Kayu keropos bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari dibiarkan saja meski kehujanan hingga tidak dicat ulang. Kali ini, antiserangga.com akan membagikan 5 penyebab fenomena tersebut dan 2 solusi ampuh untuk mengatasinya.

Pernahkah Anda mendapati bagian bawah pintu yang tampak lapuk? Pada pintu yang mengarah ke luar bangunan dan diletakkan di belakang, fenomena seperti itu mudah sekali ditemui.

Pintu yang terbuat dari kayu itu terpapar hujan dan panas secara terus-menerus. Lokasinya di belakang atau samping rumah membuatnya jarang diperhatikan. Dan karena bukan pintu ruang tamu, acapkalai pemilik rumah membeli pintu dari jenis kayu yang kurang premium.

Kondisi-kondisi itu pada akhirnya menyebabkan fenomena pintu belakang rumah yang keropos. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Tenang, sebab kami punya 2 cara yang sangat mudah namun ampuh yang bisa Anda lakukan. Namun sebelumnya, mari kita pelajari dulu 5 penyebab masalah ini.

5 Penyebab Kayu Keropos

Dibiarkan Kehujanan dalam Waktu Lama

Kayu, terutama kayu dari kelas keawetan rendah sebetulnya sama sekali tidak boleh terpapar air. Dan tahukah Anda bahwa 85% kayu di Indonesia adalah kayu berkelas keawetan rendah yang tidak ditreatment dengan obat pengawet? Kondisi itulah yang membuat banyak bangku taman, pintu, jendela, atau jembatan yang terlihat lapuk.

Pelapukan oleh air sendiri terjadi karena dua hal. Pertama, benturan dengan partikel air yang keras yang membuat kerusakan fisik pada substrat kayu. Dan kedua, kelembaban yang tinggi yang membuat substrat menjadi terurai secara perlahan-lahan.

kayu keropos

Tidak Dicat Ulang Padahal Cat Sudah Mengelupas

Penyebab kayu keropos selanjutnya adalah abainya pemilik rumah untuk melakukan pengecatan ulang. Cat sebenarnya sangat efektif untuk melindungi mebel dan bangunan dari air. Cat membentuk lapisan yang resisten terhadap berbagai faktor perusak. Lapisan ini bahkan bisa memberikan perlindungan dari sinar UV cahaya matahari yang teramat merusak.

Namun, lapisan cat pun bisa rusak. Dalam rentang 6 hingga 2 tahun, idealnya dilakukan pengecatan ulang tergantung jenis cat yang kita pakai. Namun, kita sering mengabaikan hal ini. Kita membiarkan saja kayu terekspos panas dan air secara terus menerus tanpa proteksi lapisan cat.

Dibiarkan Saja Meski ada Hama

Bukan hanya dibiarkan tanpa lapisan cat, sering kita juga membiarkan saja ketika ada tanda-tanda kemunculan hama. Kita membiarkan pintu dimakan rayap, dijadikan sarang semut, hingga ditumbuhi jamur.

alterntif text

Padahal, keberadaan hama mempercepat pembusukan. Hama bisa menyebabkan kayu keropos terjadi 2 hingga 10 kali lipat dari kondisi tanpa hama. Namun kita baru khawatir akan serangan hama tatkala kerusakan yang amat parah sudah terjadi. Siapa yang salah bila demikian kondisinya?

kayu keropos

Tidak Dibersihkan Secara Rutin

Hal-hal sederhana seperti pembersihan secara rutin akan menyelamatkan kayu Anda dari pembusukkan. Cukup bersihkan ruangan di mana kayu itu berada tiap hari dan lakukan pembersihan yang lebih mendetil setiap minggu.

Yang tak kalah penting, pembersihan juga harus dilakukan di luar bangunan. Contoh, bagian muka pintu bagian luar juga perlu dibersihkan. Demikian juga taman di mana Anda meletakkan garden furniture.

Tidak Dirawat dengan Biopolish

Semua produk sebetulnya memerlukan perawatan untuk menjaga keindahan dan kekuatannya. Khusus untuk kayu, kita sebetulnya bisa memakai semir kayu.

Ya, sama seperti sepatu, mebel kayu, pintu kayu, hingga pagar kayu juga perlu disemir sesekali. Misalnya dengan semir Biopolish. Namun, kesadaran untuk menyemir kayu masih sangat jarang dilakukan. Sebaliknya, kita kadang menggunakan pembersih yang bahan kimianya merusak kayu perlahan-lahan.

