas, cara mengawetkan bambu secara lebih sederhana, berikut ini beberapa tips yang kami sarankan kepada pembaca:

Pilih Metode Pengawetan Sesuai Kondisi

pengawetan bambu lebih sederhanaPemilihan metode pengawetan harus dilakukan sesuai kondisi. Pengawetan pada bambu yang belum diawetkan sama sekali akan bagus dilakukan dengan metode perendaman atau vakum tekan. Tapi bila bambu sudah diawetkan (Anda hanya ingin mengulang proses pengawetan saja), maka cara paling sederhana yang bisa dilakukan adalah pengkuasan dan spraying.

Cara Pakai Obat Pengawet

Pilihlah obat pengawet yang cara pakainya fleksibel. Misalnya BioCide yang bisa diterapkan dengan berbagai metode (perendaman, pengkuasan, vakum tekan, spraying). Obat ini juga bisa dilarutkan dengan air maupun solvent.

Efek

biocide_insectideKesederhanaan suatu teknik atau obat pengawet tak akan ada artinya bila memberikan hasil yang buruk. Contoh, Anda ingin mengawetkan bambu dengan hanya solar yang kebetulan Anda miliki di rumah. Apakah itu efektif? Aplikasi solar bukan hanya tidak efektif namun juga tidak memberikan dampak baik bagi nilai jual bambu. Solar menyebabkan bambu sulit difinish dan berbau kurang enak.

Lama Proses

Berapa lama proses yang diperlukan treatment tersebut? Lamanya proses harus Anda bandingkan dengan hasil yang diperoleh. Pilih yang perbandingannya paling baik untuk membuat bambu Anda lebih awet.

Biaya

Seringkali orang memilih treatment pengawetan bambu lebih sederhana untuk menekan masalah biaya. Agar biaya bambu preservation menjadi murah sendiri, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Pertama, memilih obat pengawet yang murah. Dan yang kedua memilih metode yang tak memerlukan alat dan bahan berharga mahal. Pada penjelasan di atas, treatment dengan vakum tekan memberikan hasil efektif dengan cara yang simpel, namun bila Anda masih keberatan dengan biayanya, maka teknik perendaman akan menjadi pilihan yang jauh lebih baik.

Pada intinya, bijaklah dalam membuat treatment pengawetan bambu lebih sederhana. Satu hal yang tak boleh Anda abaikan adalah efektivitas treatment tersebut.

Leave a Comment