Solusi Mudah Mengatasi Kayu Keropos

Kita sudah membahas 5 penyebab kayu lapuk di atas. Nah, sekarang silahkan simak 2 cara untuk mengatasinya di bawah ini.

Dempul

Dempul adalah suatu bahan yang secara sekilas mirip pasta tanah liat. Dempul umum digunakan sebelum proses pengecatan dengan fungsi menutup lubang ataupun meratakan suatu produk.
Dan untuk kayu yang keropos, dempul pun bisa dimanfaatkan. Caranya juga sangat mudah. Anda tinggal memasukkan dempul ke bagian kayu yang berlubang.

  1. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
    Bersihkan dan keringkan kayu terlebih dahulu. Potong bagian yang sudah membusuk namun belum lepas.
  2. Bila ada serangan serangga, basmi dulu dengan BioCide Insecticide.
  3. Setelah itu, oleskan BioCide Insecticide secara merata ke area kayu.
  4. Diamkan hingga produk meresap. Penggunaan BioCide Insecticide adalah untuk mematikan telur serangga yang tertinggal sekaligus mencegah serangan serangga kembali.
  5. Siapkan dempul. Kami sarankan membeli Dempul Kayu BioIndustries yang sudah terbukti bisa digunakan untuk kebutuhan ini.
  6. Isikan dempul untuk menutup semua area yang berlubang. Lihat ilustriasi gambar supaya jelas.
  7. Tunggu kering.
  8. Aplikasikan primer. Lalu lakukan pengecatan ulang.
  9. Selesai!

Ganti Area Keropos

Selain menggunakan dempul, Anda juga bisa mengganti area kayu yang keropos dengan kayu baru. Cara ini hanya kami sarankan bila Anda memang sudah mahir mengerjakan pekerjaan perkayuan. Sebab bila Anda belum mahir, hasilnya biasanya tidak rapi.

  1. Siapkan kayu pengganti dan lem kayu yang bagus seperti Crossbond X3.
  2. Bersihkan dan keringkan kayu keropos.
  3. Potong kayu agar bentuknya simetris.
  4. Sementara menunggu kayu kering, potong kayu pengganti sesuai bentuk yang diperlukan.
  5. Lem dengan Crossbond. Gunakan klem atau lakban untuk merekatkan kayu hingga lem kering.
  6. Lepaskan klem dan lakban bila dirasa lem sudah kering.
  7. Olesi dengan BioCide untuk mencegah hama jamur.
  8. Lakukan pengecatan ulang.
  9. Selesai!

Cegah Kayu Keropos dengan BioCide!

Di atas, kami menyarankan penggunaan BioCide Insecticide kepada Anda. Sebab produk ini memang sangat diperkukan pada kebanyakan kasus kayu yang lapuk. BioCide akan mencegah semut dan rayap membuat sarang di pintu.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda juga menyediakan BioCide. Jadi, apabila sewaktu-waktu ada hama serangga yang menyerang, Anda bisa segera membasminya sebelum menyebabkan kayu yang lapuk dan keropos.

Keunggulan BioCide:

  1. Bisa dipakai untuk berbagai jenis serangga dari rayap, semut, kumbang bubuk, dan lainnya
  2. Sangat efektif
  3. Lebih mudah digunakan
  4. Tersedia dalam kemasan kecil
  5. Tidak menyebabkan karat atau kayu rusak
  6. Sangat hemat digunakan
  7. Berpelarut air, bukan solvent

Kontak Lebih Lanjut

Tertarik menggunakan BioCide Insecticide untuk jaga-jaga serangan hama rayap dan semut di rumah Anda? Atau, Anda perlu produk ini untuk perawatan gedung besar seperti universitas, hotel, dan restaurant?

Bila iya, yuk segera kontak Customer Service kami. Kami siap mengirimkan produk ini kepada Anda dengan proses pembelian secara daring. Anda juga bisa selalu berkonsultasi dengan kami terkait produk ini.

Pembelian secara langsung juga sangat memungkinkan. Anda tinggal berkunjung saja ke tempat kami, di Bio Service Point.

Nah, kurang lebih itulah informasi yang bisa kami sampaikan. Cegah selalu kayu keropos dengan BioCide Insecticide yang bermutu tinggi!

Download Best WordPress Themes Free Download
Download Premium WordPress Themes Free
Premium WordPress Themes Download
Download Premium WordPress Themes Free
udemy free download
download mobile firmware
Download WordPress Themes Free
udemy free download
Penyebab Kayu Keropos dan Cara Super Cepat Mengatasinya!
alterntif text

Leave a Reply